Di era modern dan serba digital ini penggunaan smartphone bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan, karena hampir semua orang di dunia menggunakan smarphone, baik yang berbasis android maupun os. Namun banyak dari kita yang masih belum mengetahui cara memaksimalkan kinerja smartphone itu sendiri. Sehingga kebanyakan dari kita mengalami masalah pada smartphone nya seperti:lemot,ngehang,ngeblank,dll.

Pasti sobat hipwee juga bete kan kalo lagi asik main handphone tiba-tiba ngeblank,ataupun lagi asik buka sosmed tiba-tiba keluar sendiri dari aplikasi nya,,,,,pasti manyun muka nya...hahaha

Oleh karena itu kali ini saya akan memberikan tips untuk pengguna smartphone yang berbasis android,agar smartphone sobat hipwee bebas dari lemot,ngehang,ngeblank.

Disimak ya GAEESSSSS.......HEHE

1. ATUR BANYAK NYA APLIKASI YANG ADA DI SMARTPHONE MU.

Batasi aplikasi mu. via https://www.google.co.id

Terlalu banyak aplikasi yang sedang berjalan, baik yang saat ini sedang sobat gunakan maupun aplikasi yang sedang berjalan di tembolok/latar belakang cukup memberatkan kinerja smartphone. Smartphone itu sebenar nya memiliki cara kerja yang hampir sama dengan laptop/pc,jadi ketika hp dinyala kan maka ada beberapa aplikasi yang langsung berjalan otomatis walaupun tidak kita buka.

Yang harus sobat lakukan pertama adalah dengan membatasi jumlah aplikasi yang ada di smartphone sobat, unduh/instalah aplikasi yang sobat butuhkan saja.Ataupun sobat bisa menonaktifkan aplikasi bawaan handphone yang tidak dipakai.

2. PANTAU APLIKASI YANG SAAT INI SEDANG BERJALAN.

Berhentikan aplikasi yang tidak digunakan. via https://www.google.co.id

Advertisement

Berhentikan tugas aplikasi yang tidak dipakai. periksa pada pengaturan handphone sobat aplikasi apa saja yang saat ini sedang berjalan,dan berhentikan paksa aplikasi yang tidak di gunakan.

CARA NYA:

1. Buka PENGATURAN.

2. Pilih APLIKASI.

3. Pilih TERUNDUH.

4. Klik aplikasi yang akan di berhentikan tugas nya.

5. Pilih BERHENTI PAKSA.

Selain melalu pengaturan handphone, proses pemberhentian tugas smartphone juga bisa menggunakan aplikasi tambahan yaitu aplikasi GREENFLY(hibernasi otomatis).Aplikasi nya sendiri dapat sobat unggah di PLAYSTORE.Untuk cara penggunaan nya bisa sobat liat di google.

Adapun aplikasi yang tidak boleh diberhentikan paksa seperti(BBM,WHATSUP,LINE).Karena akan mengganggu komunikasi sobat.

3. PERIKSA MEMORY RAM SMARTPHONE MU.

jangan sampai memory ram mu penuh. via https://www.google.co.id

Fungsi memory ram pada handphe android itu sangat lah penting,karena ram itu berfungsi menyimpan data-data sementara pada aplikasi.Pastikan memory ram yang terpakai tidak lebih dari 70% dari kapasitas memory yang ada.Untuk mengurangi jumlah memory ram yang terpakai sobat bisa gunakan aplikasi tambahan seperti CLEAN MASTER/CCLEANER.

4. HAPUS HISTORY PENGGUNAAN APLIKASI.

Jangan asal tekan tombol home. via https://www.google.co.id

Ketika kita sedang membuka aplikasi dan akan membuka aplikasi lain nya tidak jarang dari kita pasti keluar dari aplikasi dengan menggunakan tombol HOME pada handphone kita, memang hal ini membuat kita keluar lebih cepat dari aplikasi di bandingkan kita keluar menggunakan tombol BACK. Tapi sebenar ini malah membuat handphone bekerja lebih berat dikarenakan aplikasi tetap berjalan di tembolok/latar belakang. Jadi selalu pastika setiap kali kita keluar dari aplikasi selalu menggunakan tombol BACK.

Semakin banyak kita membuka aplikasi pada handphone, maka semakin banyak pula history yang tersimpan pada handphone,maka kita harus rajin membuang history tersebut.

CARA NYA:

1. Tekan dan tahan tombol MENU yang berada di sebelah kiri/kanan tombol HOME pada handphone.

2. Hapus history aplikasi.

5. PINDAHKAN SEBAGIAN APLIKASI MU PADA MEMORY EKSTERNAL.

lapangkan memory internal mu. via https://www.google.co.id

Pemindahan atau pembagian dari memory handphone ke memory eksternal.Cara ini dapat digunakan untuk mengurangi jumlah memory internal yang terpakai.

CARA NYA:

1. Buka PENGATURAN.

2. Pilih APLIKASI.

3. Pilih TERUNDUH.

4. Pilih aplikasi yang akan dibagi atau dipindahkan.

5. Pilih PINDAH KE KARTU SD.

Pastikan di handphone sobat sudah terpasang memory eksternal.

6. HAPUS LAH CACHE PADA APLIKASI SMARTPHONE MU.

Bebaskan aplikasi mu dari sampah. via https://www.google.co.id

Penghapusan Cache juga dapat memaksimalkan kinerja handphone kita loh.

CARA NYA:

1. Buka PENGATURAN.

2. Pilih APLIKASI.

3. Pilih TERUNDUH.

4. Pilih aplikasi yang akan di hapus cache nya.

5. Klik HAPUS CACHE.

7. PERIKSA APLIKASI-APLIKASI YANG TERLALU BANYAK MENYIMPAN DATA.

Pantau aplikasi mu. via https://www.google.co.iD

Penghapusan data aplikasi dapat mengurangi memory internal yang terpakai sehingga memory internal kita semakin lapang dan kinerja handphone semakin lancar.

CARA NYA:

1. Buka PENGATURAN.

2. Pilih APLIKASI.

3. Pilih TERUNDUH.

4. Pilih aplikasi yang akan di hapus data nya.

5. Klik HAPUS DATA.

Untuk cara terakhir ini sobat hipwee harus benar-benar jeli dan pintar dalam memilih aplikasi yang akan dihapus data nya,karena ada beberapa aplikasi yang akan kembali menjadi seperti pertama kali diinstal,sperti aplikasi(BBM,WHATSUP,INSTAGRAM dan sosmed lain nya yang sejenis massanger). Tapi sobat tidak perlu takut,asalkan sobat ingat akun sobat semua bisa kembali seperti semula.

Demikian 7 tips singkat yang dapat saya bagi agar smartphone sobat bisa bekerja secara maksimal walaupun dengan kapasitas memory ram dan memory internal yang terbatas.

Semoga bermanfaat,,,,,,

Salam hangat selalu untuk semua sobat HIPWEE.