Dijuluki Pulau Dewata, 7 Kuliner Khas Ini Wajib Dicoba di Pulau Bali

Dari minuman sampai makanan yang menggugah selera

Indonesia merupakan salah satu destinasi pariwisata favorit para turis mancanegara. Negara ini memiliki kekayaan alam yang melimpah dan wajib untuk dikunjungi. Setiap pulaunya memiliki keunikan alam tersendiri yang menjadikan negara ini sebagai Zambrud Khatulistuwa.

Pulau Bali adalah salah satu pulau di Indonesia yang keindahan alamnya terkenal hingga ke mancanegara. Pulau Dewata ini menyuguhakan pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Selain pariwisatanya yang menarik, kuliner khas dari pulau ini wajib dicoba saat berlibur. Penasaran? Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

Advertisement

1. Ayam Betutu

Ayam betutu merupakan salah satu makanan khas Pulau Dewata yang terkenal. Ayam ini diberikan berbagai macam bumbu dan dipanggang diatas bara api. Rasanya yang gurih dan pedas bercampur rata dan benar-benar mengguncang lidah. Hidangan ini juga biasanya disajikan saat acara Otonan (acara menyambut hari kelahiran seseorang).

2. Sate Lilit

Sate Lilit

Sate Lilit via https://www.idntimes.com

Sate lilit merupakan salah satu kuliner yang wajib kalian coba saat berlibur di pulau ini. Sekilas mirip sate biasa, namun yang membedakannya adalah bumbu yang digunakan dan tusuk sate yang digunakan. Bumbu yang digunakan kaya akan rempah-rempah dengan daging yang dibaluri disekitar tusuk sate. Rasanya antara pedas dan gurih. Bikin ketagihan.

Advertisement

3. Jukut Urap

Jukut Urap

Jukut Urap via https://food.detik.com

Jukut urap adalah satu olahan sayur khas Pulau Bali. Dalam Bahasa Bali Jukut berarti sayur dan urap artinya campur. Jadi, jukut urap adalah sayur yang dicampur. Berbagai macam sayur dicampurkan dengan berbagai macam bumbu yang sudah diracik sedemikian rupa. Rasanya segar, gurih, dan sedikit pedas. Kita bisa menemukan pedagang yang menjualnya dalam keadaan terpisah antara sayur dengan bumbunya agar bumbu bisa diracik sesuai selera.

4. Laklak

Laklak merupakan jajan tradisional khas Bali. Sekilas mirip dengan Serabi, namun sebenarnya berbeda. Laklak terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan air hangat. Air daun suji digunakan untuk menambahkan warna hijau pada laklak. Lalu laklak dimasak dalam api yang membara. Laklak biasanya disantap dengan kelapa parut serta saus gula merah yang terbuat dari gula merah, gula pasir dan air mineral. Rasanya gurih dan manis

5. Loloh Cem-Cem

Loloh Cem-Cem

Loloh Cem-Cem via https://cookpad.com

Jarang ada yang tahu mengenai minuman khas Bali ini. Dalam Bahasa Bali, loloh berarti jamu. Jadi, loloh cem-cem merupakan jamu khas Bali yang terbuat dari tanaman kedondong hutan. Minuman ini merupakan minuman kesehatan khas salah satu kabupaten di Bali yaitu Kabupaten Bangli. Khasiatnya sama seperti jamu pada umumnya. Rasa dari minuman ini seperti bumbu rujak yang sedikit pedas dan gurih.

Advertisement

6. Bulung

Bulung merupakan makanan yang terbuat dari rumput laut khas Bali dengan campuran bumbu yang melimpah dengan tambahan toping kacang. Bulung juga biasanya dipadukan dengan campuran yang lainnya seperti buah boni dan kuah pindang. Intinya rasanya seperti rujak dengan perpaduan segar, pedas, dan gurih.

7. Es Daluman

Es Daluman

Es Daluman via https://cookpad.com

Ada yang tahu dengan minuman ini? Sekilas mirip cendol, tapi berbeda lho. Es daluman merupakan minuman segar yang terbuat dari daun daluman sebagai pewarna hijaunya lalu diberi susu kental manis. Minuman ini manis dan segar dinikmati saat cuaca panas.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penulis imut yang suka memanfaatkan waktunya dengan mendengarkan musik sambil menikmati cemilan manis. Ia juga penulis pemula Hipwee yang baru terjun ke dunia tulis menulis. Tak manis tak imut~

CLOSE