7+ Cara Mengatasi Insomnia, Yuk Temukan yang Paling Ampuh Untukmu!

Pengidap insomnia wajib baca nih~

Apakah kamu pernah nggak bisa tidur padahal kamu sangat lelah? Atau bangun di tengah malam dan tidak bisa tidur lagi? Mungkin kamu sudah coba berbagai cara mengatasi insomnia, tapi belum ada yang berhasil?

Tenang, insomnia adalah gangguan tidur yang bisa disembuhkan dengan perubahan yang bisa kamu lakukan sendiri. Jadi, kalau saat ini kamu sedang berjuang dengan yang namanya insomnia, mulailah dengan mengubah rutinitas tidurmu dan menghindari hal-hal yang bisa mengganggu tidur, seperti kafein, handphone, televisi, dan lain-lain.

Dengan mengatasi penyebab yang mendasarinya dan membuat perubahan sederhana pada kebiasaan tidurmu, kamu pasti bisa menghentikan insomniamu dan tidur lebih nyenyak. Apa saja ya yang bisa kamu lakukan? Simak 7 cara mengatasi insomnia versi Riliv, yuk!

Advertisement

1. Bangun tidur di jam yang sama membantumu mengatasi insomnia

Photo by Kinga Cichewicz on Unsplash

Photo by Kinga Cichewicz on Unsplash via https://unsplash.com

Kamu pasti tergoda untuk tidur larut malam di akhir pekan kan?

Mau nonton film dulu mumpung besok libur. Nah, kebiasaan yang seperti ini nggak baik buat kamu yang menderita insomnia, terutama kalau waktu tidurmu seminggu ini kurang. Kalau kamu menderita insomnia, latihlah dirimu untuk bangun pada waktu yang sama setiap hari untuk melatih tubuhmu bangun pada waktu yang konsisten.

Advertisement

2. Membatasi waktu tidur siang juga cara mengatasi insomnia yang bisa kamu terapkan

Photo by Matheus Vinicius on Unsplash

Photo by Matheus Vinicius on Unsplash via https://unsplash.com

Walaupun kamu berpikir kalau tidur siang bisa menebus tidur malammu yang kurang, tapi kebiasaan ini sebaiknya kamu hindari kalau kamu menderita insomnia. Penting untuk menetapkan dan mempertahankan pola tidur yang teratur dan melatih diri untuk tidur dengan waktu yang konsisten. Percaya deh, tidur siang bisa mempengaruhi kualitas tidurmu di malam hari.

3. Olahraga secara teratur akan membantumu mengatasi insomnia

Photo by Christopher Campbell on Unsplash

Photo by Christopher Campbell on Unsplash via https://unsplash.com

Dengan berolahraga secara teratur, kualitas dan durasi tidurmu pasti lebih baik. Tapi, jangan melakukannya sebelum tidur ya, Dear! Karena berolahraga sebelum tidur bisa memberikan efek stimulan pada tubuh. Setidaknya, kamu sudah selesai olahraga 3 jam sebelum kamu tidur ya!

4. Batasi aktivitas di tempat tidur

Photo by Nicole Wolf on Unsplash

Photo by Nicole Wolf on Unsplash via https://unsplash.com

Tempat tidur hanya untuk tidur! Jadi, kalau kamu menderita insomnia, tidaklah bijak kalau kamu menggunakan tempat tidur untuk menyelesaikan pekerjaan, belajar, atau telfonan. Kalau sudah mendarat di tempat tidur, usahakan untuk menghindari nonton televisi atau main handphone. Semua aktivitas ini dapat meningkatkan kewaspadaan dan membuatmu semakin sulit tertidur.

Advertisement

5. Jangan makan atau minum sebelum tidur

Photo by Artem Labunsky on Unsplash

Photo by Artem Labunsky on Unsplash via https://unsplash.com

Makan atau ngemil larut malam sebelum tidur dapat mengaktifkan sistem pencernaan dan membuatmu tetap terjaga. Kalau kamu menderita gastroesophageal reflux (GERD) atau mulas, kamu harus menghindari makan dan minum tepat sebelum tidur karena ini dapat membuatnya semakin buruk.

Selain itu, terlalu banyak minum sebelum tidur bisa membuat kandung kemihmu cepat penuh sehingga ingin bolak-balik ke kamar mandi. Sudah pasti ini akan mengganggu tidurmu.

6. Buatlah tempat tidurmu senyaman mungkin

Photo by Greg Rivers on Unsplash

Photo by Greg Rivers on Unsplash via https://unsplash.com

Suhu, pencahayaan, dan kebisingan harus dikontrol untuk membuat kamar tidurmu kondusif untuk tidur. Buatlah tempat tidurmu senyaman mungkin dan kalau kamu biasa tidur bersama hewan peliharaanmu, pertimbangkan untuk membiarkannya tidur di tempat lain. Ini bisa mengurangi kemungkinan terganggunya tidurmu karena kebisingan yang dibuatnya.

7. Jangan membawa kekhawatiranmu ke atas tempat tidur

Photo by Yohann LIBOT on Unsplash

Photo by Yohann LIBOT on Unsplash via https://unsplash.com

Kalau sebelum tidur kamu masih sibuk memikirkan apa yang harus kamu lakukan besok.

Sebaiknya kamu tidak melakukannya lagi. Kamu bisa melakukannya setelah makan malam mungkin untuk membuat rencana apa yang akan kamu lakukan besok. Lebih baik lagi kalau kamu membuatnya tepat setelah selesai mengerjakan pekerjaanmu hari ini, Dear! Hal ini bertujuan untuk menghindari kamu jadi susah tidur karena kamu sudah mencoret satu set kekhawatiran sebelum tidur.

8. Matikan semua layar, setidaknya satu jam sebelum tidur

Photo by Doğukan Şahin on Unsplash

Photo by Doğukan Şahin on Unsplash via https://unsplash.com

Semua layar elektronik seperti TV, handphone, laptop, dan lainnya memancarkan cahaya biru yang bisa mengganggu produksi melatonin tubuh dan memerangi kantuk. Jadi, daripada menonton TV atau main sosial media, kamu bisa memilih aktivitas santai lainnya seperti membaca buku.

9. Jangan ragu untuk mendapatkan saran dari ahlinya

Photo by humberto chavez on Unsplash

Photo by humberto chavez on Unsplash via https://unsplash.com

Kalau kamu sudah coba berbagai cara tapi tidak ada yang berhasil, jangan ragu untuk mendapatkan saran dari ahlinya. Kamu bisa menghubungi dokter agar bisa mendapatkan alat bantu atau suplemen tidur, seperti melatonin, yang bisa membantumu mengatasi insomnia.

Nah, itu dia 9 cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi insomnia. Selain cara-cara itu, ada cara lain yang bisa kamu lakukan lho, Dear. Yaitu dengan meditasi!

Beberapa penelitian telah menyatakan bahwa meditasi bisa membantumu mendapatkan tidur yang lebih baik dan berkualitas! Kalau kamu penasaran bagaimana meditasi bisa membantu mengatasi insomnia, kamu bisa menggunakan fitur meditasi Riliv, Cerita Lelap, yang bisa membantumu tidur lebih baik. Jangan khawatir karena skrip meditasinya berbahasa Indonesia. Coba aja, Dear!

 

Referensi:

  1. https://www.webmd.com/women/guide/insomnia-tips
  2. https://www.sleepfoundation.org/articles/how-conquer-insomnia
  3. https://www.helpguide.org/articles/sleep/insomnia-causes-and-cures.htm

Ditulis oleh Ayu Yuni Afifah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE