Siapa sih yang ga kenal Bali? pulau yang terletak diantara Jawa dan Lombok, dan memiliki segudang penghargaan sebagai tempat wisata terbaik ini surga bagi pecinta travelling, khususnya buat instagram-able. Bayangkan saja pulau kecil ini bahkan mampu menyaingi pesona Maldives dan Phuket, Hawaii? Ketinggalan jauh. Gak sampe situ aja loh guys, kebudayaan Bali dengan tari Pendetnya sudah di akui UNESCO secara internasional. Penasaran dengan tempat wisata, budaya, tradisi dan kuliner yang ada di Bali? Ayo kita intip lebih jauh surga kecil ini.

 

1. Pantai Kuta

pantai kuta

pantai kuta via http://2.bp.blogspot.com

Pantai berpasir putih yang sangat terkenal di Bali dan sangat terkenal sampai ke mancanegara, pantai ini terletak di kecamatan kuta sebelah selatan kota Denpasar, Bali, Indonesia. Pantai ini sering disebut sunset beach karna panorama matahari tenggelam yang begitu mempesona, pantai ini juga memiliki ombak yang bagus untuk olahraga selancar. Dan asiknya lagi nih kita bisa masuk ke pantai ini tanpa bayar loh, cuma bayar parkir aja dan itupun ga seberapa. Jadi kurang afdol deh kalau kamu jalan-jalan ke Bali tanpa menginjakkan kaki di pantai ini.

2. Pura Tanah Lot

Pura yang terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan Bali ini terdiri dari 2 pura yang merupakan tempat untuk memuja dewa laut. Keindahan panorama disini sungguh nikmat tuhan yang tak bisa kau dustakan guys, benar benar indah. Keunikan pura ini berada di atas sebuah batu karang besar di pinggir laut. Pada saat air laut pasang, kamu gak bisa mendekat ke Pura Tanah Lot karena di sekitar batu karang penyangga Pura Tanah Lot akan digenangi air laut. Pada saat air surut kamu dapat melihat beberapa ular laut jinak yang menurut penduduk setempat merupakan penjaga Pura Tanah Lot. Selain itu, di lokasi ini kamu juga bisa memegang ular suci yang jinak dan tidak berbahaya.

3. Danau Beratan Bedugul

Buat kamu yang lebih suka wisata ke tempat dengan temperatur cuaca yg lebih dingin, danau ini cocok buat kamu, suhu di sini area Bedugul ±18°C pada malam hari dan ± 24°C pada siang hari. Danau ini terletak di Kawasan Bedugul Desa Candikuning Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan Bali. Danau Beratan adalah salah satu dari 20 danau terbaik dan terindah di dunia (The World's 20 Most Beautiful Lake) segarnya udara pegunungan dengan pemandangan danau, pura ulun danu yang indah dan jauh dari kebisingan kota membuat tempat ini sangat nyaman dikunjungi.

Di kawasan danau juga difasilitasi dengan akomodasi yang memadai seperti hotel, villa, restoran untuk kenyamanan pengunjung. Buat kamu yang suka dengan wisata air, di kawasan danau Beratan juga terdapat permainan air seperti parasailing, bermain kano, ataupun jetski. Pada bagian timur dari danau Bratan terdapat sebuah gunung yang disebut Gunung Catur (orang Bali menyebutnya Pucak Mangu) sebagai tempat yang sangat bagus untuk hiking.

4. Sangeh Monkey Forest

Terletak di Desa Sangeh Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung Bali ini merupakan tempat kamu bisa melihat ratusan monyet liar di hutan. Tempat ini akan membawa kamu menyatu dengan alam. Monyet-monyet di sini sangat dikeramatkan, jadi kamu gak boleh ganggu ya, dan sangat penting jika berkunjung kesini alangkah baiknya kamu tidak memakai perhiasan karna akan menarik perhatian monyet. Gak mau kan perhiasanmu dicomot monyet dan dipakai di lehernya, hati-hati ya guys. 

5. Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana adalah sebuah patung Dewa Wisnu yang sangat besar karya I Nyoman Nuarta. Saat ini, patung Garuda Wisnu Kencana belum sepenuhnya selesai dibuat, hanya sebagian saja, sekarang patung ini sedang dalam rehab, jika megaproyek ini selesai patung GWK ini akan menjadi patung paling besar di dunia dan mengalahkan liberty.

Waw gak tuh pemirsa, apa lagi yang kau dustakan di bali ini? Selain patung, kamu juga dapat melihat keindahan bukit kapur yang dipotong menjadi balok-balok kapur besar. Balok-balok kapur ini nantinya akan penuh dengan pahatan. Selain itu di kawasan Garuda Wisnu Kencana juga terdapat teater seni, kamu bisa menikmati berbagai jenis tari dan kesenian Bali di teater ini setiap harinya.

6. Omed Omedan

Ya, Bali selain terkenal dengan pariwisatanya juga terkenal akan budaya dan tradisinya yang sangat kental. Salah satunya yaitu Omed Omedan, tradisi ini selalu digelar setiap tahun pada saat Ngembak Geni oleh masyarakat Banjar Kaja Sesetan, Denpasar, Bali. Tradisi ini merupakan luapan kebahagiaan atas rasa syukur berlalunya tahun baru Saka yang lama dan menyambut tahun Saka yang baru. Omed Omedan tersendiri memiliki arti tarik menarik dimana pemuda pemudi yang belum menikah berkumpul di tengah arena dan saling berhadapan disaksikan ribuan warga untuk berpelukan dan diguyur air sebagai wujud silaturahmi dan kebahagiaan. 

7. Trunyan Seribu Tengkorak

Bali terkenal dengan budaya dan tradisinya yang adi luhung, salah satu tradisi yang tak kalah penting untuk disimak yaitu tradisi pemakaman di Desa Trunyan Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli, Bali. Tradisi ini merupakan tradisi dimana jazad orang meninggal tidak akan dikubur maupun dibakar seperti yang sering kita lihat, melainkan digeletakkan di tanah begitu saja dekat dengan pohon trunyan jazad hanya ditutupi kain atau bambu.

Anehnya lagi jazad ini tidak pernah berbau busuk loh, konon pohon Trunyan yang ada di pamakaman yang sering disebut Seme Wayah ini menyerap bau busuk dari jazad-jazad yang digeletakan di sana. Jadi jangan kaget kalau kamu berwisata ke tempat ini begitu banyak kepala tengkorak yang kamu lihat karna tulang belulang tak boleh di buang atau dikubur. Serem? Tapi justru ini yang membuat wisatawan makin penasaran dengan tempat yang sering disebut Bali Aga, Bali Aga sendiri bermakna Bali Asli, yaitu kehidupan masyrakat Bali asli tempo dulu.

8. Betutu

Kalian gak boleh melewatkan begitu saja makanan khas Bali ini, setelah menelisik tempat wisata, budaya, dan tradisi tentu gak afdol dong kalau gak icip-icip makanan khas di sini, jika kamu suka makanan pedas bersiaplah jatuh cinta dengan betutu yang kaya rempah-rempah dan bikin nagih. Betutu ini biasanya menggunakan daging ayam atau bebek, rempah-rempah dimasukan ke dalam perut bebek/ayam dan dibungkus daun pisang lalu dipanggang menggunakan bara api,

GURIHHHH.

9. Lawar

Ini bukan daging kelelawar ya. Lawar adalah sayur-sayuran yang dicampur kelapa panggang dan daging cincang, diaduk dengan bumbu rempah-rempah khas bali banget. Umumnya lawar diolah dengan cincangan daging babi, namun untuk yang tak bisa memakan babi jangan kawatir ada lawar yang dicampur daging bebek, ayam, sapi, dan penyu.

Dan ada 2 macam lawar yaitu lawar merah dan putih, (udah kaya bendera kita aja) lawar merah yakni lawar yang di campur darah daging yang digunakan, rasanya "maknyossss" ini recommended banget, sedangkan lawar putih tanpa campuran darah. Biasanya bila memesan lawar kalian juga akan disuguhi dengan semangkok jukut ares yaitu sayur batang pisang yang masih muda.

10. Rujak Kuah Pindang Bali

Namanya sedikit aneh ya, rujak kok dipindang. Haha ya begitulah jajanan ini, tapi rasanya seger banget lo guys. Rujak kuah pindang yang khas bali banget ini isinya ya sama aja seperti rujak kebanyakan, buah buahan segar, yang diberi racikan saus, umumnya saus gula aren, kacang tanah, petis, sesuai namanya rujak kuah pindang, selain dicampur saus rujak ini juga disiram kuah kaldu pindangan ikan yang biasanya memakai ikan lemuru atau di Bali sering disebut ikan kucing. Aroma dan rasa kuah pindang cenderung lebih kuat dibanding saus rujaknya.

 

Selain tempat wisata, budaya, dan makanan khas bali yang saya sebutin di atas masih ada banyak lagi lho, Bali emang ga ada habisnya guys, semua keindahan surga ada di pulau kecil ini dan yang bikin kagum lagi pulau ini ada di negara kita yang tercinta yaitu Indonesia. Happy holiday dan tetap jaga kebersihan lingkungan ya :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya