Keindahan alam tempat wisata di Lombok yang paling menarik menawarkan pengalaman wisata yang unik dan berkesan. Wisata Lombok merupakan salah satu lokasi wisata di Indonesia yang populer. Reputasinya telah diakui oleh dunia internasional. Betapa indahnya pantai di Lombok, dengan panorama yang bisa Anda lihat saat matahari terbit maupun terbenam. Mengunjungi sejumlah tempat wisata di Lombok Anda akan dapat menemukan ombak ganas yang memacu adrenalin. Apa saja tempat wisata di lombok yang paling menarik wisatawan?

1. Pantai Kuta Lombok

Panorama Lombok via http://www.lihatwisata.com

Ini bukanlah pantai Kuta di Bali, melainkan pantai yang ada di arah selatan Kepulauan Lombok. Pantai Kuta Lombok merupakan salah satu tempat yang menarik di Lombok. Secara geografis daerah ini dikelilingi oleh perbukitan. Selain itu, Pantai Kuta Lombok mempunyai pasir pantai yang putih. Sayangnya pantai Kuta Lombok belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.
Pantai Kuta di Lombok dekat dengan Desa Kuta, lokasinya pun tak jauh dari Bandara Internasional Lombok. Untuk sampai ke Pantai Kuta Lombok jika dari kawasan Senggigi akan memakan waktu sekitar 1.5 jam. Anda akan melintasi Kota Mataram agar sampai di Pantai Kuta Lombok.

2. Pantai Senggigi

Pesona Pantai Senggigi Lombok via http://wisatawan.com

Menjadi tempat wisata di Lombok yang paling populer. Pantai Senggigi di Lombok mempunyai keindahan pantai yang mempesona. Banyak wisatawan luar yang mengunjungi pantai ini. Memiliki garis pantai yang panjang dan tegas, Pantai Senggigi Lombok memperlihatkan gradasi warna dari pasir pantai hitam ke putih. Dengan perairan ombak yang tidak besar, bersih, dan jernih. Inilah yang membuat Pantai Senggigi Lombok menjadi tempat wisata favorit bagi wisatawan mancanegara.

Advertisement

Turis yang berkunjung ke tempat ini lebih senang menghabiskan waktunya dengan berenang, berjemur, snorkeling, dan bermain di tepi pantai.

3. Desert Point Lombok

Simbol dari Desert Point Lombok via http://initempat.com

Desert Point Lombok adalah salah satu tempat surfing di Lombok yang harus Anda kunjungi khususnya para penikmat surfing atau peselancar. Desert Point di Lombok ini telah dinobatkan sebagai salah satu dari 10 tempat surfing yang memiliki ombak terganas versi International surfing Association. Apabila Anda merasa tertantang untuk berselancar di Desert Point, maka Anda bisa menuju tempat ini dengan menggunakan kapal Ferry dari Bali dan melaju ke pelabuhan Lembar di Lombok. Desert Point, biasanya disebut sebagai Bangko-Bangko oleh masyarakat setempat,
Jika telah sampai di Pelabuhan Lembar, Anda harus menggunakan kendaraan travel atau mobil sewaan untuk bisa sampai ke Desert Point Lembang dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

4. Gunung Rinjani

Pemandangan dari kawah Gunung Rinjani via http://lihatwisata.com

Gunung Rinjani merupakan tempat wisata di Lombok yang resmi ditetapkan sebagai taman nasional, yaitu sebuah ekosistem alam yang dilindungi pemerintah Indonesia dengan iklim hutan hujan pegunungan dan savana. Gunung Rinjani berada di Pulau Lombok bagian Utara dan sebagai gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dibawah deretan Gunung Kerinci.

Gunung Rinjani mempunyai kawah yang luas dan terdapat danau kawah bernama Danau Segara Anak. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, bila Danau Segara Anak terlihat luas oleh orang yang melihatnya, maka itu pertanda bahwa usia orang tersebut masih panjang, begitu pun Sebaliknya. Danau ini juga bisa digunakan sebagai tempat memancing.

5. Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan

3 pulau Gili Lombok yang sangat populer via http://anekawisata.com

Disebut sebagai tiga pulau eksotis di Lombok dan menjadi salah satu tujuan wisatawan mancanegara. Gili Trawangan berada di bagian barat Lombok, air lautnya terlihat bening dan jernih dengan pasir putih yang bersih, dikelilingi terumbu karang, serta berbagai jenis ikan hias. Tempat wisata di Lombok yang satu ini tentunya didukung dengan fasilitas publik yang lengkap, seperti hotel, penginapan, cafe, restoran, dan tempat ibadah. Dari pelabuhan Lombok, perjalanan menuju 3 gili ini memakan waktu hingga 30 menit.

Gili Trawangan menjadi pulau terjauh di antara ketiga gili. Banyak muda-mudi datang ke Gili Trawangan karena sering diadakan pesta pantai sepanjang malam dengan alunan musik. Sementara itu, Gili Meno merupakan tempat santai untuk Anda yang ingin merasakan ketenangan dan menikmati suasana yang lebih sunyi. Lokasi Gili Meno ini berada diantara kedua gili tersebut. Sementara pulau Gili Air adalah yang terdekat dengan Lombok. Banyak wisatawan datang ke Gili Air bersama dengan keluarga mereka. Gili Air memiliki penduduk lokal yang relatif lebih banyak dibanding gili lainnya.