#BeraniWujudkanMimpi-5 Hal yang Harus Kamu Ingat Sebelum Memutuskan untuk Berhenti Memperjuangkan Mimpimu.

Gagal berkali-kali itu hal yang wajar, tidak mengapa hal itu manusiawi, jadi tolong jangan berhenti ya, istirahat saja jika benar-benar lelah.

Semua orang pasti pernah gagal dalam memperjuangkan mimpinya, entah ditolak masuk ke dalam perguruan tinggi idaman, atau gagal mendapatkan beasiswa atau bisnis gagal dan bangkrut. Sebenarnya hal itu wajar, gagal dan salah adalah bukti bahwa kita manusia, karena tidak ada manusia yang sempurna, bukan?

Tapi adakalanya kegagalan, demi kegagalan membuat kita lelah dan berniat untuk berhenti, mungkin merasa memang bukan ini jalannya atau tidak mungkin bisa menggapai mimpi. Jika kamu memiliki rencana lain mungkin bisa kamu pertimbangkan, karena lagi-lagi manusia hanya bisa berencana dan berusaha, namun tuhan yang menentukan bukan?

Hanya, cobalah sebelum memutuskan untuk benar-benar berhenti, kamu sebaiknya mengingat kembali beberapa hal berikut ini, agar kamu tidak dipenuhi penyesalan di kemudian hari

1. Ingat sudah sejauh mana usahamu? Sudah maksimal kah?

Kamu pasti sudah berjuang untuk meraih cita-citamu, saat kamu mau berhenti tanyakan ini pada dirimu, apa kamu rela mengikhlaskan semua hal yang sudah kamu lakukan dan berhenti? Apa kamu rela membuang semua usahamu itu? Apa tidak merasa sayang dan sia-sia?

Dan coba tanya pada dirimu, apa kamu sudah benar-benar berjuang maksimal dan mengerahkan semua kemampuanmu untuk mencapai impianmu itu?
 

2. Ingat orang-orang yang sudah mendukungmu selama ini

A photo from kompasiana

A photo from kompasiana via https://assets-a2.kompasiana.com

Kamu pasti punya support system kan? Orang tua, pasangan, sahabat atau siapapun itu. Orang-orang yang mendukungmu untuk menggapai impianmu, baik dalam bentuk dukungan ataupun finansial.

Saat akan berhenti memperjuangkan mimpimu ingatlah mereka yang sudah memberikan dukungan dan support tanpa henti untukmu. Bahkan mungkin meminjamkan uang mereka untukmu dalam usahamu menggapi cita-citamu. Bayangkan betapa bahagianya mereka nantinya jika mendapat kabar bahagia darimu ketika usahamu membuahkan hasil.

3. Ingat tujuan dan motivasimu diawal memulai

A Photo by Monica Yosha

A Photo by Monica Yosha via https://www.google.com

Ingat apa yang menjadi awal motivasimu memulai semua ini, ingin kaya, ingin sukses, ingin punya usaha sendiri, ingin mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi, atau ingin membanggakan orang tua.

Apapun itu, ingat tujuanmu dan jadikan itu sebagai pemacumu untuk terus berusaha meraih impianmu dikala sedang down akibat kegagalan demi kegagalan yang kamu temui.
 

4. Ingat bahwa merealisasikan mimpi butuh perjuangan, kerja keras dan ketekunan

Amazon first office by reddit.com

Amazon first office by reddit.com via https://preview.redd.it

Baca kisah-kisah orang sukses yang berasal dari kalangan bawah seperti Chris Gardner, Jeff Bezos, Jack Ma, Steve Jobs, Walt Disney dan lain lain untuk memberikan penyiram semangat kepadamu yang sudah lelah. Cerita-cerita penuh perjuangan mereka yang dimulai dari bawah pasti akan membuatmu berpikir ulang untuk berhenti.

Seperti Perusahaan Apple atau Disney yang dimulai dari garasi rumah dengan 2 pekerja saja yang akhirnya bisa sebesar sekarang. Baca cerita mereka yang penuh dengan asam garam kehidupan, perjuangan, kerja keras dan ketekunan. Jika mereka saja akhirnya bisa kamu pasti juga bisa! Tentu saja asal kamu bekerja dengan keras dan tekun.

5. Ingat kamu punya Tuhan yang selalu mendengarkan keluh kesahmu

A photo by Islampos

A photo by Islampos via https://www.islampos.com

Kalau kamu sudah lelah dengan semua kegagalan usahamu dalam mencapai impianmu, cobalah bercerita kepada tuhanmu, sampaikanlah keluh kesahmu dan tumpahkan semua perasaanmu hingga kosong dan kamu bisa memulai lagi dengan hati yang lebih kuat.

Mintalah agar dirimu dikuatkan kembali untuk mengejar mimpimu. Tidak ada pendengar yang lebih baik daripada tuhanmu sendiri bukan? dan sebaik-baiknya tempat kamu meminta dan memohon pertolongan adalah tuhan bukan?

Nah, tolong pertimbangkan hal-hal diatas ya sebelum benar-benar berhenti atau kamu bisa beristirahat sejenak sambil memikirkan rencana alternatif untuk mengejar cita-citamu dan tetap #BeraniWujudkanMimpi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini