Destinasi yang sedang ngehits dan kekinian ini merupakan wisata yang baru di daerah Pemalang, Jawa Tengah. Bukit ini terletak di desa Gambuhan,kecamatan Pulosari,Kabupaten Pemalang.

Gara-gara Instagram, banyak orang mengunjungi Bukit Kukusan, Pemalang. Mereka penasaran akan keindahan pemandangan dan spot untuk mengambil foto kekinian. Selain biaya tiket masuk yang murah yaitu Cuma Rp.3.000 dan Parkir Rp.2.000, akses untuk mengunjungi wisata ini termasuk mudah karena lokasinya yang berada di samping jalan raya Moga-Guci.

Kalau dari arah pemalang kota,wisata ini bisa ditempuh lewat lampu merah sirandu ke selatan lurus terus sampai melewati kecamatan Bantarbolang dan Randudongkal. Seletah melewati kedua kecamatan tersebut kalian akan masuk ke kecamatan moga. Sampai pertigaan SMPN 1 Moga (yang ada lampu merahya) ambil ke kanan arah Guci. Setelah belok kanan kalian akan masuk di jalan raya moga-guci, sekitar 10 menit dari lampu merah SMPN 1 Moga kalian akan sampai ke lokasi. Bukit kukusan berada di samping kiri jalan setelah tanjakan yang lumayan curam. Tidak usah khawatir, disamping jalan sebelum sampai ke wisata ini sudah dipasang baner yang cukup terlihat jelas. Dan jika dari arah tegal, wisata ini bisa ditempuh lewat lebaksiu terus sampai ke yomani belok kiri terus mengikuti jalan arah guci, sebelum sampai ke gerbang masuk wisata guci ada jalan bercabang ambil kiri arah moga.

Bukit kukusan ini dikelola oleh pemuda-pemuda asli desa gambuhan, atau sering disebut FOKUS (Forum Komunikasi Pemuda Kukusan). Pemuda-pemuda ini sangat mudah dikenali, biasanya mereka menggunakan kaos berwarna hijau bertuliskan FOKUS MANAGEMEN. Menurut cerita salah satu anggota FOKUS, sekitar beberapa bulan yang lalu mereka sangat kesulitan mencari dana untuk mengembangkan bukit kukusan ini menjadi wisata. Atas usaha yang tak kenal lelah akhirnya mereka bisa mewujudkanya sekarang. Akhir-akhir ini Bukit Kukusan makin populer dikalangan wisatawan apalagi untuk para kalangan anak muda karena menawarkan spot-spot yang instagrammable banget.

1. Jalur Setelah Pintu Masuk

Jalur Setelah Pintu Masuk via http://candradanue.blogspot.co.idSeta

Untuk sampai ke spot spot foto di puncak, kalian hanya perlu berjalan kaki sekitar 5-10 menit dari tempat parkir. jalurnya juga sangat mudah karena sudah dibuat berundak undak seperti tangga.

2. Kedai Mantap Jiwa, Salah Satu Warung Yang Berada di Bukit Kukusan

Buat para pengunjung nggakusah takut kelaperan deh, ada beberapa warung di sekitar jalur menuju puncak bukit kukusan, salah satunya yaitu kedai mantap jiwa yang menjual seblak,ceker mercon, dan kopi galling. penasaran kan gimana bentuk dan rasanya ceker mercoon ??? nah loh :D

3. Ayunan Tresno, Pas Banget Buat Nyatain Cinta Nih

Advertisement

Ayunan Tresno via http://www.instagram.com

Buat kamu yang dateng kesini bareng pasangan atau gebetannya, coba deh nyatain cinta sambil duduk di ayunan sembari melihat pemandangan, uuuhhhh romantis abis deh ! Selain pemandangannya yang istimewa tentunya ini adalah moment yan istimewa juga buat kamu, iya ngak hehehe

4. Sambil Menikmati Keindahan Gunung Slamet, Coba deh Cerita Tentang Indahnya Masa Depan Bersama

Menikmati keindahan dan berbicara tentang mempertahankan via http://www.instagram.com

Bukit Kukusan bisa kamu ibaratkan dengan Puncak-puncak yang berada di Gunung, Kota Batu Malang atau juga daerah setenar Kalibiru andalan wisata di daerah Jogja. Memang setelah sampai di atas bukit, kamu akan dihadapkan pada pemukiman pendudukan dari kejauhan. Dominasi warna hijau dari alam tentu sangat memanjakan mata. Cihuy banget yang pasti kalo menikmatinya bareng pasangan dan berbicara mengenai masa depan bersama.

5. Nikmati Indahnya Pepohonan dari Atas tanpa Batas

Menikmati Pemandangan via http://www.instagram.com

Ngak Perlu jauh-jauh ke Malang atau juga ke Kalibiru, Kulon Progo. Disini kamu pun bisa menikmati pemandangan hijaunya pepohonan dari atas, ciamik banget deh.