Aduh, aku malas maskeran.

Aku rajin cuci muka kok, ngapain maskeran?

Muka aku udah bersih, kayaknya gak perlu maskeran lagi deh.

Ah, pake air wudhu juga kinclong!

Maskeran? Emang penting?!

Hayo, adakah salah satu di antara kamu yang kayak gini? Daripada alasanmu makin menjadi-jadi, yuk simak uraian berikut ini!

1. Sebenarnya, masker wajah itu apa sih?

Masker wajah atau facemask adalah salah satu wujud perawatan kulit dengan beragam bentuk, variasi dan fungsi. Kita dapat mengkategorikan masker berdasarkan bahan asalnya (organik atau non-organik) dan bentuknya (bubuk atau cair). Masker biasanya terdiri dari berbagai varian yang disesuaikan dengan kondisi kulit. Ada masker untuk kulit kering, kulit sensitif, kulit berminyak dan berjerawat, serta kulit kombinasi.

Advertisement


Kamu tinggal menyesuaikan dengan kondisi kulit wajahmu, dan memakainya secara teratur untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.


2. Modal cuci muka saja nggak cukup untuk merawat kulit indahmu

Cuci muka saja tidak cukup

Cuci muka saja tidak cukup via https://femina.com

Dears, cuci muka pagi dan malam hanya mampu membersihkan permukaan kulit saja. Sama halnya dengan tubuh, kulit juga perlu nutrisi. Sebagai bagian tubuh paling luar yang rentan terkena asap, debu, dan polusi, siapa yang tahu banyak polutan yang mengendap dalam kulit kita. Masker adalah salah satu bentuk skincare wajib yang mampu membersihkan kulit hingga ke dalam dan menutrisinya. Masker mampu mengoptimalkan upayamu dalam merawat kecantikan kulit. Jangan merasa aman hanya karena sudah rajin cuci muka, ya!

3. Malas maskeran karena ribet? Coba pikir lagi!

Jangan malas-malas, ah

Jangan malas-malas, ah via http://beautynesia.id

Saat ini, facemask memang beragam bentuknya. Ada yang tinggal oles, langsung tempel kayak sheetmask, banyak juga yang harus dilarutkan air lebih dulu (biasanya masker organik bubuk). Sedikit ribet untuk hal yang baik, terlebih dirimu sendiri, gak masalah dong. Toh, kamu juga yang akan mendapat manfaatnya. Kalau buat diri sendiri aja malas, jangan heran kulit kamu nantinya kusam atau terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Hiiiā€¦

4. Tunggu, memangnya beda make up dan skincare itu apa? Lebih praktis pakai make up, ah!

skin care or make up?

skin care or make up? via http://livestrong.com

Advertisement

Make up memang bisa menyembunyikan kekurangan pada kulit wajah, tapi semua itu hilang setelah kamu menghapusnya (belum lagi kalau ngehapus make up-nya nggak bersih, jadi masalah baru di kulit wajah). Make up itu perlu, skincare itu butuh. Skincare adalah aset untuk merawat kecantikan diri. 'Sedikit ribet' atau 'agak mahal' hanyalah bagian dari pengorbanan (bahkan umumnya keperluan makeup lebih mahal, lho).

Pun ada istilah beauty is pain, karena demi mencapai hasil terbaik, ada harga yang harus dibayar. Jadi sebenarnya, kedua hal ini sama-sama penting. Hanya saja, make up lebih bersifat instan, begitu kamu poles hasilnya akan langsung terlihat. Misalnya, pakai foundie akan bikin wajahmu terlihat mulus dan menyamarkan pori-pori wajah. Skincare cenderung bersifat jangka panjang. Dan seperti yang sudah disebut di awal, masker adalah bentuk skincare wajib buat kamu yang ingin punya kulit sehat sampai tua.

5. Kalau kamu sudah lumayan sadar pentingnya maskeran, what are you waiting for?

Ayo mulai maskeran!

Ayo mulai maskeran! via https://nembino.blogspot.com

Cari referensi produk masker yang recommended, dan sesuaikan variannya dengan kebutuhan kulit kamu. Kalau kamu sudah punya tapi jarang menggunakannya, coba sisihkan waktu sejenak untuk 'me time'. Ini saatnya kamu memanjakan diri, ambil posisi ternyaman kamu selama menunggu masker di wajah mengering. Kamu bisa mendengarkan musik, menonton drama atau vlog idola kamu, membaca wattpad atau novel, bahkan membaca artikel-artikel menarik di hipwee! Biarkan kulit wajahmu berelaksasi, dan jangan lupa jadikan kegiatan maskeran ini sebagai rutinitas mingguan kamu.

Jangan males, jangan cuek sama kebutuhan diri sendiri! Kalau bukan kamu yang mengurus dirimu, siapa lagi? Karena merawat kecantikan yang kita miliki adalah bentuk dari rasa syukur terhadap Tuhan yang telah menciptakan kita. So, let's make a quality me-time!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya