Dunia penerbangan adalah suatu dunia yang bergerak dalam jasa pelayanan yang terdiri dari pesawat udara, bandar udara, Navigasi udara, kemananan lingkungan hidup dan faasiltas umum lainya. Jasa pelayanan yang diberikan jasa pengangkut penumpang dan jasa pengiriman barang (kargo). Berikut akan saya jelaskan beberapa bagian penting dalam penerbangan :

1. Bandar Udara

Aerodrome Kualanamu via http://img1.beritasatu.com

Sebelum kita membahas jauh tentang penerbangan maka kamu harus tau dulu tentang yang satu ini "bandar udara".
Bandar udara merupakan suatu sarana atau tempat yang penting dalam sesuatu penerbangan karena di dalam bandara terdapat hal- hal penting untuk menunjang tercapainya suatu penerbangan, dengan dilengkapi fasilitas-fasilitas penunjang keamanan dan keselamatan penerbangan dan sebagai tempat naik turun penumpang dan bongkar muat barang.

2. Air Trafic Controller

air traffic controller via https://static01.nyt.com

Sekarang ini saya akan menjelaskan unit yang melakukan atau menjaga keselamatan penumpang serta airline yang dinaiki, apa itu Air Traffic Controller atau ATC?
ATC adalah unit yang mengatur serta menjaga lalu lintas penerbangan di udara, (bukan hanya mobil atau motor saja yang perlu diatur di darat pesawat jugaa broooo) . Unit ini memiliki tanggung jawab besar terhadap lalu lintas penerbangan serta rute dari pesawat dan ini yang tidak banyak orang ketahui, ATC sangat dipatuhi oleh pilot, ibaratnya mereka adalah matanya pilot di udara, mereka yang mengatur harus ke arah mana pilot bergerak dan setiap tindakan dari pilot harus minta izin ke ATC.

Advertisement

Sudah tahu kan bosnya? Jadi kalo kamu pernah naik pesawat tapi saat mau landing pesawatnya masih mutar bandara ini nih orangnya yang ngatur, bayangin kalo tanpa mereka terus pesawat asal-asalan landing.

3. Pilot

Ini bagian pelayanan penumpang juga. Pernah dengar motto Pilot "eat,sleep and fly" itulah pilot profesi paling menjanjikan sekarang dengan gaji yang woww lumayan lah dengan tanggung jawab besar yang mereka pikul, ya mereka bisa makan pagi di Indonesia, makan siang di Bali, makan malam di Australia dan tidur di Singapore dalam sehari tapi mereka sangat sensitif dengan namanya cuaca dan keadaan lingkungan atau sekitar yang bisa membahayakan pesawat dan penumpang.

Mereka di tuntut 100% fokus dan selalu menjaga penumpang hingga sampai di tempat tujuan dengan selamat, dan 1 hal yang perlu kalian tahu, jika dalam 1 keadaan darurat pilot adalah orang yang paling terakhir meningggalkan pesawat, dimana penumpang harus 100% turun baru mereka bisa turun dari pesawat. Itulah dedikasi mereka di mana keselamatan penumpang merupakan hal yang utama.

4. Ground Handling

Ground Handling via http://timehrihandling.com

Advertisement

Beralih ke unit bagian pelayanan jasa penumpang dan maskapai. Dalam dunia penerbangan, ini dia unit yang kadang di pandang sebelah mata, namun memiliki manfaat yang besar dalam penerbangan, ground handling atau GH. Kenapa saya bilang mereka memiliki tanggung jawab yang besar, ok saya akan sedikit membahas alur barang di bandara, kalian bawa barang, terus barang yang akan masuk bagasi di masukan setelah check in, setelah barang masuk, barang diperiksa lagi dan dipasang tanda dan tempat tujuan, setelah itu barang dibawa ke pesawat dan dan diangkut oleh pesawat. 🙂
Unit ini juga melayani pesawat antara lain pengisian bahan pesawat, bongkar muat barang bagasi, pelayanan parkir pesawat, mengatur jembatan penyebrangan atau Avio bridge. Sudah bisa bayangin kan tugas-tugasnya?

5. Aviation Security

Petugas Aviation security via http://i2.cdn.turner.com

Kita beralih ke keamanan penerbangan, ini adalah unit yang khusus mengawasi serta menajaga keamanan penerbangan di bandara yaitu unit aviation security. Unit ini adalah unit yang melakukan pemeriksaan terhadap penumpang pesawat udara yang akan masuk ke dalam daerah kemanan terbatas dan daerah steril dalam bandara, apa saja yang di lawan oleh aviation security atau avsec ini?
Unit ini bukan "security." Kenapa saya bilang begitu karena unit ini secara khusus menjaga penumpang atau negara asal dan tujuan dari teroris, pembajakan dan bom serta barang berbahaya lainnya. Itullah yang membuat unit ini sangat memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap keamanan penerbangan.

6. Teknisi Penerabangan

Teknisi Penerbangan via https://www.google.com

Ini dia unit yang menjaga keselamatan penerbangan juga yaitu unit teknisi penerbangan, berbicara teknisi penerbangan bukan hanya teknisi pesawat udara saja melainkan antara lain unit teknis pesawat udara, unit bangunan landasan, unit teknisi dan navigasi penerbang, unit tekniksi listrik bandara dan unit teknik mekanikal penerbangan di mana mereka punya kewajiban menjaga semua alat untuk dapat beroperasi dengan baik tanpa ada miss satu pun. Bayangkan bila listrik di bandara mati dan seluruh peralatan navigasi bandara mati total? Bisa ada hujan pesawat dari langit nanti, itu yang membuat teknisi tidak bisa di pandang sebelah mata, mereka bekerja hanya untuk menjaga kelayakan sistem dan alat demi menjamin keselamatan dan kenyamanan penumpang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya