Bersyukur tidak mudah untuk dilakukan, karena penilaian yang bisa diberikan bukan dari perbuatan dan perkataan saja, tapi Tuhan bisa melihat dalam hati kita yang sesungguhnya. Segala cobaan hidup yang terus mengguncang keadaan, membuat kita tidak bisa memberikan rasa syukur yang sepenuhnya. Bersyukur bukan hanya sebagai penghormatan atas kebesaran Tuhan. Inilah alasan mengapa kamu harus menjadi pribadi yang lebih pandai bersyukur:

 

1. Bersyukur Bisa Membuatmu Sehat Lahir dan Batin

Alam Menjadi Sahabat

Alam Menjadi Sahabat via http://www.wafertango.com

Ketika Kamu bersyukur, otomatis semua emosi negatif seperti marah, frustasi, gelisah, khawatir, curiga, iri, dengki dan apa pun yang membuat kamu merasa sengsara akan tersingkir. Rasa syukur juga akan meringankan tubuh kamu dari stres dan nyeri, yang nantinya tubuh dan pikiranmu akan terasa nyaman. Kamu akan mulai memiliki rasa kebebasan, dan kebahagiaan yang tak terbatas.

2. Bersyukur Membuatmu Menjadi Pribadi yang Berkecukupan

Bersyukur terhadap nikmat Tuhan yang dilimpahkan kepadamu saat ini, akan membuatmu merasa berkecukupan terhadap segala sesuatu yang kamu miliki. Bersyukur menghasilkan energi positif yang menarik lebih banyak hal-hal baik dalam hidup. Sedikit atau banyak, bersyukur juga akan menjadikan kita tetap rendah hati dan jauh dari sifat sombong, karena menyadari bahwa semua yang ada pada diri kita sekarang adalah pemberian Tuhan semata.

3. Karena Masalah Tak Ada yang Abadi

Mengecilkan masalah

Mengecilkan masalah via http://annida-online.com

Masalah yang kamu hadapi di dunia ini tak ada yang abadi. Karena semua akan kembali pada Sang Yang Memiliki. Jadi untuk apa kamu terpuruk terlalu lama dalam duka, masalah itu untuk dihadapi dan diselesaikan, bukan untuk diratapi.

Jadi, alangkah baiknya untuk mensyukuri semua hal baik dalam hidup, bukan?

4. Nikmatilah Hidup yang Hanya Satu Kali

waktu adalah uang

waktu adalah uang via http://uang1000.com

Apa yang ada di benakmu ketika mendengar kalimat "Hidup hanya sekali"?

Tentu sebagian dari kita mencoba memanfaatkan waktu yang ada dengan melakukan hal-hal yang sekedar memuaskan rasa penasaran, kepuasan sesaat dan akhirnya secara tidak sadar waktu yang ada pun habis dengan hal yang sia-sia. Mencoba segala hal yang ditawarkan dunia karena pemahaman bahwa hidup hanya satu kali dan merasa tidak ingin adanya penyesalan karena melewatkan kesempatan untuk mencoba sesuatu.

Sebagian dari kita juga ada yang mencoba hal yang berbeda untuk mengisi kehidupan. Bagi sebagian orang, kesempatan hidup hanya satu kali pun akan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Menggunakan kesempatan tersebut dengan melakukan hal-hal positif dan membangun kehidupan pribadi yang lebih baik.

Menyadari akan waktu yang terbatas dalam dunia ini, mendorong diri untuk melakukan sesuatu yang berarti sebelum meninggalkan dunia untuk selamanya. Juga menyadari bahwa kesempatan hidup yang diberikan oleh Sang Pencipta, membuat seseorang memaknai setiap waktu dalam hidupnya dengan cara bersyukur.

Tuhan telah memberikan satu kali kesempatan hidup yang luar biasa. Tinggalkan semua keburukan, kekhawatiran, emosi negatif, kecemasan, frustrasi yang berasal dari masa lalu dan hadapi kenyataan saat ini. Mulai saat ini, jangan sia-siakan hidupmu dengan menyesali masa lalu. 

5. Karena Sesuatu yang Indah Harus Dikenang dan Dihargai

Mensyukuri setiap hal yang indah yang pernah terjadi dalam hidup, membuat anda lebih mampu menghargai karunia Tuhan, karena mengenang memori yang indah membuat hidup anda lebih berwarna. Tak perlu menghapus semua kenangan buruk dan negatif, cukup dengan menghidupkan kembali kenangan terbaik yang pernah Kamu alami mampu membuatmu pribadi yang lebih pandai bersyukur. Hal ini secara efektif membuat Anda lebih bahagia.

Bersyukurlah selama nyawa masih dalam raga. Selama darah masih menetes dan selama jantung masih berdetak. Karena pada hakekatnya semuanya berasal dari Sang Ilahi Rabbi. Semoga bermanfaat. 

 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya