Berdandan demi menunjang penampilan memang merupakan hak setiap orang, khususnya para cewek. Nggak cuma pakaian dan aksesorinya yang begitu marak, menggeluti sekotak peralatan make up juga nggak boleh luput dari rangkaian persiapan mereka sebelum keluar dari kamar. Dan hal ini sudah menjadi semacam budaya yang mengakar secara global, nggak cuma di kalangan cewek-cewek Indonesia.

Nah, berbicara soal dandan dalam konteks rias wajah alias make up, rasanya kurang afdal kalau kita nggak melihat pada generasi (cewek) muda zaman sekarang sebagai topik yang layak untuk 'diluruskan'. Pasalnya, saat ini nggak jarang kita melihat betapa cewek-cewek muda tampak lebih tua daripada umurnya berkat make up-nya yang mereka pilih. Bukannya hendak mendeskreditkan mereka, tapi selain gara-gara make up, apa penyebabnya dong? :)

1. Masalah kecantikan memang sangat krusial bagi sebagian besar cewek. Sejuta alasan ada dalam pikiran mereka ketika memandangi sebuah kaca

Nadira Adnan dan sang ibu

Nadira Adnan dan sang ibu via https://www.instagram.com

Berbagai alasan selalu menjadi gerbang utama sebagian besar cewek ketika ditanya kenapa harus berdandan setiap kali mau pergi atau bahkan saat hanya berdiam diri di rumah. Sementara, alasan utama bagi mereka yang memiliki pasangan, jelas pengen membuat cowoknya bangga dengan ceweknya karena ia tampil cantik. Selain itu, mereka juga berharap cowoknya nggak main mata dengan cewek lain yang jauh lebih cantik dari dirinya. Paling nggak, dua hal inilah yang menjadi alasan kenapa cewek begitu getol dalam berdandan.

Sejatinya, jutaan alasan akan mereka kerahkan setiap kali kita menanyakan masalah dandan yang selalu menghabiskan waktu itu. Ada saja alasannya. Cowok, sabar, ya. :")

2. Coba deh perhatikan kembali lingkaran di media sosialmu. Pasti kamu sering menemukan foto cewek yang tampak lebih tua dari usia sebenarnya

cewek-cewek cantik

cewek-cewek cantik via https://www.instagram.com

Advertisement

Seiring berkembangnya teknologi, banyak orang yang mengunggah momen mereka ke media sosialnya, khususnya Instagram, dengan berbagai tujuan. Dari sana pasti kamu kerap menemukan foto cewek-cewek cantik yang beredar di lini masa medsosmu—atau kamu mencarinya sendiri. Nah, kalau kamu jeli, kamu pasti akan menemukan kejanggalan dari foto-foto mereka (khususnya mereka yang ber-make up). Ya, nggak jarang mereka yang belakangan disebut selebgram itu akan tampil cantik-maksimal, alhasil mereka membutuhkan make up demi hasil foto yang menakjubkan.

Sayangnya, nggak sedikit juga dari mereka yang justru 'tersesat' dalam pemikirannya sendiri bahwa make up—yang menurut saya berlebihan itu—akan membuat dirinya semakin cantik. Padahal, itu hanya akan membuat wajah mereka terlihat tampak lebih tua dari umur mereka. Nah, kasus seperti ini, pasti sering kamu temukan, bukan?

3. Menunjang penampilan, terlebih selebritas, memang diperlukan demi tampil maksimal di layar kaca. Tapi kalau berlebihan, buat apa?

warganet bilang Aurel lebih tua dibanding tiga wanita di sebelah kirinya

warganet bilang Aurel lebih tua dibanding tiga wanita di sebelah kirinya via https://www.instagram.com


“Saya tidak habis pikir kalau ada perempuan mau (datang) ke acara, habis sejam (dandan). Tidak habis pikir saya … Anda mau cantik, boleh. Tapi kalau ngabisin waktu, then what?” Susi Pudjiastuti


Advertisement

Iya sih, demi tampil maksimal di layar kaca (TV maupun media sosial), mereka membutuhkan make up demi penampilan ciamik mereka, tapi kalau berlebihan, buat apa? Daripada mereka menuai komentar pedas dari warganet karena wajah mereka yang tampak lebih tua seperti Aurel Hermansyah, alangkah baiknya kalau ber-make up sewajarnya dan senatural mungkin saja. Bukankah make up natural juga sudah cukup buat cewek?

Sebagai catatan dari menteri Susi Pudjiastuti, rasanya memang setiap cewek nggak perlu berlebihan dalam berdandan deh. Pasalnya, sebagian besar cewek selalu menghabiskan waktu untuk berkutat dengan meja riasnya.

4. Seperti beberapa nama selebritas ini, pasti kamu mengira usia mereka sudah berkepala tiga atau malah lebih

beberapa selebritas yang dikira tua

beberapa selebritas yang dikira tua via https://www.instagram.com

Ya, dari sekian banyak selebritas muda yang tengah naik daun, ada beberapa di antaranya yang kerap menyita perhatian publik, khususnya warganet. Pasalnya, warganet menilai, mereka memiliki wajah yang nggak sesuai dengan usianya. Bahkan, nggak sedikit juga orang yang mengira bahwa para selebritas ini sudah berumur, padahal masih begitu belia. Sebut saja Aurel Hermansyah (1998) yang beberapa kali mendapat serangan dari warganet di akun Instagram-nya. Ada juga nama Nikita Willy (1994), Tatjana Saphira (1997), Ariel Tatum (1996), hingga Selena Gomez (1992).

5. Konon, make up yang berlebihan justru bisa membuat wajah dan kulit menjadi nggak sehat. Harusnya cukup dengan tidur, olah raga, dan jaga pola makan saja

Banyakin jalan-jalan juga. :p

Banyakin jalan-jalan juga. :p via https://www.instagram.com

Bertolak dari penggunaan rias wajah para selebgram atau figur publik yang terlihat seperti lebih tua itu, rasanya ada banyak persepsi keliru dari mereka. Bukannya menjadi lebih cantik dan sehat, wajah mereka justru akan mengalami penuaan dini dan efek buruk lainnya. Sebab penggunaan make up yang berlebihan akan berpengaruh buruk pada kulit wajah mereka, seperti orang-orang ini. Seperti dilansir dari laman Hipwee, perawatan wajah dan kulit yang baik itu nggak perlu dengan make up yang berlebihan, olah raga, menjaga pola makan, dan jangan lupa tidur sebelum jam 11 malam.

Jadi, buat kamu para cewek yang nggak pengen terlihat jauh lebih tua dari usiamu sebenarnya, masih mau berias diri dengan berlebihan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya