Diabetes merupakan penyakit yang mematikan dan menjadi momok mengerikan bagi kebanyakan orang. Bahayanya lagi penyakit ini bisa menurun ke generasi selanjutnya jika orang tua kita memiliki diabetes, yang terjadi kita lebih berisiko terkena diabetes juga apabila tidak menjaga pola makan. Diabetes tidak hanya menyerang orang tua, namun mereka yang masih tergolong muda pun terkadang bisa terkena penyakit mengerikan ini.

Namun, risiko penyakit diabetes dapat diturunkan dengan menjaga pola makan dan menjalankan pola hidup sehat. Ya diabetes memang sangat berkaitan dengan makanan dan minuman yang kita makan. Nah bagi Anda yang memiliki sejarah diabetes di keluarga Anda atau bagi siapa saja yang ingin menghindari penyakit mengerikan ini, berikut ini daftar makanan yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

1. Oatmeal

Ngga cuma buat penderita diabetes, oatmeal sehat buat semua orang

Ngga cuma buat penderita diabetes, oatmeal sehat buat semua orang via https://obatdiabetes.co.id

Oatmeal memang banyak direkomendasikan oleh ahli kesehatan menjadi pengganti sumber karbohidrat. Karena selain mengandung karbohidrat kompleks yang bisa membuat kita kenyang lebih lama, oatmeal juga lebih sehat untuk tubuh kita. Untuk kamu yang bosan sarapan dengan nasi terus, bisa coba oatmeal dengan campuran buah-buahan. Oatmeal sangat baik dikonsumsi secara rutin, biasanya oatmeal ini dicampur dengan buah-buahan seperti blueberry, stroberi dan pisang.

2. Sayur bayam

Selain segar, sayur bayam juga menyehatkan

Selain segar, sayur bayam juga menyehatkan via https://desakabut.com

Nah sayur yang satu ini pasti sering kamu makan kan? Ya, menurut penelitian sayur bayam memiliki kandungan lutein yang bagus untuk penderita diabetes, terutama untuk organ mata. Mengolah bayam menjadi sayuran juga cukup mudah.

3. Nasi merah

Nasi merah sebagai pengganti nasi putih

Nasi merah sebagai pengganti nasi putih via https://obatdiabetes.co.id

Advertisement

Nasi merupakan salah satu makanan pokok di Indonesia. Tetapi nasi yang biasa kita makan ialah nasi putih, yang sebenarnya mengandung banyak sekali gula. Nah untuk Anda penderita diabetes atau yang ingin menghindarinya, Anda bisa mengganti nasi putih Anda dengan nasi merah. Nasi merah dikenal lebih rendah gula, namun rasanya sama saja.

4. Daging tanpa kandungan lemak

Daging itu menyehatkan, tapi ingat untuk menghilangkan lemaknya

Daging itu menyehatkan, tapi ingat untuk menghilangkan lemaknya via http://www.recipetineats.com

Penderita diabetes boleh makan daging? Sebenarnya boleh-boleh saja,apalagi daging memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Yang perlu diperhatikan adalah saat mengolahnya, hilangkan semua bagian lemak pada daging. Kemudian saat memasak, jangan gunakan minyak goreng. Akan lebih bagus lagi jiga dipanggang atau direbus.

5. Popcorn tanpa campuran

Nyemil popcorn tawar aman kok

Nyemil popcorn tawar aman kok via http://www.mcnabdistributing.com

Suka ngemil? Nah popcorn bisa kamu konsumi buat ngemil. Tetapi untuk kamu penderita diabetes atau yang memiliki risiko tersebut, lebih baik makan popcorn tanpa campuran karamel, gula atau rasa lainnya, popcorn tawar saja.

6. Ikan laut

Asal pengolahannya tepat, ikan laut juga aman bagi penderita diabetes

Asal pengolahannya tepat, ikan laut juga aman bagi penderita diabetes via http://www.seriouseats.com

Advertisement

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika ikan laut bisa menjadi sumber protein yang sangat baik untuk tubuh manusia, tak terkecuali para penderita diabetes. Yang perlu diperhatikan adalah cara memasaknya, akan lebih baik jika dibakar, dikukus atau dipanggang. Kemudian pilihlah ikan dengan kandungan omega 3 yang tinggi seperti sarden, tuna dan salmon. Harap menghindari ikan yang memiliki kandungan merkuri tinggi seperti tongkol.

7. Tomat

Selain segar, tomat juga cocok untuk penderita diabetes

Selain segar, tomat juga cocok untuk penderita diabetes via https://obatdiabetes.co.id

Tomat memiliki kandungan air yang cukup banyak, tidak salah jika buah yang satu ini bisa diolah menjadi jus yang menyegarkan. Tomat memiliki banyak kandungan bermanfaat, seperti likopen dan lutein yang dapat melindungi ginjal serta pembuluh darah dari kerusakan akibat diabetes. Tidak hanya itu, minum segelas jus tomat setiap hari bisa mengurangi risiko penggumpalan darah akibat diabetes.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya