Tanggal 14 Februari sebentar lagi datang. Banyak orang-orang di muka bumi ini merasa ingin memberi sesuatu yang spesial buat orang yang mereka sayang. Sebagian besar orang memaknai hari kasih sayang sebagai sesuatu yang sempit. Kasih sayang yang dimaksud selalu identik dengan pacar. Tetapi banyak juga yang mengabadikan hari kasih sayangnya untuk orangtua tercinta. Banyak orang rela menabung untuk membelikan barang favorit kepada pacar, nenek, dan orang tua.

Padahal, kalau boleh kita peka lagi, ada sosok yang jarang mendapat porsi untuk disebut dalam Hari Kasih Sayang. Terkadang saking jarangnya, ia dianggap angin lalu dalam kehidupan. Nyatanya ia adalah sosok yang begitu peduli pada kita. Dia lembut, baik hati, meski terkadang sering memarahi kita. Namun, rasa marahnya adalah tanda cintanya kepada kita. Hayo! Siapa dia? Apa kamu sudah peka? Ya! Dia adalah kakak. Sosok yang kadang membuat kangen karena kebaikan dan kegalakannya yang khas. Ah, Kak, aku rindu!

Nah, kira-kira apa ya yang bisa kita persembahkan untuk kakak tercinta di hari spesial nanti? Ini nih inspirasinya!

 

1. Kalau kamu saudara sesama cowok, jangan cuma ajak dia main bola bareng. Coba bilang 'I Love You' dari lubuk hati. Nggak usah canggung deh!

Hei, Bro! Nggak zaman lagi namanya malu-malu kucing dengan saudara cowok kamu. Penulis bukan mengajarkan LGBT ya, jangan salah paham. Yang dimaksud penulis adalah ungkapkan sayang kepada saudara. Di Korea sana, ucapan sayang macam 'saranghaeyo' ini sudah amat umum ditemui. Nggak jarang kita lihat di drama seorang cowok bakal bilang 'saranghaeyo' ke saudara prianya. Kalau diterapkan di Indonesia biasanya cowok-cowok bakal gengsi.

Namun nggak salah juga kalau sesekali kawula pria bersaudara mengucapkan 'aku sayang kamu' kepada saudara cowoknya. Kapan lagi kamu bilang seperti itu ke kakak cowok kamu. Nggak usah gengsi melakukanya. Justru hal ini bakal bikin persaudaraan kalian erat lho.

2. Kalau saudaramu cewek, kamu bisa gantikan perannya di rumah seperti masak, menyapu atau mengepel lantai sesekali

Dalam suatu keluarga yang ada saudara sesama ceweknya, kebanyakan si kakak yang masak bareng ibu. Malah, ada sosok kakak cewek yang mengambil peran penuh mengurus rumah. Sebagai adik, kamu harus peka dong! Jangan tumpahkan beban kepada kakakmu sendirian. Cobalah sesekali kamu gantikan dia masak. Kalau kamu belum pandai masak, bisalah potong-potong bawang, sayur, ke supermarket beliin bahan belanjaan atau apalah itu yang penting kamu niat bantu kakak kamu.

Ingat, jangan mentang-mentang kakak kamu yang paling tua terus kamu seenaknya saja nggak ikut mengurus rumah. Sebagai orang yang lebih tua, pasti kakak kamu lebih lelah karena ia punya lebih banyak beban dibanding kamu. Dengan membantunya, yang merasakan manfaatnya tak hanya kamu saja tapi juga dirimu sendiri. Secara tak langsung, kamu bakal punya bekal menggantikan kakak mengurus rumah andai kakakmu berumah tangga nanti.

3. Kamu cewek dan kakamu cowok yang cukup umur? Membantunya nyari cewek idaman itu keren banget!

Ketahuilah, indikator kesuksesan laki-laki adalah memperoleh gadis idaman. Kalau kamu punya kakak cowok yang sudah berumur, coba deh kamu bantu kakakmu nyari wanita idaman sesuai kriterianya. Kamu harus bisa siap diri dan bersikap dewasa kalau nggak selamanya kasih sayang seorang kakak itu hanya diberikan ke adik dan orang tua saja.

Tentunya, dalam mencari wanita idaman kakak kamu, perlu bagimu mencarikan wanita yang penyayang, rendah hati, dan setia. Kamu sebagai adik tentu mengerti tipe wanita bagaimana yang pas buat kakakmu. Membantunya mencari wanita idaman adalah sesuatu yang terkenang buatnya.

4. Hal sederhana seperti mencucikan baju kakakmu yang kotor bakal berkesan di hatinya, lho

Selama ini coba tengok siapa yang mencuci baju kakakmu? Apakah Mama? Atau kakakmu sendiri? Cobalah mulai sekarang kamu cucikan baju kakak yang kotor. Sebagai adik yang peka, tentunya kamu cepat tanggap menghadapi situasi seperti ini. Jangan kamu anggap mencucikan baju kakak berarti kamu menjadi adik yang tertindas. Bukan, justru hal tersebut adalah bentuk ungkapan rasa sayang kepada kakak.

Kakakmu sendiri akan sangat menghargai usahamu itu dan hubunganmu bisa makin erat. Kalau kamu ngerasa capek setelahnya, berarti kamu belum ikhlas melakukanya.

5. Bisa juga kamu kasih kakakmu hadiah simbolik berupa karya atau kerajinan bikinanmu sendiri

lukman hakim

lukman hakim via http://crafthubs.com

Jangan sia-siakan hobi dan bakat kamu untuk disimpan saja. Meski kakak kamu adalah segelintir orang yang tahu bakat kamu, pernahkah kamu terpikir mendedikasikan karya kamu buat kakak? Jika saat ini karya buatanmu hanya kamu niatkan buat lomba, mulai sekarang niati membuat karya kamu untuk orang-orang yang kamu sayang. Termasuk kakakmu. Jika kamu pandai melukis, lukis sosok kakakmu dan berikan untuknya. Ini akan jadi hal terindah yang banyak berarti bagi dirinya.

6. Doa pun juga bisa jadi kado terindah buat kakakmu, sosok yang kadang galak tapi super ngangenin!

Berdoalah untuk kesuksekan kakakmu. Meski kalian tercipta dengan tujuan yang berbeda, doakan kakakmu sebisa mungkin. Jangan lelah untuk meminta Tuhan memberikan keberkahan kepada kakakmu. Karena, dengan hadirnya seorang kakak, hidup kamu sebagai anggota keluarga lebih bermakna dan kamu bisa belajar menjadi pribadi yang tangguh. Setelah beribadah, berdoalah minta kepada Tuhan agar kakak selalu bahagia dan sehat dalam mengarungi kesulitan di dunia.

Sobat Hipwee, jagalah kakak kalian sebagaimana kakak kalian menjaga kalian. Selama mempunyai kakak, pernah nggak menunjukan kasih sayang kita? Kalau belum, ayo mulai sekarang kita tunjukan kasih sayang ke kakak kita.