Pernah nggak sih kamu dateng ke tempat yang benar-benar baru, dan kamu lagi lapar, trus plonga-plongo bingung mau makan di mana, saking banyaknya warung makan yang berjajar di depan mata kamu? Apalagi uang pas-pasan, dan kamu harus tebak menebak dari sekian puluhan tempat makanan mana sih yang sesuai selera kamu. Hmmm jadi keingat zaman jadi maba (mahasiswa baru) ya?

Penulis sendiri merupakan salah satu mantan maba UNY (sekarang sudah siap tempur di lapangan KKN) dan di sini ingin membagikan list 6 tempat makan recommended dengan jenis konsep makanan yang berbeda di daerah UNY yang murah (kisaran maksimal 15 ribu rupiah) juga enak, yang menjadi destinasi pertama yang cocok bagi calon maba UNY yang kebingungan mencari tempat pengisi perut.

1. Bu Wid (Penyetan)

Tempat makan yang tempatnya strategis, juga banner segede gaban ini mungkin paling mudah di notice bagi calon maba UNY. Jangan ragu untuk masuk dan nyobain ya, harganya bisa di bilang murah dan menyediakan paketan, dengan 15 ribu kamu sudah kenyang! Menu makan di sini ala-ala penyetan, ada telur, ayam, ikan sampe terong-terongan. Yang paling penting sambelnya nampol!

Advertisement

Lokasi: https://goo.gl/maps/semPye6GgdE2

2. Preksu (Geprekan)

Advertisement

Mungkin calon maba asli Jogja udah kenal sama warung yang kental dengan nuansa islam ini ya. Preksu sendiri rajin memberikan paket ayam geprek + es teh gratis bagi kamu yang puasa senin kamis, bagi yang membaca surat al-kahfi di hari jumat, dan bagi kamu pemenang kuis #preksusabtuseru di ig @preksu. Selain ayam geprek dengan aneka sambel, kamu harus nyobain juga paket jamur dan terong yang enak dengan harga pas di kantong!

Lokasi: https://goo.gl/maps/vTFSSHFtQxj

3. Bu Maria (ramesan)

Bu Maria siapanya Bu Wid? Hmmm walau sama-sama tempat makan tapi mereka menyediakan konsep yang berbeda, jika dijelaskan tadi Bu Wid adalah penyetan nah kalo Bu Maria adalah ramesan. Yak, betul di sini sistemnya adalah kamu ambil nasi, lauk dan sayur secara mandiri.

Asiknya di sini gengs banyak atau dikit nasi atau sayur yang kamu ambil harganya sama! Cocok banget buat kamu yang butuh porsi banyak buat kenyang, dan yang paling penulis suka dari tempat ini adalah sayurnya yang serasa masakan ibu!

Lokasi: https://goo.gl/maps/rKqP43FDieL2

4. Burjo Pasundan

Burjo Pasundan

Burjo Pasundan via https://foursquare.com

Dari sekian burjo yang ada di sekitaran UNY, burjo Pasundan di Samirono ini yang paling memorable bagi penulis. Tempatnya luas, juga ada TV nya jadi cocok buat nongkrong sama temen se-genk! Harganya paling murah dibanding burjo-burjo yang pernah penulis kunjungi lainnya.

Menu nya standar kayak burjo lainnya, indomie, nasi telur, nasi ayam, nasi sayur. Saran aja nih gengs, dateng ke sini sebelum kuliah pagi, gorengan yang baru matang, anget-anget dari burjo Pasundan ini pas buat nyemil-nyemil ganteng di jalan!

Lokasi: https://goo.gl/maps/5QiWbWhsykK2

5. Lotek, Gado-Gado atau Kupat Tahu sebelah Mr. Ngapak

Tempat yang tidak memiliki nama ini dikelola oleh sepasang suami-istri yang jago membuat masakan olahan kentang, lontong, bakwan juga kerupuk. Tempatnya bisa di bilang sempit mungkin hanya muat 3-4 orang di dalam dan 1-2 orang di luarnya, tapi jangan khawatir, paling lama mungkin kamu hanya harus menunggu 15 menitan. Segarnya sayuran nya, gurih nya bakwannya yang well-blended dengan bumbu kacang nya ini worth 15 menitan kamu kok!

Lokasi: https://goo.gl/maps/hV1Tz3yTBV12

6. Mi Ayam Pangsit Pak Gun

Mi aym pangsit

Mi aym pangsit via http://www.ardiankusuma.com

Mie ayam milik pak Gun ini memiliki 2 keistimewaan. Yang pertama adalah pangsitnya, jika di tempat mi ayam lain pangsitnya segitiga di mie ayam pak Gun ini pangsitnya berbentuk mangkok! Dan di atas mangkok ini ada keistimewaan yang kedua yaitu mie nya. Jika di tempat mie ayam umumnya mie nya tebal di sini mie nya tipis dan keriting tapi tetap membuatmu kenyang.

Lokasi: https://goo.gl/maps/PcLUJzt5eNr

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya