6 Tips Ini Dapat Membantumu untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Terjaga!

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh

Banyak diantara kita saat ini sudah sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Jika tubuh sehat dan fresh, kita bisa menjalankan aktivitas keseharian dengan penuh semangat dan tubuh terasa segar berenergi. Pada dasarnya, kesehatan tubuh dapat kita jaga dengan mengatur pola hidup, pola makan, dan mengendalikan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, kita juga harus pintar-pintar untuk menjaga ritme serta intensitas aktivitas fisik kita ya guys. Kali ini, saya akan membagikan tips pada kalian agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Simak ulasannya berikut ini ya:

Advertisement

1. Makan yang berserat

Photo by StockSnap from Pixabay

Photo by StockSnap from Pixabay via https://pixabay.com

Makanan yang kaya akan serat membantu lambung tidak cepat kosong, sehingga kita merasa kenyang lebih lama. Ada beberapa sumber serat yang dapat kita konsumsi untuk memenuhi asupan untuk tubuh kita, yaitu meliputi sereal gandum, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Jika kalian terbiasa makan nasi, dapat menggunakan nasi merah ya guys karena kandungan nutrisi dari beras merah lebih baik untuk kalian yang sedang menjaga bentuk tubuh. Namun bagi kalian yang sudah terbiasa dengan nasi putih, mungkin bisa dikurangi ya porsi nasi putihnya karena 100gr nasi putih (satu centong) mengandung 130 kalori.

2. Atur porsi dan menu makanan

Photo by RitaE from Pixabay

Photo by RitaE from Pixabay via https://pixabay.com

Mungkin kita sudah terbiasa dengan pola makan 3 (tiga) kali sehari ya guys, oleh karena itu wajib hukumnya untuk mengatur porsi dan menu makanan yang akan kita makan. Untuk memudahkan kita dalam mengatur porsi dan menu makan, bisa dibantu dengan mengunduh aplikasi yang mampu untuk menghitung dan melacak asupan makanan yang masuk dalam tubuh kita. Aplikasi seperti MyNetDiary, Cronometer, Spark People, MyFitnessPal, dan Lose It! Merupakan beberapa aplikasi yang bisa diunduh untuk membantu mengatur porsi dan menu makanan kalian sehari-hari. Porsi makan yang seimbang diyakini mampu membantu tubuh berfungsi dengan baik sehingga metabolisme tubuh tetap terjaga.

Advertisement

3. Banyak makan buah dan sayur

Photo by dbreen from Pixabay

Photo by dbreen from Pixabay via https://pixabay.com

Mengkonsumsi buah dan sayur lebih banyak dapat dijadikan pilihan yang bagus bagi kalian yang suka nyemil. Selain kebutuhan gizi yang tercukupi, pola makan kaya buah dan sayur mengurangi risiko penyakit kronis lho. Daripada kalian nyemil makanan ringan atau gorengan, lebih baik nyemil buah dan sayur ya guys.

4. Perbanyak minum air putih

Photo by congerdesign from Pixabay

Photo by congerdesign from Pixabay via https://pixabay.com

Air merupakan unsur penting yang ada pada tubuh kita, karena sekitar 60% tubuh manusia terdiri dari air. Jika tubuh terhidrasi dengan baik, maka kemampuan kita untuk berpikir dan beraktivtas dengan lancar, serta dapat membakar lemak dalam tubuh lho guys, jadi minum air putih yang banyak dapat membantu menurunkan berat badan.

5. Rutin jalan kaki

Photo by kinkate from Pixabay

Photo by kinkate from Pixabay via https://pixabay.com

Mendengar kata olahraga, mungkin bagi sebagian dari kita langsung mengeluh capek dan malas. Tapi jangan khawatir, untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, kita hanya perlu menghabiskan waktu 30-60 menit di setiap harinya lho. Tidak perlu untuk ngoyo berolahraga berat seperti lari, sepakbola, aerobik, basket, dan lainya cukup dengan berjalan kaki saja. Bisa dilakukan di pagi hari, sore hari, atau selepas kerja di malam hari. Tentunya jalan kaki tidak membutuhkan modal yang banyak kan, dan dapat dilakukan dimana saja, seperti jalanan, gelanggang olahraga, stadion, atau bahkan di dalam rumah. Manfaat dari jalan kaki antara lain yaitu menyeimbangkan kadar kolesterol. kesehatan jantung yang lebih baik, tulang lebih kuat dan risiko osteoporosis berkurang dan mengurangi risiko diabetes.

Advertisement

6.  Istirahat yang cukup

Photo by xiangying_xu from Pixabay

Photo by xiangying_xu from Pixabay via https://pixabay.com

Tidur merupakan salah satu kebutuhan yang pasti dilakukan oleh setiap makhluk hidup. Sebagai manusia, kita juga memerlukan tidur yang cukup agar produktivitas, kestabilan emosi, kesehatan otak, kesehatan jantung, fungsi imun tubuh, kreativitas, vitalitas, hingga menjaga berat badan tetap terjaga. 

Apakah kalian tertarik untuk mempraktikkannya? Semoga bermanfaat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

suka baca dan belajar menulis

CLOSE