Tidur yang nyenyak bisa jadi masalah sulit untuk orang tua baru. Di minggu-minggu awal banyak, namun hanya dalam waktu singkat. Dan karena mereka tidak benar-benar tahu perbedaan antara siang dan malam, kamu akan sering bangun dengan mereka.

Tetapi tidur sangat penting bagi seluruh keluarga — mendapatkan istirahat yang baik membantu kamu lebih fokus dan hadir bersama bayimu, serta membantu meningkatkan sistem kekebalan dan kesehatanmu secara keseluruhan.

Jadi bagaimana orang tua baru bisa tidur lebih baik — dan lebih banyak lagi? Berikut ini beberapa tipsnya.

1. Prioritaskan tidur sebagai perawatan diri

Advertisement

Sangat sulit untuk merawat diri sendiri ketika kamu merawat bayi baru lahir yang rapuh. Luangkan waktu untuk me time adalah salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk diri sendiri dan bayimu.

Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan kemungkinan depresi pascapersalinan. Dan bahkan jika itu tidak parah, kurang tidur dapat memengaruhi suasana hati dan membuat segalanya tampak lebih intens. Jadi berbaik hatilah pada dirimu sendiri, mama, dan cobalah untuk tidur yang kamu butuhkan.

2. Atur ulang dekorasi kamar bunda

coach decor

coach decor via https://coachddecor.com

Apakah kamu hanya mendesain kamar bayi agar nyaman? Lebik baik Bunda juga melalukan hal yang sama dengan mengubah kamar tidur Bunda untuk istirahat dan sekaligus relaksasi. Gunakan aromaterapi minyak atsiri untuk rileksasi. Jika bayimu tidur di keranjang di kamarmu, simpan semua yang  butuhkan untuk mengganti popok di tengah malam dan sesi menyusui tepat untukmu dari gangguan minimal.

3. Pasang monitor video bayi

Advertisement

Bunda pasti capek bolak balik untuk memeriksa buah hati setiap mendengar tangisan atau gumaman. Pasang monitor bayi untuk melihat apa yang sedang dilakukan si kecilmu. Apakah mereka bernafas baik-baik saja? Apakah mereka bersuara atau butuh perhatian Bunda? Monitor video membantu memudahkan mudah pada keselamatan bayimu sehingga kamu memiliki lebih sedikit gangguan utama dari istirahatmu.

4. Nyalakan mesin suara (white noise machine)

White Noise menghalangi suara yang mengganggu dan menghasilkan suara yang menenangkan. Apakah bayimu tidur di kamarmu atau kamar bayi mereka, mesin suara dapat membantu menenangkan mereka untuk tidur, meredam suara-suara dan bantu mereka menenangkan diri mereka sendiri kembali tidur jika mereka bangun.

5. Memulai ritual tidur

Ritual tidur merupakan cara efektif untuk berkomunikasi dengan bayi karena bayi bunda belum bisa membedakan siang dan malam.

Mulai jadwal ritual tidur secara rutin yang khusus untuk Bunda dan bayi. Mungkin mengganti popok dan pakaian tidur segar sebelum makan terakhir dan membacakan dongeng pengantar tidur. Mungkin mandi dan pijat bayi  sebelum Bunda membaringkannya.

Mungkin sulit untuk mengatur jadwal tidur bayi yang baru lahir, tetapi seiring dengan bertambahnya usia bayi, isyarat-isyarat ini dapat membantu bayi untuk tidur lebih nyenyak.

6. Dukungan suami sangat penting

ayah dan bayi

ayah dan bayi via https://www.pexels.com

Suami Bunda pasti ingin membantu. Namun kebanyakan para suami bingung mulai dari mana. Jadi biarakan berdua tentang berbagi tugas. Tentukan siapa yang bangun di malam hari dan kapan. Jika satu pasangan memikul beban malam lebih banyak, mungkin yang lain memberikan istirahat di siang hari agar pasangannya bisa beristirahat.

Saat Bunda tidak sedang menjaga bayi, pakailah masker mata dan penutup telinga untuk menghalangi cahaya dan kebisingan. Beberapa orang tua bahkan tidur di kamar yang berbeda, jika itu merupakan pilihan, untuk tidur tanpa gangguan. Lakukan apa yang perlu Bunda lakukan sekarang.

 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya