Memiliki kulit sehat dan lembap ideal adalah dambaan banyak orang, terlebih untuk para kaum hawa. Ya, siapa sih yang nggak ingin memiliki kulit yang cetar memesona, jauh dari produksi minyak berlebih atau kekeringan parah sampai suka terkelupas sendiri? Sayangnya, nggak semua orang beruntung dikarunia kulit yang sehat menawan dan bebas masalah (hiks).

Kalau biasanya masalah kulit yang kerap jadi sorotan adalah kulit dengan produksi minyak berlebih, kali ini Hipwee akan mengulas tips untuk membantu mengatasi kulit kering yang seringnya justru diabaikan. Padahal kulit kering apalagi buat penderita dermatitis atopik itu sangat mengganggu, karena nggak hanya sering terasa super gatal dan merah, tapi juga sampai mengelupas dan meninggalkan bekas. Agar nggak lagi kesal dan merasa minder karena kondisi kulitmu, cobain tips-tips ini ya!

1. Stres termasuk salah satu faktor utama pemicu dermatitis atopik atau eksim yang mengganggu. Yuk cari cara agar kamu lebih santai dan bahagia~

Jauh-jauh ya dari stres!

Jauh-jauh ya dari stres! via https://br.freepik.com

Percaya nggak percaya, semakin kamu stres, kulit justru akan semakin bermasalah. Terlebih kalau kulitmu tipe yang super kering dan sensitif akibat kelainan kulit dermatitis atopik. Jadi coba deh alihkan perhatianmu ke hal-hal yang membuatmu lebih bahagia, seperti menjadwalkan waktu khusus untuk me time, rekreasi atau mengerjakan hobi yang mungkin selama ini terlupakan. Semakin bahagia, maka akan semakin sehat pula kulitmu!

2. Melewatkan pemakaian pelembap itu adalah big no-no dalam aturan kesehatan kulit kering dan sensitif. Jangan anggap enteng tentang pelembap dalam hidupmu!

Adem pula di kulit~

Adem pula di kulit~ via http://www.wardahbeauty.com

Suka malas pakai pelembap kulit wajah dan tubuh dengan alasan sibuk, buru-buru atau nggak suka karena meninggalkan rasa lengket? Nggak heran kalau kulitmu bolak balik bermasalah terus. Yuk lebih rajin menggunakan pelembap yang sesuai untuk jenis kulitmu! Agar lebih maksimal, pilih produk dengan bahan-bahan yang sudah terjamin mutunya dan aman digunakan.

Advertisement

Misalnya, untuk menemani aktivitas siang hari kamu bisa pilih Wardah Hydrating Aloe Vera Gel yang lembut menyegarkan plus ampuh melembapkan!

3. Kulit tubuhmu terus-terusan kering dan gatal tak berujung? Bisa jadi pemilihan sabun mandimu keliru tuh!

Kulit kering bisa jadi karena salah sabun mandi!

Kulit kering bisa jadi karena salah sabun mandi! via http://stylecaster.com


Banyak orang beranggapan, mandi yang baik dan bersih itu adalah mandi dengan sabun penuh busa. Ditambah lagi mandinya dengan cairan antiseptik dan pakai air hangat pula. Padahal kalau kulitmu kering, hal seperti ini justru memicu kulit semakin kering dan gatal.


Mandi dengan sabun bebas SLS, kaya pelembap dan minim busa lebih aman buat kulit dermatitis atopik. Selain itu, gatalmu bukan dikarenakan bakteri kok jadi skip dulu pemakaian antiseptik. Mandi dengan air dengan suhu dingin atau sedang lebih baik daripada air hangat atau panas. Investasilah di sabun mandi berkualitas, karena sabun mandi di pasaran rata-rata kurang cocok untuk kulit sensitif.

4. Jangan cuek makan semua makanan, guys! Bisa jadi pemicu dermatitismu bolak balik kambuh adalah alergi yang kamu derita

Meski enak, tetap harus dihindari buat yang alergi!

Meski enak, tetap harus dihindari buat yang alergi! via https://eversley-training.co.uk

Advertisement

Bolak balik mengalami alergi kulit, seperti kulit gatal, merah dan panas? Sebelum semakin mengganggu, coba deh lakukan tes alergi agar kamu tau pemicu alergimu!

5. Hindari terpapar suhu ekstrim, misalnya terlalu panas atau dingin. Jangan takut dibilang lebay, toh ini memang sudah jadi kebutuhan kulitmu

Cuaca yang sejuk dan lembap itu paling pas buat kulitmu

Cuaca yang sejuk dan lembap itu paling pas buat kulitmu via https://thoughtcatalog.com

Meski mungkin bakal suka dibilang lebay, faktanya kulit dermatitis atopik atau eksim memang lebih sensitif terpapar suhu ekstrim. Jangan heran kalau pas cuaca panas atau super dingin, kulitmu jadi super kering dan gatal. Jangan pernah digaruk ya, guys!

6. Coba lebih selektif lagi memilih bahan busana yang kamu kenakan. Kadang busana yang nggak nyaman membuat kondisi kulit lebih buruk!

Pilih yang bahannya longgar dan nyaman ya!

Pilih yang bahannya longgar dan nyaman ya! via https://br.freepik.com

Pilih busana dengan bahan yang adem, nggak ketat, nyaman dan nggak bikin kulit terasa nggak nyaman. Ya, lebih baik investasi pada baju yang berkualitas dan berbahan bagus daripada asal pilih baju murah tapi bahannya terasa panas dan bikin kulit lecet. Lebay? Nggak ada kata lebay buat kulit super sensitif.

7. Terakhir, lebih selektiflah memilih produk apapun, entah itu shampoo sampai peralatan kosmetik. Kalau sudah cocok dengan satu produk, nggak perlu gonta-ganti lagi

Pure Olive Oil dari Wardah bisa jadi pilihan lho!

Pure Olive Oil dari Wardah bisa jadi pilihan lho! via http://www.wardahbeauty.com

Ya, mungkin kamu akan cocok pada produk-produk yang terkadang harganya agak mahal karena bebas bahan-bahan tertentu seperti paraben free, SLS free, fragrance free dan sebagainya. Tapi demi kulit sehat, ya mau nggak mau harus dilakukan. Daripada repot belakangan?Pure Olive Oil dari Wardah bisa jadi pilihan perawatan kulit keringmu

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya