Saat ini bisnis handy craft atau keterampilan tangan sudah menjadi bisnis yang semakin diminati, terutama untuk kalangan muda. Hal ini karena produk hasil bisnis keterampilan tangan sangat menjanjikan hasil jadi yang memuaskan karena handmade. Hal utama yang menunjang berkembangnya bisnis ini adalah kreatifitas.

Nah sobat hipwee, berikut ini beberapa contoh bisnis handy craft yang bisa kamu coba untuk belajar berbisnis serta mengalirkan keterampilan tangan kamu.

1. Kalau kamu tergolong orang yang telaten, merangkai batu-batu buatan menjadi gelang, kalung atau bros bisa banget, lho!

Bikin yang paling mudah menurut kamu saja dulu

Bikin yang paling mudah menurut kamu saja dulu via https://grosiraksesoris7.wordpress.com

Kreasi aksesoris seperti gelang dan kalung memang sudah menjadi pilihan yang tepat untuk memulai bisnis jenis ini. Pasalnya untuk membuatnya kita tidak membutuhkan biaya yang besar, bahkan jika kita teliti kita bisa memanfaatkan barang-barang disekitar kita yang sudah tidak terpakai sebagai bahan dasar pembuatan berbagai aksesoris. Kamu bisa memanfaatkan batu-batuan, kawat, benang dan bahan lainnya, akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan bahan yang tidak biasa agar menghasilkan kerajinan yang unik.

2. Sulap kain perca menjadi souvenir yang manis dan layak jual seperti ini, yuk!

Mainkan imajinasi dan kreativitas

Mainkan imajinasi dan kreativitas via https://ayonugas.blogspot.co.id

Sudah tau kain perca kan? Ya, kain sisa jahitan ini tidak seharusnya langsung dibuang. Kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat berbagai bentuk kreasi tangan menggunakan kain perca ini. Sebagai contoh, kamu bisa membuat kreasi tas selempang, taplak meja, tempat tisu atau barang-barang lain yang dihias menggunakan kain perca.

3. Kain flanel pun bisa kamu kreasikan menjadi banyak benda bermanfaat; tempat tisu, case HP atau taplak meja misalnya

Ini contoh tempat pensil dengan hiasan kain flanel

Ini contoh tempat pensil dengan hiasan kain flanel via https://prelo.co.id

Advertisement

Kain flanel juga bisa menjadi bahan kreasimu. Kain flanel biasanya dijual perlembar dengan ukuran tertentu, dan harganya pun tidak terlalu mahal. Kamu bisa mencoba sedikit dulu untuk membuat kreasi dengan kain flanel. Misalnya kamu bisa membuat dompet, case handphone, tempat tisu, atau tas dengan kreasi menggunakan kain flanel.

4. Hobi merajut? Yes, saatnya kamu jemput kesuksesan dengan menjual tas, gantungan kunci dan sepatu bayi rajutan!

Nah keren kan

Nah keren kan via http://jasareview.id

Buat kamu yang bisa dan hobi merajut, pas banget untuk dijadikan bisnis. Sebagian besar orang menyukai hasil rajut tangan atau handmade karena lebih rapi. Selain itu jika kamu bisa membuat rajutan semenarik mungkin, kamu juga akan semakin menarik konsumen untuk membeli produk buatanmu.

5. Membuat dan menjual lukisan juga bisa kamu jadikan mata pencaharian, kok!

Mungkin kamu bisa coba melukis di tas seperti ini

Mungkin kamu bisa coba melukis di tas seperti ini via http://jasareview.id

Selanjutnya buat kamu yang hobi melukis, kamu bisa mencoba untuk melukis di atas tas atau bahan lain. Kamu bisa mencoba melukis sesuai dengan keinginan, coba pasarkan melaui media sosial. Perlahan pasti ada orang yang tertarik dengan hasil karyamu dan membelinya.

6. Ambil peluang sebagai orang kreatif yang menerima jasa gambar sketsa!

Memulai bisnis dari hobi sketsa, kenapa engga?

Memulai bisnis dari hobi sketsa, kenapa engga? via https://pinterest.com

Advertisement

Saat ini banyak sekali anak muda yang memiliki bakat membuat sketsa atau doodle menggunakan tangan. Dari pada hanya dijadikan sekedar hobi saja, mengapa tidak dicoba untuk dijadikan uang. Kamu bisa mencoba menawarkan jasa sketsa wajah untuk acara-acara tertentu misalnya ulang tahun atau kelulusan. Coba tawarkan dahulu ke teman-teman terdekatmu, pasti lama-kelamaan jasa kamu tersebar luas.

Nah itu itu beberapa ide yang bisa kamu cobain, bermula dari hobi bisa menghasilkan. Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya