Wisuda merupakan salah satu momen spesial yang diperoleh setelah perjuangan yang melelahkan di penghujung masa kuliah. Bagi kamu yang saat ini tengah mempersiapkan diri untuk wisuda, pastinya banyak sekali hal yang perlu disiapkan. Khusus untuk perempuan, ada satu hal yang sangat penting untuk direncanakan matang-matang, yaitu make up. Make up wisuda bisa meningkatkan kepercayaan diri kita, tapi tidak jarang hasilnya kurang memuaskan hingga justru membuat kita ingin segera enyah dari acara wisuda. Oleh karena itu, pastikan kamu telah memikirkan matang-matang konsep untuk make up-mu saat wisuda nanti.

Bila kamu ingin menggunakan jasa Make Up Artist (MUA), ada baiknya kamu melakukan riset soal siapa MUA yang paling cocok gaya make up-nya dengan kepribadianmu. Namun bila kamu ingin menghemat waktu dan biaya dengan memakai make up sendiri, pastikan kamu perbanyak latihan jauh sebelum hari wisuda.

Nah, agar make up tampak flawless dan awet sepanjang hari, ini 8 tips untukmu:

1. Awali dengan eksfoliasi atau pengelupasan sel-sel kulit mati, ya!

Dokumen pribadi

Dokumen pribadi via https://sofiatimukrimah.com

Sebelum memakai make up, ada baiknya kamu memakai produk yang bertujuan untuk eksfoliasi, atau mengangkat sel kulit mati. Hal ini bisa sangat mempengaruhi hasil make up-mu, lho. Saat wajahmu penuh dengan sel kulit mati, make up akan mudah menggumpal sehingga tidak akan terlihat flawless. Beberapa produk yang bisa kamu coba adalah eksfoliator kimia (BHA atau AHA) atau eksfoliator fisik (masker, scrub, atau cleansing brush).

Advertisement


Aku sendiri pakai Innisfree Super Jeju Volcanic Pore Clay Mask. Setelah kering, masker aku bersihkan dengan handuk basah yang juga berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan komedo.


2. Pakailah pelembap yang banyak, tapi tetap tahu porsinya

Dokumen pribadi

Dokumen pribadi via https://sofiatimukrimah.com

Kulit berminyak tidak membutuhkan pelembap adalah mitos. Sebaliknya, kulit berminyak yang terhidrasi dengan baik akan mencegah kelenjar sebum untuk terus memproduksi minyak. Oleh karena itu, aku lebih merekomendasikan pelembap daripada primer. Menurut Wayne Goss, salah satu MUA terkenal yang juga merupakan youtuber, memakai pelembap sebanyak-banyaknya akan membuat make up flawless karena menempel lebih sempurna. Trik ini sudah sering aku praktekkan dan percayalah, it works like magic!

3. Pakai concealer sebelum foundation untuk menutupi noda membandel

Dokumen pribadi

Dokumen pribadi via https://sofiatimukrimah.com

Bila masalah kulitmu hanya berminyak, kamu bisa memakai concealer setelah foundation. Akan tetapi bila wajahmu juga dipenuhi bekas jerawat dan jerawat yang sangat merah, maka sebaiknya pakailah concealer sebelum foundation. Buatku, yang harusnya memiliki coverage tinggi adalah concealer, bukan foundation. Bila concealer sudah menutupi bekas jerawat dengan baik, kamu enggak akan perlu foundation yang full coverage. Foundation yang full coverage memang membuat kulit tampak mulus, tapi rentan cakey dan membuat make up pecah-pecah.

Advertisement

Beda halnya dengan concealer. Meskipun full coverage, concealer tidak mudah menyebabkan make up cakey karena hanya dipakai di area tertentu saja. Untuk coverage yang maksimal, aku memakai La Tulipe Cover Foundation sebagai concealer. Kamu bisa memakai concealer apa saja, tapi pastikan coverage-nya tinggi ya!

4. Daripada foundation high coverage, lebih baik pilih yang menutup pori-pori

Dokumen pribadi

Dokumen pribadi via https://sofiatimukrimah.com

Wajah yang berminyak dan berjerawat cenderung memiliki pori-pori yang besar. Bila noda bekas jerawatmu tertutupi akan tetapi pori-pori masih terlihat jelas, maka artinya make up-mu masih kurang flawless. Sayang kan, di momen spesial, make up-mu kurang sempurna hanya karena pori-pori? Oleh karena itu, pilihlah foundation yang menutup pori-pori. Aku merekomendasikan Maybelline Fit Me Foundation karena benar-benar menutup pori.

5. Untuk bagian hitam di wajahmu, pilih concealer yang ringan tapi memiliki coverage tinggi

Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi via https://sofiatimukrimah.com

Untuk mengatasi dark circle yang membandel, sebaiknya hindari foundation atau concealer berbentuk padat. Hal ini karena area bawah mata merupakan tempat yang mudah sekali terjadi creasing atau geser. Tentunya kamu enggak mau, kan, area bawah matamu penuh gumpalan concealer saat acara wisuda belum usai? Oleh karena itu, pilihlah concealer yang memiliki coverage yang tinggi namun bertekstur cukup cair. Aku merekomendasikan Wet n Wild Photofocus Concealer yang juga disebut-sebut sebagai dupe-nya Tarte Shape Tape Concealer ini.

6. Set semuanya dengan bedak yang memiliki oil control bagus

Dokumen pribadi

Dokumen pribadi via https://sofiatimukrimah.com

Teknik lain yang diberikan oleh Wayne Goss adalah menekan-nekan sebanyak mungkin bedak tabur ke base make up yang sudah diaplikasikan. Teknik ini bertujuan 'memasukkan' bedak ke foundation tadi sehingga semua make up-nya akan awet dan tidak bergeser seharian. Aku sendiri suka banget pakai Marcks Loose Powder yang super murah. Kamu bisa pakai loose powder apa saja kok. Yang penting, pastikan dia memiliki oil control yang bagus untuk kulit berminyakmu.

7. Setting spray akan Membuat make up-mu tahan lama dari biasanya

Dokumen pribadi

Dokumen pribadi via https://sofiatimukrimah.com

Beda halnya dengan primer, aku merasa setting spray benar-benar berguna. Menurutku, setting spray merk apapun memang mempengaruhi keawetan make up. Yang paling penting adalah, pastikan setting spray yang kamu pilih memang aman dan cocok untuk kulitmu. Aku sendiri memakai Flormar Setting Spray.

8. Taraaaa! Make-up ala-ala pun sudah jadi dan siap mempercantikmu di hari wisuda!

Dokumen pribadi

Dokumen pribadi via https://sofiatimukrimah.com

Setelah memakai teknik-teknik di atas, dijamin deh make up-mu akan awet seharian. Kamu hanya perlu mempelajari teknik eyeshadow yang sederhana lalu lengkapi make up-nya, dan kamu sudah siap ke acara wisuda. Selain hemat, kamu juga bisa menyesuaikan produk agar cocok dengan kulitmu dan seleramu, serta kamu bisa memastikan kebersihannya.

Bagaimana, tidak sulit, kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya