Gimana kabar puasamu, guys? Masih semangat ‘kan, pastinya! Semoga ibadahmu khusyuk dan membawa banyak berkah serta pahala di bulan yang suci ini. Nah, ketika sudah tiba di bulan Ramadan, ada satu hal yang sangat akrab hubungannya dengan kegiatan berbuka bagi kita semua. Yaitu santapan takjil yang biasanya disantap untuk membatalkan puasa. Takjil terdapat dalam beraneka rupa dan rasa, tergantung pilihan kamu.

Tapi pernah merasa nggak sih, kalau kamu bosan dengan menu takjil yang itu-itu saja? Kebanyakan makanan dan minuman sekarang ini yang ditawarkan adalah makanan modern yang kebarat-baratan, bener guys? Tapi, jangan lupa kalau Indonesia masih mempunyai banyak makanan dan minuman tradisional yang bisa dijadikan takjil dan pas buat buka puasa.

Lagipula, takjil yang biasa ditawarkan pedagang selama ini juga variasinya nggak jauh beda dari makanan yang itu-itu aja. Daripada bingung, sekalian untuk mengisi kegiatan sebelum berbuka, gimana kalau kamu coba buat beberapa menu takjil ini? Jangan khawatir, caranya mudah-mudah kok!

1. Banyak singkong di rumah, tapi bosan dengan olahan yang itu-itu saja? Kamu patut coba hidangan yang satu ini!

Makanan lezat ini ternyata olahan dari singkong

Makanan lezat ini ternyata olahan dari singkong via https://www.theboxsceneproject.org

Takjil yang satu ini nggak hanya super lezat tapi juga super mudah. Cocok banget buat kamu bikin kalau ada acara buka bersama dadakan di tempatmu, atau dinikmati bareng keluargamu sendiri. Dan tentunya makanan ini, makanan khas Indonesia banget. Iya nggak? Bahan dan cara membuatnya sangat sederhana, tapi rasanya nggak kalah kaya hidangan kafe kekinian.

Advertisement

Bahan yang dibutuhkan :

- 500 gram Singkong, diparut secukupnya

- Air untuk memeras

Advertisement

- 3 siung bawang putih

- Garam

- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :

1. Peras singkong parut dengan air, hingga didapat kira-kira hingga menghasilkan 1 baskom kecil air perasan.

2. Endapkan air perasan singkong selama 3-4 jam sampai didapat endapan pati singkong. Endapannya berwarna putih, basah, lengket seperti lem.

3. Jemur endapan singkong sampai kering dan bisa diayak. Endapan yang sudah kering berbentuk seperti tepung.

4. Haluskan Bawang putih dan garam lalu masukkan ke dalam ampas singkong, campur rata.

5. Kukus ampas singkong yang telah dibumbui sampai matang.

6. Campurkan ampas singkong dengan pati yang telah dijemur dan diayak. Lalu uleni.

7. Bagi-bagi adonan dan dibentuk.

8. Goreng dalam minyak banyak dengan api kecil biar mengembang.

9. Sajikan hangat-hangat. Enak dimakan dengan cocolan sambel pecel. Enak juga dicelupkan dalam kuah cuko pempek.

Tuh, kurang gampang apa coba? Tapi rasanya boleh diadu dan benar-benar spesial! Selamat mencoba Ladies!

2. Ada yang tahu kue lompong guys? Ini adalah makanan lezat dari Purworejo. Asing bukan? Penasaran cara buatnya?

Kue hitam isi kacang yang lezat

Kue hitam isi kacang yang lezat via http://www.diahdidi.com

Kue lompong selain lezat dan mudah disantap juga lumayan mengenyangkan. Cocok banget buat mengganjal perut kamu saat berbuka, agar kamu nggak kekenyangan sehingga masih bisa melanjutkan ibadah shalat—tapi juga nggak kelaperan sehingga jadi mikirin makan pas lagi sembahyang. Buatnya gampang banget.

Bahan :

- 200 gram tepung ketan

- 2 sendok makan gula halus

- 1/4 sendok teh garam

- 2 sendok makan air abu merang untuk pewarna hitamnya, bisa diganti dengan pewarna makanan warna hitam guys, kalau kalian bingung gimana cara dapetin air abu merangnya.

- Air panas secukupnya

Bahan dan cara pembuatan isi :

- Aduk rata,100 gram kacang tanah sangrai, lalu tumbuk kasar

- Gula merah 50 gram, sisir halus ( secukupnya )

Cara Membuat :

1. Aduk rata tepung ketan, gula halus, air abu merang (bisa diganti pewarna makanan) dan garam.

2. Tuangi air panas sedikit demi sedikit sambil di uleni sampai adonan kalis.

3. Ambil sedikit adonan. Lalu isi dengan 1 sendok adonan isi, bentuk pipih lonjong, lalu bungkus seperti membungkus tempe daun. Ikat dengan tali.

4. Kukus sampai matang. Sajikan.

Gampang banget buatnya kan guys? Selain gampang, kamu juga bisa mengenalkan takjil khas Indonesia ini ke keluargamu supaya mereka makin cinta sama tanah air kita ini. Selamat mencoba ladies!

3. Bosan dengan minuman yang itu-itu aja! Coba es pisang ijo dari Makassar dan Palembang ini! Rasanya dijamin nggak bakal nyesel

Es pisang ijo yang murah meriah

Es pisang ijo yang murah meriah via https://www.rancahpost.co.id

Minuman segar dan menarik ini ternyata berasal dari kota Makasar yang terkenal dengan berbagai macam masakanya yang sangat enak. Jadi wajar saja kalau minuman ini sangat enak sekali. Selain bahan-bahan yang dipilihnya sangat pas, pemilihan buahnya ini pun juga sangat tepat sekali dengan menggunakan buah pisang yang mempunyai banyak serat, sehingga bukan hanya segar yang didapat, tetapi sudah bisa mengganjal perut dari rasa lapar.

Oh iya ladies, harga es pisang ijo ini pun sangatlah murah, dijamin ramah kantong deh. Nah, untuk kamu yang penasaran dengan es pisang ijo ini, berikut kami berikan resepnya. Simak baik-baik ya.

Bahan-bahan :

- 3 buah pisang raja

- 150 gr tepung beras

- 50 gr tapioka atau bisa juga tepung sagu

- 50 gr tepung terigu

- 80 ml gula pasir putih

- Sirup kental merah

- 10 lembar daun pandan, cuci bersih

- 10 lembar daun suji

- 200 ml santan kental

- Es batu yang sedikit dihancurkan

- Garam secukupnya

Cara membuat :

1. Pertama, kukus terlebih dahulu pisang yang sudah disiapkan. Jika sudah matang, angkat pisang dan tiriskan. Campurkan daun suji dengan air lalu tumbuk atau blender, dan saring air daun suji sampai habis. Siapkan tepung terigu, tepung beras, tepung sagu, gula pasir, santan, daun pandan yg sudah dipotong-potong serta garam secukupnya, Kemudian tuangkan sedikit demi sedikit perasan air suji tadi, lalu aduk hingga tercampur rata dan menjadi adonan.

Buat adonan menjadi tipis-tipis sehingga menjadi seperti lumpia, nantinya akan digunakan untuk membungkus pisang pisang. Simpan pisang diatas lapisan adonan tadi, lalu gulung sampai pisang tertutup semua oleh adonan. Kukus kembali pisang yang sudah dilapisi dengan adonan hingga berwarna kehijau-hijauan, tunggu sampai matang.

2. Untuk sausnya, siapkan daun pandan yang sudah di blender, lalu saring airnya. Siapkan panci yang sudah dimasukan air perasan daun pandan, lalu tambahkan gula sedikit demi sedikit serta sedikit tepung beras. Aduk hingga tercampur rata. Aduk hingga saus menjadi kental dan rata. Gunakan api kecil untuk memasaknya. Jika sudah, angkat sausnya dan sisihkan. Untuk penyajianya, potong miring pisang ijo yang siudah dikukus dan simpan dalam mangkok saji. Tambahkan es balok yangsudah dihancurkan diatas pisang, lalu tuangkan saus bubur, santan dan juga sirup kental. Es pisang ijo pun siap untuk dihidangkan.

Itu tadi resep es pisang ijo manis legit yang bisa ladies coba di rumah. Gimana, resep yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba ladies!

4. Dawet biasanya warna hijau, pernah coba dawet yang warnanya hitam?

Dawet hitam yang unik

Dawet hitam yang unik via https://www.viva.co.id

Kamu sudah pernah coba dawet hitam? Kebayang nggak gimana nikmatnya kalo buka puasa ditemenin sama dia? Dawet hitam adalah dawet lezat yang berwarna hitam. Minuman ini berasal dari daerah Purworejo. Biasanya dawet berwarna hijau, lalu apa bedanya sama dawet hitam? Rasanya beda nggak ya? Penasaran? Ikuti langkah berikut untuk membuat dawet hitam atau lebih dikenal dengan sebutan dawet ireng.

Bahan-bahan Dawet Ireng :

- Tepung beras 60 gram

- Tepung tapioka/sagu 50 gram

- Air 800 mL liter

- Abu merang 5 sendok makan (dilarutkan dengan 100 mL liter air, andapkan atau saring dengan saringan halus, sisihkan) Kalau abu merang susah ladies dapatkan, ladies bisa coba ganti pake pewarna makanan ya. Eh tentunya yang halal ya!

- Garam 1 sendok teh

Bahan Sirup Es Dawet Ireng :

- Gula merah 250 gram ( disisir )

- Daun pandan 2 lembar

- Air 250 mL liter

Bahan Kuah Santan :

- Santan 500 mL dari 1 butir kelapa

- Daun pandan 2 lembar – Garam 1/4 sendok teh

Bahan Pelengkap Es Dawet Ireng :

- Nangka ( dipotong-potong kecil )

- Es batu atau Es serut secukupnya ( sesuai selera )

Cara Membuat Es Dawet Ireng

1. Pertama-tama campurkan tepung beras, tepung sagu, dan air abu merang dalam wadah hingga merata. masukkan air lalu larutkan campuran bahan hingga merata.

2. Selanjutnya rebus adonan dengan menggunakan api sedang sambil terus diaduk hingga adonan mengental. sebagai tanda apabila adonan sudah meletup-letup segera matikan kompor, angkat.

3. Setelah itu tuang adonan ke dalam cetakan cendol yang diletakkan diatas baskom berisi air es. tekan-tekan adonan sampai cendol atau dawet ireng berjatuhan ke dalam air es, lakukan hingga adonan habis. saring dawet yang sudah jadi, kemudian masukkan kedalam air matang dingin.

4. Sirup : didihkan semua bahan sirup diatas dengan menggunakan api sedang hingga kental, aduk rata.

5. Santan : rebus bahan kuah santan dengan menggunakan api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih dan santan matang.

6. Penyajian : Siapkan mangkuk atau gelas saji, lalu isi dengan dawet ireng, santan, dan sirup gula merah secukupnya atau sesuai selera. Bila suka sajikan bersama bahan pelengkap seperti potongan buah Nangka dan es batu atau es serut secukupnya.

Gimana ladies? Emang agak ribet buatnya, tapi hasilnya juga nggak kalah memuaskan bukan? Selamat mencoba ladies!

5. Kopyor identik dengan minuman es kelapa, tapi gimana ya rasanya kalau kopyor jadi makanan?

Bongko Kopyor khas Gresik

Bongko Kopyor khas Gresik via https://resepdanmasakan.com

Bongko Kopyor merupakan salah satu hidangan khas buka puasa. Selain lezat, hidangan yang di bungkus daun pisang ini terlihat tradisional dan dipercaya berkhasiat memulihkan stamina tubuh, setelah seharian menahan diri dari lapar dan dahaga karena rasanya manis, legit dan segar. Oh iya, ada yang tahu hidangan ini berasal dari mana?

Buat ladies yang nggak tahu hidangan ini asalnya dari mana. Hidangan ini asalnya dari Gresik.

Cara membuat Bongko Kopyor Yang Enak tidaklah sulit dan bahan-bahan yang digunakan juga mudah ditemukan. Jadi jika Anda ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah. Yuk langsung saja simak resepnya!

Bahan


  1. tepung beras 350 gr

  2. tepung sagu mutiara 50 gr

  3. Santan 500 ml

  4. gula pasir 200 gr

  5. air putih 400 ml

  6. daun pandan 2 lembar

  7. roti tawar 6 lembar potong kotak-kotak

  8. daging klapa 150 gr, serut memanjang

  9. pisang raja 10 buah

  10. daging nangka 100 gr potong kotak

  11. daun pisang secukupnya untuk membungkus

  12. lidi untuk menyemat

Saus


  1. Santan kental 500 ml

  2. Daun pandan 2 lembar

  3. Garam halus ½ sdt

  4. Gula pasir 2 sdm

Cara Membuat :


  1. Campurkan tepung beras dan tepung sagu mutiara, masukan santan aduk hingga rata dan mengental

  2. Aduk terus adonan sampai halus lalu masukkan pisang raja yang telah dipotong-potong , angkat dan tiriskan

  3. Untuk membuat saus, Panaskan santan, kemudian masukan daun pandan, gula pasir dan garam

  4. Masukan dua sendok makan adonan di atas daun pisang, 1 sdm roti, 1 sdm daging nangka, 1 sdm daging buah kelapa, kemudian bungkus dan semat menggunakan lidi, lakukan sampai adonan habis

  5. Kukus adonan hingga matang kurang lebih 15 menit, angkat dan siap dihidangkan.

Gimana? Cukup mudah bukan. Cocok untuk takjil berbuka puasa Anda. Selamat Mencoba, ladies!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya