6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Sedang Berusaha Meraih #MimpiMasaMuda

Semangat meraih mimpi di masa muda

Masa muda adalah saatnya kita meraih apa yang kita inginkan. Sekolah yang tinggi, punya pekerjaan yang tetap, ataupun mempunyai rumah sendiri adalah beberapa dari cita-cita sebagian orang di masa muda. Setiap orang pasti mempunyai ceritanya sendiri dalam menggapai #MimpiMasaMuda. Ada yang berjalan dengan mudah, ada yang penuh rintangan, bahkan ada yang sudah menyerah sebelum memulai.

Banyak faktor yang mempengaruhi perjalanan seseorang dalam meraih mimpi-mimpinya tersebut. Kebiasaan-kebiasaan buruk yang sepatutnya tidak dilakukan kadang kala dianggap sebagai suatu hal yang wajar pada saat masa muda. Padahal, itu adalah penghambat terbesar mengapa mimpi yang seharusnya bisa diraih kemudian digantungkan begitu saja. Berikut ini saya akan jabarkan 6 hal yang tidak boleh dilakukan saat sedang berusaha meraih #MimpiMasaMuda.

Advertisement

1. Selalu mengandalkan orang tua

pexels-edmond-dantès-4342493

pexels-edmond-dantès-4342493 via https://www.pexels.com

Orang tua adalah panutan terbaik dalam hidup kita. Tapi, tidak selamanya kita akan menggantungkan hidup kita kepada orang tua. Banyak anak muda yang berasal dari keluarga kaya ataupun pejabat lalu mengandalkan kekayaan orang tua dan jabatannya untuk mudah meraih apa yang dia inginkan.

Padahal, tidak selamanya kekayaan dan jabatan orang tua itu abadi. Setiap orang pasti ada kalanya di atas ada kalanya di bawah. Berusaha meraih #MimpiMasaMuda dengan jerih payah kita sendiri akan lebih terasa manfaatnya daripada hanya mengandalkan nama orang tua.

Advertisement

2. Mengedepankan gengsi

pexels-ketut-subiyanto-4353615

pexels-ketut-subiyanto-4353615 via https://www.pexels.com

Gengsi ah, masak kuliahnya gak di luar kota sih. Gengsi ah, masak kerjanya cuman jadi penjaga toko. Please ya, buat kalian yang muda-muda nih yang masih kuat ototnya masih fresh otaknya jangan sekali-kali deh mengedepankan gengsi. Buang jauh-jauh rasa gengsi yang kadang muncul dalam diri kita.

Fokus pada mimpi dan cita-cita kita. Nasib orang nantinya tidak ada yang tahu kan. Banyak kok yang kuliah di kota sendiri jadi lulusan terbaik. Tak sedikit pula yang tadinya kerja jadi penjaga toko sekarang malah jadi pengusaha sukses. Bagaimanapun terjalnya kerikil saat meraih mimpi dan cita-cita, kita harus yakin bahwa kita mampu.

3. Jarang beribadah

Advertisement
pexels-ali-arapoğlu-2652088

pexels-ali-arapoğlu-2652088 via https://www.pexels.com

Terkadang manusia itu banyak maunya tapi lupa akan siapa penciptanya. Cita-citanya sih keren jadi miliyarder. Tapi, ibadah saja tidak pernah. Sedekah dengan orang yang tidak mampu juga ogah.

Seharusnya, kita sebagai manusia juga ingat bahwa sekeras apapun keinginan, cita-cita, mimpi, dan harapan kita kalau Tuhan tidak berkehendak maka semuanya tidak akan terjadi.  Kita hanya ditugaskan untuk berusaha bersungguh-sungguh dengan cara yang baik dan tidak lalai untuk beribadah. Karena usaha tanpa doa adalah sia-sia.

4. Pemborosan

pexels-alexander-mils-2068975

pexels-alexander-mils-2068975 via https://www.pexels.com

Gaya hidup konsumtif sebaiknya jangan dilakukan saat kita masih muda. Membeli sesuatu harus sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan. Hindari juga lingkungan yang mempengaruhi kita untuk hidup boros.

Seberapa terjalnya kerikil yang siap menerjang di depan mata, kita tidak pernah tahu. Yang harus mulai dipersiapkan adalah mulailah menabung untuk masa depan kita yang lebih baik.

5. Malas Belajar

pexels-cottonbro-4769486

pexels-cottonbro-4769486 via https://www.pexels.com

Budaya malas memang harus segera dihapus dari dalam diri kita. Setinggi-tingginya cita-cita dan mimpi kita tapi kita malas untuk belajar, fix itu tidak akan pernah menjadi kenyataan. Belajar itu tidak hanya di bangku sekolah maupun saat kuliah.

Belajar dari pengalaman orang lain bahkan belajar dari pengalaman diri kita sendiri adalah hal utama yang harus dilakukan. Percuma dong kalau kita mimpinya jadi orang sukses. Eh, belajar dan bangun pagi saja malas. Please, semangat! Ayo lawan rasa malas itu.

6. Menganggap remeh pentingnya gizi untuk kesehatan

pexels-daria-shevtsova-4117545

pexels-daria-shevtsova-4117545 via https://www.pexels.com

Kesehatan kadang dianggap remeh oleh sebagian anak muda. Begadang, makan sembarangan, lingkungan yang tidak sehat seringkali dianggap lumrah. Padahal, dalam meraih cita-cita dan mimpi diperlukan tubuh yang sehat. Gizi yang baik diperoleh dari makan-makanan yang sehat seperti sayur, ikan, buah-buahan, daging, kacang-kacangan dengan porsi yang pas.

Pola tidur yang benar, dan bergaul dengan lingkungan-lingkungan sehat juga menjadi poin penting agar kesehatan kita tetap terjaga. Selain itu, olahraga juga diperlukan untuk memperoleh tubuh yang sehat dan bugar. Mari kita raih #MimpiMasaMuda dan #SehatSamaSama bersama #HipweexNI.

#MimpiMasaMuda #SehatSamaSama #HipweexNI

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

"Jangan Bosan Jadi Orang Baik".

CLOSE