5 Ide Bumbu Darurat yang Awet Disimpan di Kulkas. Meski Lauk Seadanya, tapi Rasa Boleh Dicoba~

bumbu darurat yang awet di kulkas

Makanan tanpa bumbu jelas nggak enak. Sebagai orang Indonesia, tentu udah nggak asing lagi untuk memasak dengan bumbu yang super lengkap dari tanah subur Indonesia. Nggak hanya sekadar bawang putih dan bawang merah, bumbu untuk satu masakan saja bisa lebih dari empat jenis bumbu, bahkan sampai ada yang harus menggunakan belasan!

Untuk ibu-ibu kita yang berpredikat Generasi X, kewajiban membumbui masakan dengan bumbu lengkap masih harus dilakukan. Ini jadi bagian kebiasaan dan pesan dari orang tuanya terdahulu lho! Jadi wajar banget kalau saat ini kita masih bisa mencicipi rasa masakan yang mirip masakan nenek.

Tapi yang namanya hidup, pasti nggak akan makmur terus. Pasti ada kalanya kulkas sepi penghuni dan bumbu nggak mendukung. Saat pandemi begini, perlu banget membuat bumbu darurat ini!

Advertisement

1. Cabai giling bisa kamu gunakan untuk masakan apapun. Biar darurat, makan tetap harus pedes!

terong balado

terong balado via https://thegorbalsla.com

Saat masa-masa awal bulan, jangan lupa untuk stok cabai merah dan rawit merah yang agak banyak. Sebagian cabai bisa langsung kamu blend untuk menghasilkan cabai giling homemade yang fresh.

Karena kita nggak pernah tau kapan kemakmuran hidup akan musnah dari kulkas, sebaiknya tempatkan cabai giling tadi di beberapa plastik atau container sehingga bisa digunakan beberapa kali. 

Advertisement

Maka ketika kamu hanya punya sebutir telur atau sepotong ayam fried chicken semalam, bumbu cabai giling tetap bisa memberikan kamu sensasi makan pedas ditengah krisis kantong yang nggal lagi seberapa. Hanya perlu ditambahkan sedikit bawang putih, bawang merah, gula, dan garam, jadilah balado yang enak. 

Biar nggak bau dan cepat busuk, cabai giling harus disimpan di freezer ya!

2. Agak royal sih, tapi menyimpan bumbu rendang giling dari pasar bisa bikin sebutir telur jadi enak banget!

Advertisement

Bumbu rendang nggak cuma buat daging kok. Dengan bahan makanan yang ada di rumah, kamu bisa membumbui apapun dengan bumbu rendang dari pasar. 

Abang penjual bumbu gilingan pasti udah tau banget pakemnya bumbu rendang. Jadi kamu hanya perlu menambahkan bawang merah yang dihaluskan, sedikit gula dan garam biar tambah sedap. Jadi deh, bahan ala kadarnya bumbu rendang!

Untuk pemakaian yang berulang-ulang, jangan khawatir bumbu rendang akan cepat berjamur. Dengan diletakkan di freezer, umur bumbu rendang akan awet sampai 3 bulan.

3. Meskipun bawang tinggal sedikit, pakai banyak udang ebi rasa masakan jadi ajaib!

udang kecil

udang kecil via https://www.pexels.com

Jangan sampai kulkas kamu nggak sedia udang ajaib ini! Sesedikit apapun bawang-bawangan, memakai banyak udang ebi pada nasi putih yang tinggal sepiring bikin nasi goreng a la kadar kamu seenak nasi goreng tektek.

Menyimpannya juga nggak susah sama sekali. Biar sekalian ramah lingkungan, cukup letakkan di wadah container dan diletakkan di dalam kulkas, udang ebi akan bertahan sampai 3 bulan atau lebih.

Tapi ingat, jangan mencuci udang ebi sebelum disimpan ya!

4. Lebaran setiap saat dengan makan opor

Enaknya makan opor nggak usah nunggu lebaran!

Bumbu ini harus cepat kamu buat pas kantong masih jaya-jayanya. Sediakan saja semua bumbu opor yang di blend lalu letakkan di wadah kecil yang terbagi-bagi biar sewaktu-waktu kamu bisa menggunakannya tanpa harus membuka-tutup wadah besar.

Tapi harus diingat, menurut abang penjual bumbu giling, menyimpan bumbu giling jangan sampai mengikutsimpankan bawang merah giling. Meskipun sejauh ini apa alasannya belum valid, tapi Praktisi Kesehatan menyatakan menyimpan bawang merah yang sudah dibuka akan menyerap bakteri disekitar sehingga justru membawa efek buruk bagi kesehatan.

Terlepas dari hal itu, biar hanya ada tahu, tetap bisa diopor kok! 

5. Senjata terakhir kita. Buat apapun, bumbu mie instan nggak pernah salah nikmatnya!

bumbu mie instan sachet

bumbu mie instan sachet via https://www.21food.com

Ini dia rahasia masakan tetap enak ditengah kondisi bumbu di dapur habis, bahkan hanya sekedar tersisa tempe di kulkas. Kamu bisa tetap hidup dengan makan tempe goreng berbumbu mie instan sachet yang disimpan. Inilah kenapa menyimpan bumbu mie instan ketika hanya mie instannya saja yang digunakan penting banget. 

Nggak nyangka kan bakal jadi pengganti gula, garam, bawang-bawangan dan segala bumbu lainnya pas hidup kepepet?

Sedia payung sebelum hujan, sedia bumbu sebelum nggak bisa makan. Bumbu-bumbu ini bisa kamu coba untuk stock di rumah apalagi di masa nggak menentu seperti sekarang. Udah enak, irit lagi daripada beli dilluar.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE