Di era yang serba canggih ini, semua dituntut serba otomatis dan digital. Banyak inovasi yang terus diciptakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan segala aktifitas. Dengan begitu manusia dapat melakukan segala aktfitas hanya dengan duduk diatas kursi dan mengontrol semuanya melalui gadget atau PC saja.

Nah semua kebiasaan dan gaya hidup serba maju dan praktis ini sebenarnya ada plus minusnya. Disisi lain kamu akan mendapatkan seluruh dunia digengamanmu dan disisi lain penyakit akan menggerogotimu. Kenapa penyakit? Karena kamu akan lebih sering duduk diam daripada bergerak, sehingga semua lemak akan mumpuk dan mengakibatkan timbulnya penyakit. Salah satu penyakit yang membayangi gaya hidup kurang gerak adalah kolesterol. Kolestrol tinggi dapat menyerang siapa saja baik muda tua, pria wanita, semua dapat terkena kolestrol. Bentuk jangka panjang dari kolesterol adalah gangguan jantung dan penyakit jantung koroner.

Untuk mencegah atau menurunkan kolestrol harus dimulai sejak dini. Semakin muda usiamu, maka semakin baik untuk mencegah atau menurunkan kolestrol. Nah bagaimana sih mencegah atau menurunkan kolestrol? Berikut adalah kebiasaan baik yang sebaiknya mulai kamu lakukan.

1. Mulailah Berolahraga Secara Rutin Hari Ini

Cara Menurunkan berat badan dengan cepat via https://sehatly.com

Berolahraga secara rutin selain baik untuk mencegah atau menurunkan kolestrol tapi juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit lain. Olahraga merupakan aktivitas yang menyenangkan lagi menyehatkan. Tidak ada efek samping dari olahraga, jika dilakukan dengan benar dan dalam batas sewajarnya. Terkait dengan kolesterol, olahraga membantu penderita meningkatkan HDL dan merendahkan risiko kematian pada penderita serangan jantung hingga 25% dibanding melakukan pengobatan biasa.

Permasalahannya, tiap orang rata-rata sudah tidak peduli dengan kondisi kesehatannya. Kesadaran baru muncul setelah timbul suatu masalah, dan ini sangat ironis. Oleh karena itu, jika Anda sayang dengan tubuh dan keluarga, buatlah jadwal rutin berolahraga mulai hari ini. Nah dengan majunya teknologi pun kamu bisa mencari di internet tentang olahraga yang bisa kamu lakukan dirumah atau olahraga – olahraga sederhana yang berdampak baik bagi kesehatanmu. Karena banyak juga gerakan tubuh yang sederhana yang merupakan olahraga.

2. Untuk Kamu Yang Mempunyai Badan Gemuk, Bisa Mencoba Diet Rendah Lemak

Diet sehat via https://camargus.com

Advertisement

Salah satu penyebab kolestrol adalah gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, dan ini dapat membuatmu terkena obesitas atau kegemukan. Nah badan yang gemuk selain membuatmu tidak percaya diri tapi juga merupakan penyebab kolestrol atau penyakit datang. Untuk menurunkan berat badan atau mencegah kegemukan kamu bisa mencoba diet rendah lemak.

Diet rendah lemak sangat bagus bagi mereka yang mengalami kegemukan, bahkan obesitas sentral. Kamu bisa mengawalinya dengan mengonsumsi beberapa makanan sehat seperti ikan dan sayuran. Hindari daging merah dan kentang goreng, meskipun mudah pembuatannya dan enak rasanya, makanan ini sangat tinggi lemak dan dapat memicu kolesterol tinggi. Studi penilitian membuktikan bahwa diet rendah lemak sangat efektif menurunkan kolestrol jahat sebesar 20%.

3. Ganti Menu Kamu Dengan Seafood

Ikan-ikan yang menganduh omega-3 via https://sehatly.com

Mulai sekarang, biasakanlah konsumsi hasil laut. Tetapi tidak semua makanan laut menyehatkan, ada saja yang buruk bila masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu, kamu harus tahu jenis makanan laut yang menyehatkan tubuh dan mencegah kolestrol. Mereka adalah kawanan ikan yang kaya akan lemak esensial omega-3 (sehat) dan rendah lemak jenuh.

Advertisement

Asam lemak omega-3 dibutuhkan tubuh untuk membantu menguras trigliserida, kolesterol secara total, dan LDL kolesterol. Sumber dari ikan berlemak misalnya, salmon, tuna, sarden, dan trout. Perlu diingat, agar manfaat yang terdapat di setiap ikan tidak hilang ataupun berkurang, sebaiknya kamu mengolah atau membuatnya menjadi matang dengan cara diuap atau dibakar atau dipanggang. Jangan digoreng dengan minyak karena jika sudah masuk ke tubuh, lemak yang dikandungnya sudah berubah jadi jahat.

4. Sesibuk Apapun Kamu, Jaga Pola Tidur Kamu Dan Hindari Stres Berlebih

beginilah bentuk mimpi bayi via https://sehatly.com

Di zaman yang serba sibuk ini, terkadang kegiatanmu menuntut jam kerja extra. Kurang tidur ini merupakan salah satu penyebab banyak penyakit dan salah satunya kolestrol. Karena ketika kamu kurang tidur memicu kamu untuk ngemil dan akhirnya bertambanhnya berat badan.

Tidur yang tidak cukup selain dapat menimbulkan dan menigkatkan kolestrol, tapi juga dapat menimbulkan stres. Dari hasil riset di suatu negara, stres tingkat tinggi benar-benar meningkatkan kadar kolesterol. Hal ini terlihat dari beberapa orang yang mengalaminya. Oleh karena itu, hindari stres mulai sekarang. Selain tidur yang cukup, kamu bisa melakukan aktivitas yang menjadi hobi, turuti saja selagi baik untuk kesehatan tubuh. Meditasi juga menjadi solusi yang tepat agar terhindar dari stres.

5. Perbanyak Konsumsi Sayuran Dan Buah

sayran segar via http://www.infoaliment.ro

Sayuran dan Buah memang dikenal banyak memiliki manfaat untuk tubuh kamu. Sayuran dan buah kaya akan vitamin dan antioksidan, selain itu kandungan yang tak kalah penting adalah serat. Serat ini sangat bermanfaat untuk mengikat kolesterol dalam usus, sehingga lemak jahat tidak sampai tersebar dalam darah. Serat juga membantu memperlancar proses pencernaan dan mencegah sembelit.

Makanlah buah 30 menit sebelum makan untuk mendapatkan vitamin, serat, dan antioksidan secara maksimal. Mengapa 30 menit sebelum makan ? karena kandungan buah tidak akan terserap maksimal jika perut tidak dalam keadaan kosong.

Nah itulah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk menekan kolesterol dalam tubuh. Kolesterol sendiri tidak memiliki ciri yang nampak pada penderitanya. Itu artinya seseorang tidak bisa mengetahui dirinya bebas kolesterol atau tidak kecuali melalui serangkaian pemeriksaan. Kita harus tetap waspada karena bisa saja saat membaca artikel ini, kolesterol jahat sedang menyebar dalam darahmu.

Mungkin sekian yang bisa saya sampaikan. Semoga menambah wawasan kamu dan dapat menambah kesadaaran kaum muda akan bahaya kolesterol. Tetap semangat, sehat dan awasi penyakit disekitarmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya