5 Jenis Perguruan Tinggi yang Ada di Indonesia. Tampak Sama Padahal Sebenarnya Berbeda!

Universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik dan akademi ternyata berbeda lho~

Banyak dari kita tidak menyadari perbedaan jenis perguruan tinggi. Kita menganggap semuanya sama dan paling pentingnya kuliah! Padahal, perlu tahu apa letak perbedaan jenis perguruan tinggi.

Sebelum mengenal jenis perguruan tinggi, harus tahu dulu tiga jenis kelompok pendidikan perguruan tinggi. Adapun tiga jenis kelompok pendidikan tersebut adalah kelompok pendidikan akademik, vokasi, dan spesialisasi. Perbedaan tiga jenis kelompok tersebut adalah pendidikan akademik fokus pada penguasaan ilmu, vokasi fokus pada mengaplikasikan keahlian, sedangkan spesialisasi fokus pada keduanya yang mana para mahasiswanya harus menguasai akademik dulu. Udah tahu jenis kelompok pendidikannya kan? Mari kita bahas jenis perguruan tinggi yang ada.

1. Universitas

Universitas

Universitas via http://unsplash.om

Advertisement

Jenis perguruan tinggi ini menerima berbagai jenis disiplin ilmu. Ada beberapa fakultas dari beberapa disiplin ilmu terdapat pada jenis perguruan tinggi ini.

2. Institut

Institut

Institut via https://pixabay.com

Sama seperti universitas yang terdiri dari beberapa fakultas, institut juga terdiri dari beberapa fakultas. Hanya saja, fakultas pada institut fokus pada satu bidang ilmu saja. Seperti fakultas teknik teknologi industri dan sekolah farmasi pada Institut Teknologi Bandung yang fokus pada bidang ilmu teknologi.

3. Sekolah Tinggi

Sekolah Tinggi

Sekolah Tinggi via https://pixabay.com

Tidak seperti universitas dan institut, sekolah tinggi hanya berfokus pada satu bidang ilmu tertentu saja. Contoh sekolah tinggi adalah STIKes (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan) dan STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara).

Advertisement

4. Politeknik

Politeknik

Politeknik via https://pixabay.com

Sama seperti universitas, politeknik juga terdiri dari beberapa jenis disiplin ilmu. Perbedaannya politeknik berfokus pada pendidikan vokasi.

5. Akademi

Akademi

Akademi via https://pixabay.com

Tidak seperti politeknik yang cakupannya luas, akademi hanya fokus pada satu bidang ilmu saja. Contoh akademi adalah Akademi Keperawatan dan Akademi Pariwisata.

Kesimpulan dari jenis perguruan tinggi adalah universitas, institut, dan sekolah tinggi berfokus pada pendidikan akademik (juga mengadakan pendidikan vokasi). Sementara politeknik dan akademi fokus pada pendidikan vokasi. Selain itu, universitas dan politeknik menyelenggarakan pendidikan berbagai disiplin ilmu sementara jenis perguruan tinggi lain hanya menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu tertentu.

Jadi, sudah tahu perbedaan jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia ini?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Jadilah orang yang bernilai.

CLOSE