Alasan Mengapa Seorang Ibu Bisa Menjadi Sosok Wanita yang Kuat

Zaman maling kundang sudah lewat, namun tak tahu mengapa masih ada yang suka mengecewakan ibunya sendiri. Mungkin memang tak menyakitinya seperti malin kundang yang durhaka, melainkan dalam rasa amarah, kekecewaan, tak peduli maupun perhatian, dan sejenisnya yang sering diterima oleh ibu. Tapi tahukah kamu bahwa dia adalah sosok wanita kuat, bahkan bisa melebih dari laki-laki.

Menjadi seorang ibu adalah “pekerjaan” yang menakjubkan. Memang sulit untuk mengetahui apa yang membuat seorang ibu menjadi kuat. Mungkin hal itu ada di dalam dirinya karena sifat bawaannya, caranya dulu dibesarkan, atau fakta bahwa dia harus mengatasi hambatan tertentu dalam hidupnya. Apapun penyebabnya, seorang ibu yang kuat harus kita sayang, kita jaga, dan jangan sekalipun kamu menyakitinya.

 <>1. Mungkin begini persepsi seorang ibu yang kuat.
Mungkin begini persepsi seorang ibu yang kuat.

Mungkin begini persepsi seorang ibu yang kuat. via https://jennystorment.com

Seorang ibu yang kuat tak mudah “roboh” dengan cobaan dihadapinya. Meski anak-anak dan suaminya tak ada di sampingnya ketika itu, ia tetap mampu berdiri sendiri untuk memastikan semua baik-baik saja. Namun walaupun anak dan suaminya tak ada, jangan disalah artikan sebagai bentuk kurangnya rasa empati.

Terkadang, karena diasumsikan seorang ibu menjadi sosok yang kuat, dia sering dianggap tak memiliki kemampuan dengan penuh kasih untuk memahami anak-anak atau suaminya. Kekuatan seorang ibu dapat berasal dari kemampuannya untuk merasa intens terhadap anak-anaknya.

Ibu seperti memiliki bakat untuk selaras dengan ketakutan, duka, kesedihan, dan hal buruk yang menimpa anak-anaknya. Itu semua bisa memberikan seorang ibu layaknya “bahan bakar” untuk tetap berada di samping mereka dan memastikan semuanya baik-baik saja. Inilah pula yang mengajarkan anak-anaknya untuk mulai belajar menghadapi situasi sulit dalam hidupnya nanti.

<>2. Ibu yang kuat sering diasumsikan dengan hubungan dirinya kepada anak perempuannya.
Ibu yang kuat sering diasumsikan dengan hubungan dirinya kepada anak perempuannya.

Ibu yang kuat sering diasumsikan dengan hubungan dirinya kepada anak perempuannya. via https://www.heartwoodtribe.com

Banyak yang mengasumsikan bahwa ibu yang kuat akan “berbenturan” dengan anak perempuannya. Hal ini sebenarnya belum tentu demikian. Seorang ibu dengan kekuatannya tahu bagaimana untuk membimbing dan mengarahkan putrinya ke arah yang positif, tanpa ada konfrontasi maupun paksaan.

Seorang ibu dengan kekuatan batin mampu menghormati batas-batas antara dirinya dengan putrinya. Dia juga tahu bagaimana cara memberikan putrinya “ruang” yang dia butuhkan untuk tumbuh menjadi mandiri dan independen.

<>3. Seorang ibu yang kuat memiliki pengaruh besar dalam pola berpikir, keyakinan, dan karakter batin putrinya.
IBu yang Kuat

IBu yang Kuat via https://www.calierose.com

 Anak perempuan sering meniru perilaku ibunya. Ini mungkin disebabkan karena dia ingin menyenangkan hati ibunya. Ini berarti, bahwa di mana posisi seorang ibu saat melakukan dan mengatakan  sesuatu, bisa memiliki efek langsung terhadap perilaku putrinya.

Sehingga ketika seorang ibu meyakini nilai-nilai tertentu seperti kejujuran, kepercayaan, dan rasa hormat, maka kemungkinan besar putrinya akan menginternalisasikan nilai-nilai itu dan mereka akan menjadi bagian dari siapa dirinya.

Ketika ibu percaya pada sebuah prinsip misalnya, “Perlakukan orang lain, seperti kamu ingin mereka memperlakukanmu.” Kemudian ibu akan memproyeksikan prinsip ini kepada putrinya dengan kekuatan dan keyakinannya.

<>4. Bagaimana cinta yang kuat dari seorang ibu kepada anak-anaknya.
Bagaimana cinta yang kuat dari seorang ibu kepada anak-anaknya.

Bagaimana cinta yang kuat dari seorang ibu kepada anak-anaknya. via https://www.okchicas.com

Ketika ibu bisa menjadi sosok yang kuat, biasanya dia didorong oleh rasa cinta yang mendalam kepada anak-anaknya. Dia sangat kuat karena dia tahu bahwa anak-anaknya membutuhkan dia untuk menjadi “batuan padat” yang bisa diandalkan hari demi hari. Namun, ketika seorang ibu merasa bahwa putrinya salah memahami niat baiknya, dia bisa saja menjadi rapuh dan kecewa terhadap dirinya sendiri.

<>5. Bagaimana cara seorang ibu berhubungan dengan perjuangan anaknya sehari-hari.
Bagaimana cara seorang ibu berhubungan dengan perjuangan anaknya sehari-hari.

Bagaimana cara seorang ibu berhubungan dengan perjuangan anaknya sehari-hari. via https://hellopinecone.com

Seringkali anak perempuan memiliki masalah, misalnya ketika dengan pacarnya. Dalam keadaan seperti ini, seorang ibu bisa bertindak dengan cepat dan efektif. Dia tahu apa yang salah dengan anaknya, meski anaknya tak mengatakan kepadanya.

Dia akan duduk dan memberikan semua yang dibutuhkan putrinya. Dia bisa membantu putrinya untuk menjadi kuat seperti dia, dan berdiri untuk dirinya sendiri. Seorang ibu yang kuat akan mengajarkan putrinya bagaimana membangun kekuatan untuk diri sendiri.

<>6. Ibu yang kuat adalah sesuatu yang memiliki “nilai” untuk kita hargai.
Ibu yang kuat

Ibu yang kuat via https://lorettajos.com

Ini adalah sebuah kehormatan bagi seorang anak ketika tumbuh di sebuah rumah bersama sosok wanita tangguh. Jadi, selalu berikan yang terbaik bagi ibumu dan jangan pernah sekalipun menyakiti serta membuatnya kecewa.lebih baik di buat menangis 1 kali olehnya daripada membuatnya menagis seumur hidupnyaa .

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tulisan Memang Tak Selalu Dari Pengalaman ,SEMOGA BERMANFAAT TULISANNYA

3 Comments

  1. Arpan berkata:

    Dia adalah ketika aku murka kepadanya, maka sama dengan membuat murka Tuhan, yang ketika aku bilang “ah” maka sama dengan medurhakainya. Bahkan, terkadang aku selalu mendahulukan teman wanita yang kasih sayangnya belum tentu abadi, padahal darinya kasih sayang tidak pernah mati….. https://www.itsme.id/maafkan-kami-yang-selalu-saja-mendurhakaimu/

CLOSE