Pilihan Tepat Apa Saja Buat Kita Dalam Meminta Maaf Pada Seseorang

Satu kata singkat dan sederhana ini amat berat dilakukan bagi sebagian orang. Entah apa yang ada dibenak mereka. 'Maaf', iya maaf, ini adalah satu kata yang terkadang kita tunggu dari seseorang. Kenapa sih berat sekali mengatakannya?.

Sebenarnya, pembawaan sebagian orang berbeda-beda. Ada yang maaf dengan ucapan dan permohonan agar maafnya dikabulkan dan diterima oleh seseorang yang mungkin sudah kita sakiti. Atau ada juga yang ingin meminta maaf, karena merasa bersalah namun malu mengatakannya. Pada akhirnya malah dibilang tidak peka atau tidak punya hati atau apalah sejenisnya.

1. Bersalaman

saling bersalaman

saling bersalaman via http://pixabay.com

Bahkan ada lagi, yang mengutarakan maafnya dengan tulisan. Entah itu pesan singkat, e-mail atau melalui pesan media sosial yang kini banyak sarana penunjangnya. Dan masih banyak lagi cara berbeda dari orang yang mengutarakan maafnya.

Nah, sebenarnya maaf itu pantasnya musti bagaimana sih? Cara tepatnya meminta maaf itu seperti apa? Di sini akan diuraikan sedikit saja dari saya.

Advertisement

Yang pertama maaf dengan ucapan.

Berat, dan kadang malu ingin mengatakannya. Padahal itu sebenarnya perasaan kita saja loh. Jika kamu punya salah baik besar atau kecil mohon maaflah. Tidak berdosa juga kan? Malahan InsyaAllah berpahala. Cobalah lakukan maafmu dengan ikhlas, katakan pada saat dan waktu yang tepat.

Carilah waktu di saat orang itu sedang terlihat santai atau tidak sedang repot. Pasti dengan senang hati kamu dimaafkan. Lega banget kan ya? Apalagi kalau salah kita benar-benar besar. Maka jangan ragu, beranikan saja dirimu meminta maaf.

Advertisement

Abaikan jika ia tidak memaafkanmu, setidaknya kau sudah meminta maaf. Dan alangkah bagusnya jika orang tersebut memaafkan kita. Mana kita tahu bukan? Jadi bila ingin meminta maaf, jika tidak diterima jangan menyesal, karena usahamu sudah sangat mulia.

2. Mengucapkan Maaf

Mengucapkan Maaf

Mengucapkan Maaf via http://pixabay.com

Kedua, maaf dengan melalui pesan singkat.

Pesan singkat ini banyak macamnya. Seperti melalui SMS atau Chat yang sekarang banyak macam dan jenisnya. Pergunakan dengan sebaik mungkin dan cara yang sopan. Karena dengan cara ini kita tidak pernah tahu bagaimana reaksi orang itu, atau bahkan kita jadi lebih tenang tidak resah

Namun tetap saja maaf itu tulus dari dalam hati. Jika diabaikan, mungkin ia memang tidak memaafkan kamu. Tetapi lagi-lagi jangan khawatir, karena yang terpenting adalah kamu sudah meminta maaf. Dan sudah tidak ada beban. Karena sudah meminta maaf. Dan tidak akan mengulang pastinya.

3. Maaf Melalui Pesan Singkat

Melalui pesan singkat

Melalui pesan singkat via http://pixabay.com

Ada lagi yang ketiga adalah dengan cara mengirim surat saja. Cara ini adalah cara lama yang sudah punah. Mengirim surat melalui pos, memang sudah sangat ketinggalan jaman. Tetapi sebenarnya cara ini masih suka dipakai oleh sebagian orang loh.

Dengan meminta maaf melalui selembar kertas akan sangat berarti amat dalam. Mengapa? Karena jika di simpan suratnya atau kertasnya akan menjadi sebuah kenangan. Jika memang tidak di buang kertasnya dan maaf pun diterima dengan lapang dada.

Pasti nya senang sekali hati kita bukan? Dan sebenarnya cara tersebut juga bisa dikatakan cara yang sopan, bisa dengan melalui pos atau surat di masukkan di dalam amplop lalu kita berikan padanya sembari bertandang ke rumahnya. Sekalian bersilaturahmi.

4. Mengirim Surat

kirim surat

kirim surat via http://pixabay.com

Yang keempat adalah melalui surat juga, namun ini adalah surat Elektronik yang sudah kita kenal dengan sebutan E-mail. Sudah tidak asing lagi nama yang satu ini, semua pasti punya. Dan lebih cepat sampai, penyampaiannya pun bisa serentak di kirim ke beberapa orang.

Namun jika ke satu orang saja ini juga masih terbilang kilat dan sopan. Karena E-mail banyak sekali fungsinya. Lebih cepat sampai, praktis dan jika si penerima cepat menerima. Ia pun harus membalasnya dengan bentuk E-mail juga. Artinya ia pun juga harus mempunyai E-mail.

5. Melalui Surat Elektronik

Pesan berantai.

Artinya adalah, jika kamu punya sahabat yang dekat dengannya, namun kamu sungkan dan malu meminta maaf. Bicarakan saja dengan teman dekatnya atau bisa jadi kakak atau adiknya. Untuk kemudian ia menyampaikan pesan kita tersebut padanya

Pesan yang mengatakan bahwa kita memohon maaf telah berbuat salah. Katakan dengan kalimat dan nada yang benar-benar ikhlas bahwa kamu ingin sekali meminta maaf padanya dan berharap ia mau memberikan maafnya.

6. Pesan Berantai

membisikkan

membisikkan via http://pixabay.com

Itulah beberapa cara bagaimana kita meminta maaf pada seseorang, namun kita malu mengungkapkannya. Apapun caranya dalam meminta maaf itu sangat mulia, ditambah orang yang kita minta dapat dengan lapang menerimanya.

Buat kamu jika ada seseorang yang menurut kamu telah berbuat salah dan sudah meminta maaf maka kamu harus memaafkannya. Siapa tahu dia benar-benar tulus, kalau tidak tulus buat apa dia mengorbankan waktunya untuk mencari alasan terbaik untuk meminta maaf padamu.

oh, tidak ada manusia yang sempurna. Kita yang diminta maaf pun sama sekali bukan mahkluk sempurna bukan? Bahkan tidak sedikit orang yang enggan memberi maaf, merasa dia benar sehingga gengsi memberi maaf atau sebaliknya gengsi meminta maaf. Nah jangan begitu ya gais.

Demikian semoga bermanfaat

@Ari_widiyastuti

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya