Buat Kamu Para Pecinta Film, 7 Film Outer Space Ini Sudah Kamu Tonton Belum?

Film dengan setting luar angkasa gak cuma buat para pecinta astronomi loh! Kalau kamu mau menonton film yang menambah wawasan sekaligus memberikan pengalaman seru dan menegangkan, film dengan jenis ini wajib kamu tonton sih. Apalagi kalau kamu pecinta film bergenre science fiction. Beberapa film yang populer adalah Star Wars dan Star Trek. Tapi kamu tahu gak kalau ada banyak film dengan setting luar angkasa yang tak kalah seru dan menegangkan? Nih, Hipwee kasih 7 rekomendasi film outer space. Setelah baca, langsung cari dan buruan tonton ya!

1. 2001: A Space Odyssey (1968)

Sekumpulan astronot sedang mengeksplorasi bulan via https://archetypeonlinemagazine.wordpress.com

Advertisement

Diakui kritikus film sebagai salah satu film sci-fi yang paling influensial, film ini merupakan enigma dari objek hitam yang menghubungkan kehidupan manusia di masa lalu dan masa depan. Distrudarai oleh Stanley Kubrick, film ini berhasil meraih penghargaan best visual effects Academy Award tahun 1968. Salah satu scene film ini bersetting di permukaan bulan, padahal film ini dirilis setahun sebelum Apollo 11 mendarat di Bulan loh! Score film ini juga legendaris, pasti kamu familiar sama background sound yang diputer deh. Mungkin film ini agak kompleks untuk dipahami orang yang belum terbiasa menonton film sci-fi, bahkan Kubrick sendiri membiarkan penonton berspekulasi mengenai arti dari film ini. Tapi dengan embel-embel best visual effects dan film sci-fi yang paling influensial sampai saat ini, kamu yakin mau melewatkannya?

2. Gravity (2013)

Benerin yang rusak, biar lancar misinya via http://www.theatlantic.com

Dibintangi oleh George Clooney dan Sandra Bullock, film ini bercerita tentang perjuangan seorang astronot dan seorang medical engineeer yang 'terdampar' di luar angkasa setelah terjadi kerusakan di space shuttle mereka. Film ini juga mendapatkan penghargaan best visual effects Academy Award tahun 2013. Jadi tidak diragukan lagi, Gravity mampu mebuat penonton merasakan kengerian berada di luar angkasa sendirian. Banyak kritikus yang menyatakan bahwa science yang terlibat dalam film ini tidak akurat. Dibandingkan jika disebut film sci-fi, Gravity memang lebih cocok disebut film contemporary space thriller sih. Ingin merasakan kengerian berada di luar angkasa? Abis ini langsung tonton ya!

3. Apollo 13 (1995)

Ada masalah lagi?!!! via http://www.rogerebert.com

Houston, us again. We have that problem once more.

Advertisement

Film ini merupakan kisah nyata dari misi Apollo 13 yang berawakan Jim Lovell (Tom Hanks), Fred Haise (Bill Paxton) dan Jack Swigert (Kevin Bacon). Semuanya berjalan dengan lancar sebelum mereka meninggalkan orbit Bumi. Namun ketika tangki oksigen meledak, satu per satu masalah mulai bermunculan. Mereka harus memilih antara mempertahankan ego mereka untuk menyelesaikan misi di Bulan (ya, astronot dilatih bertahun-tahun untuk menyelesaikan satu misi, ditambah biaya yang tidak sedikit dalam menjalankan misi, mereka tidak ingin menyia-nyiakannya) atau mengagalkan misi dan kembali ke Bumi dengan selamat. Kecepatan dalam mengambil keputusan yang dibarengi dengan kecepatan berpikir merupakan kunci agar bisa bertahan hidup. Apakah mungkin karena misi mereka membawa angka 13 ya? Hmm.

4. Moon (2009)

Memandang Bumi dari Bulan via https://www.youtube.com

Moon bersetting di masa depan saat krisis energi di Bumi menyebabkan manusia melakukan penambangan bahan bakar di Bulan. Sam Bell merupakan satu-satunya pengawas yang ada di pertambangan Bulan. Ketika masa tugas tiga tahunnya hampir habis, Sam tiba-tiba jatuh sakit. Ia juga sering melihat dirinya dalam versi yang lebih muda. Halusinasi ini mungkin disebabkan oleh rutinitas monoton dan tidak adanya teman untuk berinteraksi selama tiga tahun. Diulang, tiga tahun. Bayangkan kamu gak ngomong sama siapapun dan melakukan hal yang sama setiap hari selama tiga tahun! Ini adalah film lain yang menggambarkan ngerinya sendirian di luar angkasa. Dan ngerinya …….. Ah, gak mau spoiler. Kamu tonton sendiri aja!

5. Interstellar (2014)

Mendekati black hole via https://ramblingrooby.wordpress.com

Christopher Nolan memang tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam membuat film yang penuh kejutan. Sebut saja Inception, Memento dan The Prestige. Kalau kalian suka dengan ketiga film yang disebutkan sebelumnya, pasti kamu juga akan terpana dengan kejeniusannya dalam membuat film Interstellar. Film ini bercerita tentang kehidupan Bumi di masa depan yang sudah tidak layak huni. Lalu seorang fisikawan NASA memiliki rencana untuk memindahkan seluruh populasi Bumi ke tempat baru melalui wormhole. Teori yang dilibatkan dalam film ini sempat jadi bahan perbincangan hangat tahun 2014 lalu. Cukup kompleks sih, tapi tanpa memahami teori Interstellar ini kamu juga mampu mengikuti cerita di film ini kok. Gak cuma bikin mikir, film ini juga mampu mengaduk-aduk emosi! Ibarat wanita, ini paket komplit sih: brain, beauty, heart.

6. Pandorum (2009)

Berseteru dengan kapten via http://www.popmatters.com

Pada tahun 2174, Bumi sudah terlalu penuh untuk ditinggali. Oleh karena itu, ilmuwan menciptakan kapal luar angkasa yang mampu membawa 60.000 orang. Orang-orang tersebut dikirim untuk memulai sebuah koloni di planet Tanis yang keadaannya mirip dengan Bumi. Dikarenakan jarak tempuh yang panjang, 123 tahun, dalam perjalanannya orang-orang itu akan masuk ke dalam fase Hypersleep. Cerita dimulai ketika dua anggota kru pesawat terbangun dan menyadari bahwa bahan bakar mereka tidak cukup untuk melanjutkan perjalanan. Di tengah penyakit Pandorum yang mereka derita akibat hypersleep, mereka berjuang untuk bertahan hidup hingga sampai Tanis dan melanjutkan peradaban manusia. Film bergenre horror thriller sci-fi ini wajib ditonton untuk kamu yang menginginkan pengalaman menegangkan di luar angkasa yang agak sedikit berdarah-darah.

7. Sunshine (2007)

Melihat matahari dari dekat via http://stagebuddy.com

Bagaimana jika cahaya Matahari tidak cukup lagi untuk menerangi Bumi? Sunshine bercerita tentang misi 8 astronot dengan keahlian yang berbeda-beda untuk menyelamatkan Matahari yang sedang sekarat. Dengan kapal ruang angkasa Icarus II, mereka membawa bom yang akan dilontarkan ke Matahari. Mereka sadar bahwa jika mereka tidak berhasil, kemungkinan mereka akan hilang tanpa kabar seperti Icarus I yang menjalankan misi ini sebelumnya. Ketegangan dimulai ketika salah seorang awak lupa mengoreksi sayap pelindung matahari. Lalu satu per satu masalah pun muncul. Dan satu per satu awak pun mulai gugur, baik karena kecelakaan maupun pengorbanan diri. Hal yang paling keren dalam film ini adalah ketika mereka beradu pendapat, dari bidang ilmu yang berbeda-beda, mengenai satu permasalahan yang sama. Dan bagaimana satu orang yang berkorban berarti hilang pula satu ahli yang dapat diandalkan. Mendebarkan!

Nah, itu dia 7 film outer space yang wajib kamu tonton. Kalau kamu punya rekomendasi film lainnya, kasih tahu Hipwee di kolom komentar ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Semacam fresh graduate. Penikmat musik yang menggandrungi fiksi kriminal terutama karangan Agatha Christie.

CLOSE