Makanan dan Minuman di berbagai tempat memang berbeda satu dengan yang lainnya. Terkadang ada beberapa tempat yang memiliki tradisi dan keunikan makanan dan minumannya. Begitu juga dengan negara di United Kingdom yang memiliki tradisi dan fakta menarik seperti yang akan dibahas di #AyoKeUK #WTGB #OMGB berikut ini :

1. Fakta Champagne

Bukan rahasia umum lagi jika champagne berasal dari Prancis. Namun, Inovasi dari Champagne yang dikenal sekarang ditemukan di Inggris oleh Ilmuwan bernama Christoper Merret di tahun 1662. Awalnya champagne yang berbusa dianggap produk gagal oleh orang prancis, namun berbeda dengan di Inggris pada masa penemuan inovasi Merret.

Inovasi itu membuat champagne banyak disukai oleh kalangan bangsawan, terlebih lagi ia menggunakan botol kaca yang bisa menyimpan champagne fermentasi lebih lama dan lebih terlihat mewah dibandingan botol kayu yang sebelumnya dipakai.

2. Pengkonsumsi Sari Apel Terbanyak

Advertisement

Di Inggris sari apel tidak hanya bisa digunakan sebagai bahan masakan, tetapi dijadikan miuman. Sejarahnya banyak pohon apel yang ditanam di Inggris dan masa itu hidangan penutup dari apel sangat populer. Kemudian Viscount Scudamore pada tahun 1639, membawa resep dari Prancis untuk membuat sari buah apel ini untuk dijadikan minuman.

Salah satu wilayah penghasil sari buah apel terbesar di Inggris yaitu di Herefordshire. Tidak hanya itu di Inggris sari buah apel hampir sama dengan wine yang banyak dijual di pub dan supermarket.

3. Mitos Makan Pie di Hari Natal Ilegal. Mitos apa Fakta ya?

Makan Pie di Inggris bisa di penjara? Ini sebuah pernyataan yang pernah dikeluarkan dalam hukum di Inggris. Tepatnya pada masa Oliver Cromwell tahun 1650-an, ia sempat melarang orang-orang untuk memakan pie dengan alasan menghindari kerakusan yang terjadi di kota.

Advertisement

Tidak hanya itu, makan puding dan makanan lezat lainnya di hari natal pada masanya pun dilarang bahkan toko-toko yang masih menjual makanan itu bisa langsung di tutup. Oliver Cromwell merupakan orang yang membenci ajaran Kalotik Roma yang dipenuhi takhayul. Kemudian Pada masa Raja Charles II, larangan ini dihapus.

4. Kompetisi Berguling Menuruni Bukit Untuk Mendapatkan Keju. Mau mencoba ?

Festival ini sudah ada sejak 200 tahun yang lalu. Festival ini diadakan di Cooper's Hill dekat Gloucester di Cotswolds. Sejarah dari festival ini masih digali lebih lanjut. Banyak yang berpendapat bahwa festival ini dimulai sejak kedatangan bangsa roman. Keunikan dari Chesse rolling festival ini adalah para peserta harus mengejar roda yang terbuat dari keju dari atas bukit kecil menuju ke bawah bukit.

Yang pertama mencapai garis finish dia akan mendapatkan keju tersebut. Bayangkan saja kesulitan yang dihadapi oleh para peserta. Mereka tidak mengejar dengan berlari, melainkan harus berguling menuruni bukit. Tak heran dalam kompetisi ini banyak pesera yang terluka. Sehingga pemerintah sempat melarang diselenggarakanya acara ini. Dengan pertimbangan melestarikan tradisi dan peningkatan keselamatan dengan membersihkan area festival acara ini diselenggarakan kembali. Masih mau berpartisipasi dalam lomba ini ?

5. Bayangkan saja bila beer atau ale menjadi teman sarapan dan itu pernah terjadi di Inggris

Beer for Breakfast?

Beer for Breakfast? via http://www.brewreviewcrew.co

Pada abad pertengahan atau sekitar abad ke 17 di Inggris gaya makan masyarakatnya sangat beragam. Pada masa pertengahan kebanyakan masyarakat Inggris mengkonsumsi roti dan beer atau ale dengan kadar alkohol yang rendah. Kadar alkohol untuk konsumsi pada pagi hari sebesar 0,8% sehingga tidak memabukkan. Orang inggris sarapan antara pukul saat matahari terbit-7 pagi dengan jenis makanan yang dibedakan berdasarkan dari golongan bangsawan dan rakyat jelata.

Pada masa pemerintahan ratu Elizabeth I muncul larangan pembatasan minuman beer atau ale untuk dijadikan teman sarapan. Hal ini terjadi karena banyak orang yang memanfaatkan minuman itu untuk mabuk-mabukan dan menimbulkan keresahan di kota. Selain itu penyalahgunaan ini juga terjadi di dalam kerajaan sendiri untuk kapasitas lebih dari 600.000 galon.

Sehingga Ratu harus mengambil tindakan tegas. Lambat laun minuman beer atau ale ini digantikan dengan minuman teh atau kopi yang lebih sehat dibandingkan dengan beer atau ale pada masa itu.

6. Pub tertinggi berada di ketinggian 1.732 kaki di atas permukaan laut.

Tan Hill Inn merupakan pengiapan yang terletak di Swaledale, tepat di dekat Kel yang merupakan penginapan tertinggi di Inggris. Bangunan ini sudah dibangun sejak abad ke-17, pada abad ke-18 tempat ini sempat dijadikan hostel bagi penambang di wilayah ini. Tan Hill Inn memiliki daya tarik yang luar biasa selain karena tempatnya yang dingin, namun suasana yang jauh dari keramaian, dan lokasi bangunannya yang bersejarah membuatnya banyak dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara. Fasilitas di tempat ini tidak hanya penginapan tetapi juga ada pub yang menjadi hiburan para wisatawan yang datang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya