Ladies, apa kamu pernah pakai gincu alias lipstik kemudian lipstik yang kamu pakai membuat bibirmu jadi gatal atau malah pecah-pecah? Nah, kalau pernah berarti kamu senasib dengan saya. Belum lama ini, saya mengalami yang namanya alergi lipstik. Jadi saat pakai lipstik dengan bahan tertentu yang sampai saat ini belum saya tahu, bibir saya jadi gatal-gatal bagaikan terserang banyak nyamuk.

Menurut Dermatologist, Dr. Delwyn Dyall-Smith FACD., lipstik dan produk perawatan bibir adalah penyebab paling umum dari alergi cheilitis pada perempuan. Cheilitis sendiri, ungkapnya lagi seperti yang dikutip situs kesehatan dermnetnz.org, merupakan istilah medis untuk bibir yang meradang. Karena dalam kandungan lipstik mungkin mengandung tingkat wewangian dan logam yang tinggi di atas yang direkomendasikan kosmetik, maka lipstik dianggap sebagai kosmetik berisiko menengah untuk reaksi alergi.

Sehingga tidak heran, kalau nanti kamu tidak cocok dengan salah satu bahan dalam lipstik, bibir kamu bisa gatal-gatal, kering atau bahkan menghitam seperti manusia Zombie, hiiiii...

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Nah, ada beberapa cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk hilangkan alergi gincumu.

1. Hentikan Pemakaian Lipstik

Ini cara paling ampuh yang telah saya terapkan dan paling pertama saya sarankan, syukurnya gatal-gatal langsung menghilang saat saya hentikan pemakaian.

2. Oleskan Madu Pada Bibir

Honey in Lip

Honey in Lip via https://darklipstips.com

Jika bibirmu kering bahkan sampai pecah-pecah karena alergi lipstik, kamu bisa oleskan madu pada bibirmu setelah dibersihkan dengan pembersih khusus bibir. Hal paling penting nih, jangan menjilati bibir kalau bibirmu kering, ya ladies, apalagi kalau menjilatinya karena wangi lipstiknya membuat kamu lapar. Sebab kata Dr. Delwyn, menjilati bibir sebagai respon keringnya bibir dapat menjadi iritasi dermatitis.

3. Hindari Bahan Lipstik yang Membuatmu Alergi

Kandungan Lipstik

Kandungan Lipstik via https://labmuffin.com

Advertisement

Cara ketiga ini juga saya aplikasikan untuk bibir, yang akhirnya membuat saya mengganti lipstik yang saya beli dengan lipstik Wardah. Bukan iklan lho ini, tapi faktanya demikian. Label halal pun tidak menjamin kandungan yang ada dalam lipstik itu membuat bibir kita tidak alergi, meski insyaa Allah bahan-bahan dan produksinya tetap halal.

4. Gunakan Lipstik yang Memang Cocok untuk Bibirmu

Lipstik Wardah dalam Berbagai Varian

Lipstik Wardah dalam Berbagai Varian via http://www.wardahbeauty.com

Mencari Lipstik yang tidak hanya halal, namun juga menyehatkan dan cocok untuk bibir ternyata ibarat mencari makan, nah syukurnya, Exclusive Lipstick Wardah yang bungkusnya berwarna hijau itu ternyata tidak hanya sekedar mempercantik bibir tapi juga menyehatkannya karena di dalamnya mengandung Squalane, Vitamin E, Minyak Jojoba dan Zaitun, bibir saya jadi tidak gatal lagi deh!.

5. Konsultasikan atau Periksakan ke Dokter

Dokter akan menganalisis alergi bibirmu

Dokter akan menganalisis alergi bibirmu via http://indianexpress.com

Macam himbauan di bungkus-bungkus obat: jika sakit berlanjut hubungi dokter. Jadi jika bibirmu masih menunjukkan reaksi alergi juga padahal sudah melakukan banyak cara, sebaiknya kamu periksakan ke dokter. Dokter kulit dapat membantumu untuk menelusuri dan memutuskan bahan apa yang membuat bibirmu memberikan reaksi alergi pada lipstick.

Advertisement

Gampang kan? So, #LoveYourSkin and take care of your lip ya, Ladies!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya