Nggak bosen-bosennya ini para kawula muda berlomba-lomba untuk melakukan diet ketat. "Nggak ngerti deh aku". Terutama para ladies nihh. Hari gini mah asal ada kemauan, niat dan usaha mah gampang. Banyak banget deh yang dilakuin para ladies agar terlihat lebih berbentuk proporsional. Caranya juga macem-macem dan unik juga. Tapi sekarang kalian nggak perlu ribet deh mikirin keluar biaya banyak buat bisa turun berat badan dalam sebulan. Tapi diinget yah, balik lagi ke awal "asal ada kemauan, niat dan usaha yang keras baru bisa tercapai". Kalian harus bener-bener mengatur pola makan sehat dan kalau laper pada jam makan, ya berharap bisa ditahan sih.

1. Breakfast time

Broetchen DE

Broetchen DE via https://www.instagram.com

Waktu breakfast kita biasanya bisa lebih pagi antara pukul 6 atau 6:30 dengan mengkonsumsi nasi, sayur mayur, lauk pauk, susu dan roti. Entah mengapa jika tidak makan nasi, tidak berarti orang itu sedang sarapan. So, Mulai sekarang coba atur ulang jadwal breakfastmu dan atur ulang menu breakfast. Misalnya sebagai berikut:


  1. Schedule: Breakfast time (Waktunya Sarapan). Semula sarapan dilakukan pada pukul 06:00 / 07:30, maka mulai dari sekarang ubah jadwal sarapan dan lakukan pada pukul 07:00 s/d 08:00am. Lakukan secara konsisten dan rutin setiap hari.

  2. Menu Breakfast (Menu Sarapan): Semula sarapan selalu dengan 4 sehat lima sempurna, seperti: Ikan/daging ayam goreng, sayur, sambal, telor, sosis (dalam 1 kali sarapan, sekarang ubah menunya dengan mengganti, a) Roti (gandum) panggang + selai/Madu + mineral water/orange juss/Susu (which one do you like? Choice one, atau pilihan kedua, b) Rebusan brokoli/ rebusan telor/rebusan sayur-sayur (yang kaya akan vitamin), bisa kamu tambahkan garam/merica/sambal secukupnya + mineral water, atau pilihan ketiga dan c) choco crunch + milk.

Advertisement

Pasti setelah beberapa jam selepas kamu sarapan. Siap-siap mendengar demonstrans perut berkeluh kesah. Abaikan dan tahan untuk cemal cemil gorengan ya. Kalian bisa nyemil-nyemil sehat. Misalnya: Konsumsi buah-buahan, itu juga ngenyangin kok

2. Lunch time

Udah kerja setengah hari. Makan sarapan di jam sangat pagi. Istirahat siang gunakan waktu kalian untuk Lunch time. Iya dong secara masih setengah hari lagi beraktivitas di luar. Daripada kelaperan kurang asupan. Sementara apa yang bisa kalian lakuin di waktu-waktu begini? yang pergi ke kantin lah, atau ke foodcourt. Tapi tetep harus juga dijaga waktu dan menu lunchnya.


  1. Mungkin jamnya akan selalu bergeser. Mungkin akan lebih cepat atau kendor dikit. Tapi usahakanlah waktu makan siang harus konsisten setiap harinya ya.

  2. Menu makan siang, kalian bisa mengkonsumsi nasi dengan takaran tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Nasi putih bisa diganti dengan nasi merah. Kemudian lauknya bisa kalian makan seperti: sayur sop atau sayur bening, dan makanan yang mengandung rendah lemak (usahakan tidak terlalu sering mengkonsumsi santan, makanan yang mengandung minyak, kolesterol dll). Kalian juga bisa makan kentang goreng (tapi jangan keseringan, maximal 2 kali dalam seminngu), Salad sayur/salad daging (grilled).

Advertisement

Cukuplah yah makanan pilihan diatas untuk mengisi asupan untuk perut, biar nggak keroncongan disela-sela aktivitas kalian.

3. Dinner time

Pulang sekolah atau pulang kerja, sudah seharian full tohh aktivitas yang dilakukan. Tapi kalian jangan lupa makan malam ya. Karena ini juga merupakan bagian paling terpenting yang nggak boleh dilupakan & ditinggalin, masa udah banyak aktivitas berat nggak makan apa kata cacing-cacing diperut haha. So, bergegaslah ke dapur untuk mengisi perut. Let's take a dinner! It's dinner times.


  1. Jadwal makan malam, yang tadinya jam 18:00 pm atau diatas jam 18:30 sebaiknya kamu majukan jam makan malamnya deh. Kamu lakukan rutin pada sebelum jam 17:00. Ini juga sangat baik dilakukan karena berkaitan dengan tubuh memproses dan mencerna asupan makanan.

  2. Menu yang bisa kalian makan beraneka macam: bisa berupa kacang-kacangan, oat, buah-buahan, susu + roti, choco crunch +susu, yoghurt. Menu-menu ini kalian bisa rolling setiap harinya. Biar nggak bosen begitu-begitu aja.

4. Jangan minum minuman yang berkalori

Minuman Sehat Berkalori

Minuman Sehat Berkalori via https://www.google.co.id

Alternatif ini bisa kalian lakukan. Kalian bisa mendapat asupan kalori dari minuman bersoda, jus pagi, dan wine dalam gelas besar saat makan malam. Namun, pilihlah air putih dengan disertakan potongan buah-buah segar seperti mentimun, lemon, atau mint untuk menyimpan kalori penting.

5. Istirahat yang cukup

Sleeping times

Sleeping times via https://www.google.co.id

Kurang tidur bisa menyebabkan kalian makan lebih banyak sepanjang hari dan tak memiliki cukup memiliki energi untuk berolahraga. Jadi pastikan kalian mendapat 9 jam tidur setiap malam perharinya. Hal ini merupakan salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan.

So, itu tips yang bisa disampaikan. Jika kalian tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Kalian bisa menyempatkan untuk berjalan kaki minimal 30 menit atau 1 jam dalam sehari itu sangat membantu. Catatan lainnya yang harus kalian catat adalah kalian bisa aja mengganti makan makanan berlemak 1 hari dalam seminggu.

Misalnya kalian makan setiap hari makan makanan yang mengandung banyak lemak atau bersantan. Lalu kalian alihkan ke satu hari (sabtu atau minggu, anyway pilih salah satu) weekend. Secara dong, pengennya jajan ini itu. Ngiler banget kalau liat orang-orang pada jajan enak.Mari terapkan hidup sehat sedari muda. Silahkan mencoba gaes :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya