7 Manfaat Bangun di Pagi Hari Bagi Kesehatan Tubuh, Biar Nggak Mager Terus di Kasur

Manfaat Bangun di Pagi Hari Bagi Kesehatan Tubuh

Banyak orang yang susah bangun tidur, meski sudah memakai alarm tapi tetap saja mata masih ngantuk dan akhirnya tidur lagi sampai siang hari. Penyebabnya beragam mulai dari susah tidur atau sengaja begadang karena seru nonton film drakor atau anime sampai tengah malam. Tentu saja hal ini kurang baik, apalagi tubuh memerlukan setidaknya 6-7 jam untuk istirahat dan bila kita paksakan bisa saja terkena berbagai penyakit mematikan.

Tahukah kamu bahwa ternyata bangun pagi-pagi atau subuh bisa mendatangkan manfaat yang besar bagi tubuh lho. Kamu penasaran? Yuk, simak informasi berikut ini.

Advertisement

1. Mendapatkan udara segar

Photo by Freepik

Photo by Freepik via https://www.freepik.com

Jika bangun dengan giat, kamu akan bisa menghirup udara segar di pagi hari lho. Selain itu, udara segar juga akan memberikan kesegaran bagi tubuh. Berbeda dengan udara siang yang sudah tercampur polusi dan kurang baik untuk sirkulasi pernafasan manusia.

2. Tubuh menjadi segar

Photo by Tirachard Kumtanom from Pexels

Photo by Tirachard Kumtanom from Pexels via https://www.pexels.com

Saat bangun di pagi hari, maka tubuh akan terasa segar karena udara di sekitar kita masih bersih dari polusi. Tentu saja ini menjadi manfaat yang bagus untuk tubuhmu, apalagi jika pada hari tersebut kamu banyak aktivitas yang mengharuskan tubuh tetap vit dan bertenaga.

Advertisement

3. Meningkatkan daya ingat

Photo by Freepik

Photo by Freepik via https://www.freepik.com

Bagi kamu yang seorang pelajar atau pekerja kantoran maka bangun di pagi hari sangat di anjurkan, karena dipercaya bisa meningkatkan daya ingat. Percaya atau tidak, saat pertama kali bangun kamu akan mudah mengingat sesuatu dan ini bisa menjadi awal yang bagus untuk mengawali harimu.

4. Sangat menyehatkan jantung

Photo by Freepik

Photo by Freepik via https://www.freepik.com

Sepeti yang kita ketahui bahwa Jantung adalah organ yang sangat penting bagi manusia. Jantung menjadi titik vital yang harus kita jaga baik-baik yang salah satunya dengan bangun di pagi hari. Udara yang masih bersih dan tubuh yang fresh bisa meningkatkan sistem jantung sehingga terhindar dari berbagai penyakit mematikan.

5. Menjaga kesehatan tulang dengan baik

Photo by Freepik

Photo by Freepik via https://www.freepik.com

Bangun di pagi hari bisa menguatkan tulang lho. Hal ini karena di pagi hari tulangmu akan ada sinar mentari yang mampu memberikan kalium yang mampu menyehatkan tulang dan menghindari pengeroposan tulang. Tentu ini sangat bagus untuk menyehatkan dan menguatkan tulang sehingga tubuh akan semakin sehat.

6. Kulit menjadi awet muda

Photo by Freepik

Photo by Freepik via https://www.freepik.com

Bangun di pagi hari juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Vitamin B yang terkandung di dalam sinar matahari di pagi hari mampu menjadikan kulit kamu awet muda dan terhindar dari berbagai penyakit kulit. Selain itu, kulitmu juga akan semakin kencang dan terlihat lebih muda.

7. Sistem imun akan meningkat

Photo by Freepik

Photo by Freepik via https://www.freepik.com

Udara pagi dipercaya bisa meningkatkan sistem imun karena berguna untuk pembentukan zat antibiodi. Zat inilah yang bermanfaat untuk pembentukan dan meningkatkan sistem imun. Kamu akan terhindar dari berbagai virus dan penyakit sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya adalah seorang yang senang berbagi ilmu dan pengalaman terhadap banyak orang.

CLOSE