6 Tips untukmu yang Ingin Mulai Ternak Ayam di Rumah. Cukup Sederhana dan Nggak Susah

Cara ternak ayam di rumah

Di situasi pandemi seperti ini, banyak dari kita yang melakukan kegiatan di rumah atau work from home. Tidak sedikit juga yang akhirnya terkena dampak pandemi dalam bentuk dirumahkan atau dirumahkan. Dengan berada di rumah sering kali banyak waktu luang yang tersedia. Ada banyak aktivitas bermanfaat yang dapat dilakukan saat kita hanya berada di rumah, salah satunya adalah beternak ayam.

Beternak ayam di rumah jika dipersiapkan dengan baik dapat memberikan keuntungan finansial yang cukup menguntungkan. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika anda ingin mencoba aktivitas beternak ayam dirumah. Yuk disimak beberapa tips agar berhasil beternak ayam di rumah di bawah ini!

Advertisement

1. Pastikan kandang kamu cukup luas

Pinterest

Pinterest via http://pinterest.com

Hal yang paling utama sebelum kamu ingin memulai kegiatan ternak ayam adalah memastikan luas halaman rumah anda memungkinkan untuk dilakukan aktivitas tersebut. Jika ruang gerak ayam tidak banyak dapat membuat ayam menjadi stress dan tidak sehat. Dengan kurangnya ruang gerak, ayam dapat cepat lelah dan kehilangan selera makan.

Ukuran yang ideal untuk pembuatan kandang ayam memiliki tinggi 2,25-2,5 m dengan lebar 4-8 m untuk ayam 8-12 ekor ayam. Dengan ukuran tersebut, ayam memiliki ruang gerak yang ideal. 

Advertisement

2. Posisikan kandang dekat rerumputan

Freepik

Freepik via http://freepik.com

Anda dapat memanfaatkan kondisi dimana jika dirumah anda terdapat rerumputan. Ayam dapat mendapatkan beberapa makanan jika letaknya dekat dengan tempat berumput. Dengan itu secara tidak langsung anda telah menghemat pengeluaran pakan ayam. Tetapi anda harus memperhatikan kebersihan lingkungan dekat kandang ayam anda. Hindari tempat yang penuh dengan sampah, dikarenakan ayam dapat makan makanan busuk dan sebagainya yang dapat menimbulkan penyakit. 

3. Berikan pembatas kandang

Berikan Pembatas Kandang

Berikan Pembatas Kandang via https://www.anakdagang.com

Banyak sekali kejadian ayam yang masuk ke pemukiman warga lain. Pastikan anda membuat sekat atau pembatas kandang ayam anda. Pastikan ayam anda tidak berkeliaran keluar ke jalan raya. Dengan memberikan batas kandang, anda sudah menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti ayam terlindas kendaraan warga. Pastikan pula untuk memastikan ayam anda aman dari kemalingan.

4. Posisikan kandang ayam menghadap timur

pertanianku.com

pertanianku.com via http://pertanianku.com

Ada beberapa posisi kandang ayam yang sangat direkomendasikan. Yang pertama adalah pastikan kandang ayam kamu tidak menempel dengan dasar tanah. Hal tersebut direkomendasikan dikarenakan jika hujan, dasar kandang tidak basah dan lembab. Setelah itu, posisi kandang disarankan menghadap arah timur. Hal tersebut untuk menjaga insting ayam dan matahari dapat masuk ke dalam kandang.

Advertisement

5. Berikan suplemen ayam

sampulpertanian.com

sampulpertanian.com via http://sampulpertanian.com

Untuk memastikan ayam yang anda ternak tetap sehat. Penting untuk memberikan suplemen ayam ke makanan ayam. Ada banyak berbagai suplemen ayam di marketplace online Indonesia. Pastikan memilih suplemen ayam yang sudah terbukti kualitasnya. Hindari suplemen ayam untuk mempercepat ayam menjadi gemuk, dikarenakan ayam memang lebih cepat gemuk tetapi secara kesehatan malah dapat menurun.

6. Memilih tempat pakan yang baik

Tempat Pakan Ayam - MItra Alat Ternak

Tempat Pakan Ayam – MItra Alat Ternak via https://mitraalatternak.id

Untuk pemberian pakan direkomendasikan menggunakan tempat pakan ayam. Dengan menggunakan tempat pakan ayam, anda tidak perlu mengkhawatirkan kebersihan lingkungan kamu. Tempat pakan ayam memiliki banyak jenis dan ukuran tergantung dengan kebutuhan yang anda perlukan. Banyak marketplace di Indonesia yang menyediakan beragam tempat pakan ayam berkualitas seperti di Tokopedia, Bukalapak, Mitra Alat Ternak dan masih banyak lagi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE