Berastagi adalah panorama alam pegunungan khas Sumatera Utara. Udaranya sejuk ditambah tanaman-tanaman di sana membuat kita tertarik untuk berkunjung ke sana. Apalagi pada saat musim liburan! Pikiran penat selama bekerja bisa hilang berkat alamnya yang indah.

Jangan lupa! Jika berkunjung ke Berastagi, ciciplah makanan khas daerah tersebut. Sebelum kujelaskan apa makanannya, biar aku jelaskan Berastagi itu daerah suku Karo yang pastinya menyimpan kuliner yang khas dan mengungah selera. Apa sih makanan khas daerah Berastagi?

1. Babi Panggang Karo

Babi Panggang Karo

Babi Panggang Karo via http://fourlook.com

Bagi yang muslim jangan dicoba-coba yah. Makanan ini yang pastinya terbuat dari daging babi. Daging babi di sini diasap dan daging tersebut diberi bumbu dan menghasilkan rasa yang enak. Jangan lupa cocol dengan sambal khasnya yang terbuat dari darah babi yang telah diberi bumbu.

2. Lomok-Lomok

Lomok-Lomok

Lomok-Lomok via http://zomato.com

Kalau nih daging babinya kayak saksang, tapi bedanya ini memakai darah dalam pembuatannya dan dagingnya masih muda. Makanan ini sama disajikan seperti babi panggang. Jika dimakan, lumeran kuahnya sangat mengugah selera. Lebih enak lomok-lomok tuh dicampur sama nasi panas. Mau coba nggak?

3. Trites/Pagit-Pagit

Advertisement

Kalau ada sedikit ekstrim, coba nih makanannya. Makanan ini pasti membuat muntah karena terbuat dari isi lambung sapi. Tapi tenang aja! Belum jadi feces ya. Dalam tuh makanan sisa-sisa makanan sapi yang jelasnya berisi dedadaun yang sudah dimamah karena proses percernaan. Nggak bau? Kagaklah! Ada kok cara membuatnya supaya tidak bau dan tetap terjaga cita rasanya.

4. Cimpa

Kalau ini sih kue lepet khas Karo! Makanan ini selalu ada pada saat pesta adat Karo terutama pesta tahunan. Kue ini sendiri terbuat dari beras ketan, gula merah, dan isi parutan kelapa. Lumeran gula merah yang diisi parutan itu membuat kalian bakal selera memakannya. Manis lho rasanya!

5. Ayam Cipera

Makanan ini juga asyik lho! Bahan dasarnya terbuat dari ayam kampung dan tepung jagung yang telah menjadi kuah kental. Dicampur bumbu-bumbu pelengkap, makanan ini sangat enak disantap. Pedas manis itulah rasanya karena dicampur ama bumbu-bumbu pendukung dan tepung jagung yang mengugah selera.

6. Tasak Telu

Advertisement

Tiga masakan dalam satu menu, itulah tasak telu. Makanan ini terdiri atas ayam yang berupa darah ayam, daun singkong, dan parutan kelapa. Makanan ini sama seperti cimpa, selalu ada pada acara adat suku Karo. Jangan lupa dalam pelengkap kuah Tasak Telu, air rebusan daging ayam.

7. Kidu-Kidu

Satu lagi makanan ekstrem dari sini, kidu-kidu. Makanan ini benar-benar merasa jijik kalau awal melihatnya. Kenapa bisa begitu? Karena makanan dasar ini adalah ulat sagu. Tapi tenang aja! Makanan ini nggak sejijik apa yang kita kira. Ulat sagu dalam kidu-kidu yang pasti udah dibersihkan. Kemudian diberi bumbu-bumbu yang membuat kidu-kidunya mengugah selera. Dalam penyajian, bisa digoreng maupun di kuah. Yang penting, yang mana lebih selera.

Mau coba? Silahkan datang ke rumah makan tersebut. Gampang lho dijumpai. Jangan lupa, pakai pakaian hangat ya jika merasa dingin di sana.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya