Pesawat tentunya menjadi alat transportasi yang terbilang cukup mewah. Tidak semua orang mungkin dapat merasakan berada di dalam sebuah pesawat. Namun bagaimana jika pesawat itu sendiri difungsikan sebagai sebuah bangunan dan memiliki kegunaan yang berbeda dari biasanya?

Tentunya akan cukup menarik minat berbagai orang. Berikut ini bangunan yang menggunakan pesawat sebagai eksteriornya dan menjadi fungsi yang berbeda dari semestinya.

1. 727 Fuselage Home

balkon penginapan

balkon penginapan via https://www.uniqhotels.com

Pesawat Boeing 727 tahun 1965 ini memiliki tampilan unik yang dipadukan dengan bentukan rumah kayu. Sebuah hotel unik ini memiliki area balkon yang terletak pada sayap pesawatnya. Penginapan ini terdiri dari 2 kamar tidur dengan tampilan material kayu di dalamnya yang terlihat mewah dan unik. Tentunya akan sangat seru menginap di tempat ini.

2. Boeing 747 Restaurant

tampilan luar restoran 747

tampilan luar restoran 747 via https://inhabitat.com

Advertisement

Sebuah restoran di Suwon, Korea ini didesain dari pesawat boeing 747 kedua yang pernah terbang secara komersial untuk pertama kalinya. Didesain unik dan tentunya meninggalkan kesan bersejarah tersendiri untuk pesawat ini. Restoran ini menyajikan tempat makan dengan tampilan eklektik. Sayangnya sekarang tempat ini sudah ditutup dan tidak ada orang yang makan di tempat ini.

3. Toshikazu Tsukii's Guesthouse

eksterior guesthouse

eksterior guesthouse via https://www.flyingmag.com

Toshikazu Tsukii yang merupakan seorang engineer yang menggunakan 4 buah kerangka pesawat yaitu boeing 737, 727, 747, dan 707 untuk membuat guesthouse dua tingkat. Guesthouse ini berlokasi di Oro Valley, Arizona. Badan pesawat 707 dibagi menjadi tiga untuk membuat badan bangunan guesthouse.

Lalu untuk kepala pesawat 737 ditambahkan ketika Tsukii membangun lantai duanya. Untuk bagian ekor 727 dipasangkan pada bagian belakang bangunan. Ruangan yang cukup luas di dalamnya dapat menampung banyak orang. Pada guesthouse ini juga tersedia kolam renang yang dinaungi oleh badang pesawat boeing 747.

4. Kelas Taman Kanak-Kanak

kelas di dalam pesawat

kelas di dalam pesawat via https://inhabitat.com

Advertisement

Sebuah ide dari seorang kepala sekolah yang mengubah pesawat Yakovlev 42 yang tidak beroperasi lagi menjadi sebuah kelas taman kanak-kanak yang unik. Berlokasi di Rustavi, Georgia, kelas ini tentunya akan menjadi hal yang menarik minat anak-anak dan membuat imajinasi mereka lebih berkembang. Sebuah renovasi yang tentunya menjadi sebuah daya tarik pada taman kanak-kanak ini. Anak-anak pun akan lebih senang dan aktif lagi dengan kelas yang unik ini.

5. Air Lekkerbek Bar & Restaurant

Pesawat yang satu ini didesain unik untuk mereka yang suka dengan minuman heineken. Minuman yang cukup terkenal di berbagai kalangan ini menjadi inspirasi dalam mendekorasi ulang pesawat sehingga menjadi sebuah bar dan resto yang unik. Bar ini berlokasi di Philipsburg, St. Maarten.

6. Airplane Suite

ruang dalam pesawat

ruang dalam pesawat via https://www.booking.com

Pesawat Ilyushin II-18 ini diubah menjadi sebuah penginapan romantis dan mewah untuk dua orang. Berlokasi di Teuge, Netherlands, penginapan ini dilengkapi dengan berbagai area refreshing dan relaksasi. Berbagai fasilitass seperti jacuzzi, shower, sauna, dan minibar menjadi bagian dari penginapan mewah ini.

7. The Airplane Restaurant

Di Colorado, pesawat KC-97 diubah menjadi sebuah restoran yang terhubung dengan bangunan yang dianggap sebagai terminal. Restoran ini pun dapat mengakomodasi sekitar 275 orang. Tidak hanya sebagai tempat makan saja, tempat ini tentunya menjadi area pembelajaran yang menarik untuk anak-anak. Tempat duduk di dalam pesawat pun disesuaikan agar tidak terasa sumpek dan tetap nyaman untuk pelanggannya.

8. The Cosmic Muffin

tampilan plane-boat

tampilan plane-boat via https://inhabitat.com

Perubahan pesawat yang satu ini bisa dibilang unik. Masih menjadi sebuah alat transportasi, boeing B-307 ini berubah dari terbang di udara menjadi berlayar di laut. Bentuknya yang unik menjadikannya dikenal dengan sebutan "plane-boat". Kapal yang dapat dihuni didalamnya ini memerlukan 4 tahun untuk mengubahnya menjadi unik seperti sekarang.

9. 747 Wing House

sayap pesawat dijadikan atap

sayap pesawat dijadikan atap via https://inhabitat.com

Tidak hanya sebuah badan pesawat saja yang bisa dimanfaatkan dalam mendesain menggunakan bagian pesawat. Sayap pesawat pun dijadikan unik sebagai atap pada rumah Wing House ini. Didesain oleh David Hertz Architects, sayap dari pesawat Boeing 747 memberikan tampilan rumah yang fleksibel. Rumah ini berada di area perbukitan dan pegunungan yang memberikan pemandangan ke arah Malibu.

sumber: furnizing.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya