Perlunya Detoks Gadget untuk Mengurangi Kecanduan Gadget, Berikut Tips-tips Melakukan Detoks Gadget Selama di Rumah Aja!

Teknologi memang sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Rasanya hampir semua kegiatan sehari-hari tidak lepas dari bantuan teknologi, mulai dari bekerja, bertukar informasi, berkomunikasi, bertransaksi, memanggil transportasi, sampai memperoleh hiburan. Apalagi sejak pandemi Covid-19, masyarakat kerap melakukan segala pekerjaan dari rumah (Work From Home), sehingga tak jarang masyarakat jadi lebih dekat dengan perangkat teknologi, terutama gadget

Kebiasaan menggunakan gadget yang berlebihan tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk mengendalikan kebiasaan tersebut, kamu memerlukan yang namanya detoks. Lalu, apa saja tips-tips detoks gadget yang bisa kamu terapkan selama di rumah? Mari kita simak pembahasan di bawah ini:

Advertisement

1. Matikan notifikasi

Notifications

Notifications via http://pexels.com

Pertama, mulai dari mematikan notifikasi untuk aplikasi yang tidak penting, seperti media sosial. Kamu mungkin merasa khawatir apabila nanti ada seseorang yang ingin menyampaikan hal penting atau darurat.

Seharusnya, hal-hal penting atau darurat tidak akan disampaikan melalui DM atau pesan singkat di media sosial lainnya. Mereka akan langsung menelponmu jika ada hal-hal penting.

Advertisement

Jika kamu menonaktifkan notifikasi dari semua aplikasi yang tidak penting, kamu akan lebih jarang memeriksa smartphone dan lebih menikmati waktumu.

2. Jangan langsung mengecek smartphone saat bangun tidur

Wake Up Bed

Wake Up Bed via http://pexels.com

Salah satu kebiasaan yang dimiliki kebanyakan orang adalah langsung mengecek smartphone mereka tepat setelah mereka bangun tidur. Apakah kamu memiliki kebiasaan ini juga? Padahal kebiasaan seperti ini tidak baik untuk otak kita, loh. Karena setelah bangun tidur, otak kita memerlukan waktu setidaknya 30 menit untuk dapat memproses informasi. Jadi lebih baik jika kamu memberikan jeda pemulihan pada otak sebanyak 1-2 jam setelah bangun tidur, yah.

3. Gunakan smartphone hanya untuk tujuan tertentu

Advertisement

Seringkali tangan kita tak kuasa menahan godaan untuk mengambil smartphone di saat kita bosan bahkan di saat  kita sedang melakukan aktivitas lain, seperti bekerja, rapat, makan, mengobrol, dan jalan-jalan.

Padahal sebenarnya kita tak punya alasan penting untuk memeriksa smartphone pada saat itu. Jika tidak ada alasan penting, maka sebaiknya simpan saja smartphone-mu dan nikmatilah apa yang sedang kamu lakukan. 

4. Hapus aplikasi yang tidak perlu

Phone App

Phone App via http://pexels.com

Dari semua aplikasi yang aktif di smartphone kamu, berapa banyak yang benar-benar penting? Kalau kamu memiliki terlalu banyak aplikasi di smartphone, maka pisahkanlah aplikasi mana yang tergolong “penting” dan yang “tidak penting”. Lalu hapuslah aplikasi yang tergolong “tidak penting”.  Ketika smartphone kamu tidak memiliki banyak aplikasi, waktu yang kamu habiskan untuk mengecek smartphone pun akan berkurang.

5. Berolahraga

Workout

Workout via http://pexels.com

Olahraga tidak hanya menjauhkan kamu dari layar atau monitor gadget, tetapi juga membuatmu merasa lebih baik secara fisik dan mental. Hal itu disebabkan karena selama berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang berguna untuk menghilangkan stres, kecemasan, dan rasa sakit.  

Karena itu, berolahraga bisa meningkatkan gaya hidup dan kesehatan kamu. Apalagi jika kamu berolahraga di luar ruangan, kamu dapat merasakan manfaatnya bagi tubuh dan otak juga, loh.

6. Melukis

Painting

Painting via http://pexels.com

Selain meningkatkan kreativitas, melukis juga dapat mengurangi stres sehingga mampu mengurangi risiko terkena penyakit psikis. Lalu bagaimana jika kamu merasa tidak pandai melukis atau tidak pernah melukis sama sekali? Tenang saja, kamu dapat mencoba teknik melukis dengan angka atau sering disebut paint by numbers. Teknik melukis ini sangat mudah digunakan dan bisa digunakan oleh semua umur. Dengan teknik melukis ini, kamu yang belum pernah melukis bisa menghasilkan lukisan seperti seorang pro! Tertarik untuk mencoba?

7. Menghabiskan waktu bersama keluarga

Quality time

Quality time via http://pexels.com

Menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga bisa dilakukan mulai dari berbincang-bincang, berkebun bersama, memasak bersama, makan bersama sampai bermain board game seru. Seringnya menghabiskan waktu bersama keluarga akan membuat hubunganmu semakin kuat dan kompak dalam satu keluarga. Dan ingat, saat menghabiskan waktu bersama keluarga, letakkan smartphone kamu dan nikmatilah kegiatan yang kamu lakukan bersama keluargamu.

Itulah tips-tips melakukan detoks gadget yang bisa kamu coba selama di rumah aja. Manakah dari tips-tips di atas yang paling cocok untukmu?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Try to learn something new everyday

CLOSE