Perbedaan Paling Nyata Antara Bos dan Seorang Leader Sejati. Jangan Salah Mengartikan Lagi

bos vs leader

Bagi kamu yang saat ini sedang bekerja tentunya memiliki seorang atasan yang memandu untuk bekerja bukan. Beruntunglah kamu yang mendapatkan atasan yang cocok, tetapi apabila kamu mendapatkan atasan yang kurang cocok, tenang. Dunia belum berakhir. Mungkin kamu akan mendapatkan atasan yang bagus pada akhirnya.

Kalau cocok-cocokan tentunya itu relatif untuk setiap kita karena menyangkut kedekatan kita dengan si atasan. Tetapi ada yang mutlak karena seorang atasan yang baik haruslah memastikan bawahannya bisa berkembang dengan baik.

Berdasarkan pengamatan saya ada 7 perbedaan antara bos dan seorang leader sejati. Yuk kita simak perbedaannya.

Advertisement

1. Mengajarkan

pemimpin yang mengajar

pemimpin yang mengajar via https://unsplash.com

Seorang pemimpin akan mengajarkan apa yang harus kamu lakukan sehingga kamu mengerti apa yang harus dilakukan. Sedangkan seorang Bos hanya akan menyuruhmu untuk melakukan sesuatu.

2. Personal relationshop

personal relationship

personal relationship via https://unsplash.com

Seorang Pemimpin akan mempunyai hubungan yang personal denganmu sehingga kamu akan merasa dekat secara emosi dan pribadi. Sementara seorang bos hanya akan peduli kepada tugas dan pekerjaan yang kamu lakukan. Yang penting bagi bos adalah pekerjaan yang diberikan dapat terselesaikan dengan baik.

Advertisement

3. Menghargai bawahan

Menghargai bawahan

Menghargai bawahan via https://howieandbelle.com

Seorang pemimpin akan berusaha untuk membuat bawahannya merasa dihargai dan berhasil dalam karirnya. Menurutnya keberhasilan seorang bawahan adalah keberhasilannya juga. Sedangkan seorang bos hanya berorientasi kepada performa kerjamu. Yang penting adalah keberhasilannya sendiri.

4. Mengukur dampak

Mengukur dampak

Mengukur dampak via https://unsplash.com

Seorang Pemimpin akan mengukur kesuksesan dari dampak yang telah berhasil dia berikan kepada orang lain. Sedangkan seorang bos akan mengukur kesuksesan seseorang dari peringkat bawahannya.

5. Tidak perlu jabatan

tidak perlu jabatan

tidak perlu jabatan via https://unsplash.com

Seorang pemimpin akan menunjukkan kepemimpinannya bahkan ketika dia tidak memiliki jabatan di perusahaan tersebut. Sedangkan seorang bos akan menggantungkan dirinya kepada jabatan agar ia merasa dapat memimpin.

Advertisement

6. Ingin anak buah lebih berhasil

Ingin anak buah lebih berhasil

Ingin anak buah lebih berhasil via https://howieandbelle.com

Seorang pemimpin ingin agar anak buahnya lebih berhasil daripada dirinya sendiri kelak. Sementara seorang bos tidak akan mengizinkanmu untuk mengembangkan dirimu sama sekali.

7. Menerima masukan

Menerima masukan

Menerima masukan via https://unsplash.com

Seorang Pemimpin akan berusaha membangun kepercayaan dirimu sehingga mereka dapat jujur dan Pemimpin mendengarkan masukan yang PERLU mereka dengar. Sementara bawahan dari seorang Bos hanya akan mengatakan apa yang INGIN didengarkan karena mereka takut kepadanya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Andre dikenal sebagai pribadi yang rendah hati dan humoris. Saat ini sedang membangun karir dan bisnisnya karena tahun depan dia akan menikah

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE