Kuliah atau belajar merupakan suatu kewajiban yang dirasakan oleh setiap orang setiap hari kita pasti di tuntut untuk datang ke kampus dan sekolah untuk belajar yang rajin kata mak dan abah kita dirumah, iya kan bro and sis. Kata emak kalau di kampung ane begini, Emak Said :”Rif, Kalau baraja itu ang tolong sungguah sungguah, bia bisa beko dapek karajo nan elok. Beko kalau ndak karajo jo a ang agiah makan anak bini ang, ka diagiah makan rumpuik”(Bahasa Minangkabau dialek Kuranji mix Pasar Ambacang).

 

Bagi bro n sis yang kurang paham artinya begini, Emang Ngomong : “Rif, Kalau belajar sunguh-sungguhlah, biar bisa mendapat pekerjaan yang layak. Agar kelak dapat menafkahi anak dan istri di masa depan. Maka terasa jelaslah di dalam minsdset kita sedari dini selalu ditanamkan bahwa pendidikan merupakan hal yang fundamental dalam hidup.

 

Sesungguhnya tujuan dari kita menuntut ilmu selama ini janganlah kita jadikan pendidikan sebagai sarana untuk mendapat pekerjaan namun jadikanlah pekerjaan kita sebagai aktivitas memperkaya ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan adalah kekayaan yang tiada terkira luasnya. Ia bisa menghasilkan apa pun yang kita inginkan menjadikan diri kita apapun yang kita mau, semua itu bisa kita dapatkan dengan melalui pendidikan.

 

Pendidikan tidak hanya sebatas tatap muka secara formal yang di lakukan di ruangan tertutup saja, jika hanya mengharapkan demikian tentu sangat sempit dan terbataslah pembelajaran yang kita dapatkan selama ini. Sedangkan sesungguhnya di dalam filosofi minangkabau yang terkenal mengatakan “Alam Takambang Manjadi Guru” yang berarti bahwa Alam yang terkembang luas di hadapan kita semuanya bisa kita jadikan itu, apapun itu apakah hanya seperti Padi di sawah, lautan yang luas, kejadian kejadian yang terjadi setiap saat dan lain lain sebagainya adalah guru yang tak ternilai yang bisa kita ambil butir butir nilainya setiap saat.

 

Maka terkenallah hadis nabi yang bersabda “ Tuntutlah Ilmu dari Ayunan hingga ke Liang Lahat” Serta berkata lisan nabi berikuttnya “Tuntutlah ilmu walau hingga ke negeri Cina”. Melihat secara sekilas saja dari dalamnya makna samudra pendidikan maka sebuah keharusan dari kita bahwa hendaknya setiap detik waktu dan nafas kita tidak terbuang sia sia melainkan terbawa juga di dalamnya setiap butiran nilai ilmu dan hikmah yang selalu bertambah.

 

Demikianlah pentingnya pendidikan sebagai suatu keharusan untuk setiap insan yang ingin memproses diri untuk menjadi yang terus lebih dan lebih baik. Tetapi ada persoalan yang dirasakan oleh sebagian orang walaupun telah memahami pentingnya kependidikan namun merasakan ada suatu kendala.

 

Di mana pada proses pengajaran dan kuliah terasa kurang maksimal sehingga waktu yang kita lalui terbuang saja. Hal itu terjadi karena mungkin ada kesalahan dalam beberapa proses pembelajaran, dimana pengaturan sistem dari model belajar kita barangkali ada sedikit yang harus di perbaiki. Mengingat hal tersebut maka penulis akan mencoba memaparkan beberapa hal yang menurut penulis sendiri dan telah dicobakan dalam beberapa pengalaman dan cukup bermanfaat ketika diterapkan.

 

Berikut sembilan tips ampuh dalam memahami pembelajaran dan perkuliahan!!

1. Mencintai apa yang hendak di pelajari !!!

Ketika kita menyukai sesuatu pastilah biasanya kita akan melakukan hal tersebut sepenuh hati karena kita tidak merasa di bebani sebab setiap kita melakukannya kita merasa senang.

Advertisement

 

Untuk contoh sederhananya saat tengah malam pukul 2 pagi ada pertandingan sepakbola dari tim yang kita idolakan, pastilah tentunya kita akan bela belaan untuk bangun di tengah malam demi menonton tim yang kita idolakan tersebut walau harus begadang atau set alarm berkali kali, dan ketika kita lupa maka kita akan merasa sangat rugi dan menyesal. Pada dasarnya semua hal pun bisa demikian apabila kita mencintai sesuatu kita akan berusaha menjadi semaksimal mungkin akan hal yang kita cintai.

 

Advertisement

Begitu pula halnya dalam keadaan belajar, kita harus menyukai dahulu apa yang kita pelajari dengan melihat apa yang menarik dari pembelajaran tersebut seraya terus memahaminya, ketika kita telah menyukai pembelajaran, maka sangat memungkinkan bagi kita untuk antusias penuh dalam proses pembelajaran berlangsung maupun ketika hendak mengerjakan tugas tambahan di luar.

2. Usahakan kondisi fisik dan mental se fresh dan optimal mungkin sebelum kuliah atau belajar

Kondisi fisik dan mental sangat mempengaruhi produktivitas seseorang dalam beraktifitas. Fisik dan mental yang baik akan menunjang aspek positif dalam beraktifitas karena kita memiliki energi tambahan yang banyak.

 

Lain hal ketika sakit, baik sakit dalam keadaan fisik maupun mental, contoh keadaan mental yang sakit seperti sedang bersedih, malas, maupun amarah. Maka kedua hal tersebut akan membuat kita menjadi down dalam melakukan sesuatu termasuk di dalamnya belajar.

 

Oleh karena demikian maka haruslah bagi kita untuk menjaga kedua hal tersebut agar fisik dan mental selalu siap sedia ketika melakukan proses pembelajaran

3. Carilah bahan bahan sebelum belajar atau kuliah

Mencari bahan materi pembelajaran sangat membantu kita dalam memiliki wawasan awal terkait materi hari itu dengan demikian kita sudah memiliki modal dasar ilmu sehingga saat materi tersebut di terangkan kita tidak akan menjadi terpaku atau diam, malahan akan menjadi tertarik memahaminya lebih dalam karena kita membaca dan mengetahui sedikit sebelumnya.

4. Lengkapi semua kelengkapan terkait perkuliahan seperti buku, buku catatan, pena, laptop, dan lain-lain

Masing masing dari kita tentulah pernah mengalami ketinggalan barang barang penting di atas, contohnya buku yang harus dibawa pada hari itu, bahkan ada beberapa materi yang guru atau dosen mewajibkan kita untuk membawanya ketika kita lupa kita akan menerima beberapa konsekuensi seperti menerima tugas tambahan. 

 

Disuruh jemput pulang bahkan diabsenkan pada hari itu apabila kita menemukan pemateri yang memiliki aturan yang tegas terkait kelengkapan saat proses belajar mengajar bersamanya, dan tentunya apabila hal ini terjadi akan sangat menggangu konsentrasi dan fokus kita karena khawatir apabila dosen atau guru menanyakan dan kita akan mendapat konsekuensinya.

 

Maka penting sekali bagi kita untuk memeriksa kelengkapan sebelum hendak menuju kampus agar tidak ada barang penting yang tercecer yang nantinya apabila tercecer akan menganggu konsentrasi dan kenyamanan kita dalam belajar/kuliah. Jangan lupa untuk selalu mengecek di saat hendak istirahat malam dan sebelum berangkat.

5. Usahakan duduk di depan atau dekat dengan dosen

Duduk di depan bukan berarti dalam rangka mencari perhatian, namun karena duduk di depan dapat memudahkan kita untuk fokus ketika materi di terangkan. Posisi duduk di depan akan menghindari kita dari tidur dan mengobrol dengan teman sebangku karena biasanya pemateri akan segera menegur kita apabila demikian.

 

Alhasil kita menjadi lebih fokus dan dapat menangkap apa yang di sampaikan dan ini sudah menjadi rahasia umum bagi rata-rata orang.

6. Mencatat materi ketika di terangkan dengan bahasa sendiri yang mudah dipahami.

Mencatat materi ketika di terangkan saat itu juga membantu kita dalam menuliskan informasi yang akurat dan bahan yang sesuai karena memori kita saat itu masih dalam keadaan yang sangat fresh.

 

Apabila kita kesulitan dalam menulis catatan yang bagus saat diterangkan karena biasanya cepat, kita bisa menulis dengan kertas lain sebelum di rapikan kembali dalam catatan asli kita. Menggunakan bahasa sendiri dapat memudahkan kita untuk memahami kembali materi yang kita catat dan menjadi daya tarik bagi kita untuk membacannya.

7. Perbanyaklah bertanya pada materi yang diterangkan

Bertanya merupakan pertanda bahwa kita sudah sedikit memahami materi, bertanya buka berarti kita kurang namun itulah penanda bahwa kita antusias dalam proses pembelajaran. Dengan bertanya kita dapat melatih mental kita untuk berbicara di depan umum seraya meningkatkan pengetahuan kita.

 

Membantu teman teman kita yang mungkin juga memiliki pertanyaan yang sama namun belum sempat terfikirkan, maka sangat banyak sekali manfaat yang kita yang sering bertanya

8. Jangan lupa buat tugas pada mata pelajaran atau mata kuliah tersebut jika ada tugas sebelumnya

Hal ini akan membantu kita agar lebih fokus pada pembelajaran karena kewajiban sudah terlaksanakan. Membuat tugas hendaknya bisa sesegera mungkin kita kerjakan setelah materi selesai seringkali kita membuat tugas saat besoknya atau hari deadline ini akan membuat kita keteteran.

 

Menjadi kekhilafan kita semua dan juga admin terkait hal ini, maka demi kebaikan kita bersama mari kita ubah kebiasaan ini sedari sekarang.

9. Jangan lupa berdoa

Jangan pernah meremehkan kekuatan doa, kita sebagai umat beragama sangat yakin bahwa manusia hanya mampu berusaha setelah itu Tuhan yang menentukan berdasarkan yang terbaik menurutnya.

 

Berdoa bisa mendekatkan dan memberi kita kekuata spiritual yang lebih, yang mana hal tersebut juga di lakukan oleh orang orang sukses. Marilah kita berdoa di awal dan di akhir pembelajaran, dan di setiap langkah hidup kita agar di berkahi.

 

 

Demikianlah tips yang dapat kami berikan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya