Mendapatkan badan yang ideal jelas jadi impian banyak orang. Bisa pakai celana jeans dengan kepala 2, nggak perlu menutupi perut pakai tas demi menutupi gelambirnya, sampai merasa sehat dan fit karena badan yang ringan. Demi mencapai angka di timbangan yang membuat tersenyum semua cara rela dilakoni. Olahraga, menjaga pola makan, ikut semua jenis diet yang sedang sering dibicarakan.

Kalau mau kurus ya udah, coba makan buah sama banyakin sayur aja.

Pernahkah kamu mendengar pernyataan itu? Tapi pernahkah kamu bertanya buah dan sayur mana yang paling bagus untuk proses dietmu? Di sini Hipwee akan berusaha menjelaskannya khusus untukmu. Tetap semangat ya pejuang berat badan ideal!

1. Mengandung 60% karbohidrat kompleks, brokoli akan mendukung dietmu

Brokoli sehat untuk kandungan via https://sehatly.com

Selain terkenal sebagai sayuran yang dapat menjadi penangkal kanker, brokoli juga merupakan sayur yang baik untuk diet. Pasalnya brokoli mengandung 40% protein dan 60% karbohidrat kompleks yang baik bagi tubuh. Karbohidrat kompleks berbeda dengan karbohidrat biasa, karena jenis ini justru dapat membantu menurunkan berat badan, selain itu juga baik untuk pencernaan.

Advertisement

Tak lupa, serat yang dikandung brokoli pun membuat rasa kenyang tertahan lebih lama. Brokoli juga mengandung antioksidan, kalsium, selenium, magnesium, zat besi dan thiamin yang berguna bagi kesehatan tubuh.

2. Bayam yang kaya serat ampuh menurunkan kadar air dalam tubuhmu. Badan jadi ringan!

Bayam berbahaya jika… via https://sehatly.com

Bayam merupakan salah satu sayuran terbaik untuk diet. Bayam memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dibandingkan dengan sayuran lain. Selama ini serat kamu kenal berguna untuk memperlancar pencernaan, yang tentunya berguna untuk diet, namun sebenarnya serat juga memiliki manfaat luar biasa lainnya untuk menurunkan berat badan, yaitu mampu mengurangi timbunan air dalam tubuh.

Penumpukan air dalam tubuh adalah salah satu penyebab kenaikan berat badan, seperti yang diutarakan dalam diet mayo.

3. Bunga kol ternyata mengandung vitamin C yang tinggi. Ciamik nih

bunga kol via https://camargus.com

Advertisement

Jika kamu mengenal jeruk sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C paling tinggi, maka sayuran yang mengandung vitamin C tinggi adalah bunga kol ini. Vitamin C sangat penting dalam membantu membakar lemak saat beraktivitas atau olahraga. Vitamin C tidak dapat membakar lemak dengan sendirinya, dan juga tanpa vitamin C pembakaran lemak saat beraktivitas tidak akan maksimal.

4. Sodium dan serat di dalam wortel membuatmu nggak mudah lapar. Niat diet jadi aman

wortel ternyata buruk untuk kelinci via https://camargus.com

Selanjutnya sayuran yang baik untuk diet adalah wortel. Wortel mengandung sodium, serat, protein dan berbagai vitamin seperti vitamin C dan vitamin A. Salah satu manfaat wortel apabila dikonsumsi setiap hari adalah dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan karena kandungan fiber-nya yang sangat tinggi. Selain itu, wortel juga bisa dijadikan sebagai cemilan sehat yang dikonsumsi disela-sela waktu makan untuk menjauhkan rasa lapar agar kamu tidak makan secara berlebihan.

5. Cari buah yang kalorinya sangat rendah? Kamu bisa makan apel!

Apel juga merupakan buah yang terkenal baik untuk diet. Pernyataan tersebut memang benar dikarenakan apel memiliki banyak hal yang dibutuhkan untuk diet menurunkan berat badan. Apel sangat rendah kalorinya, sekitar 100 kalori untuk 1 buah apel. Kandungan air dan serat yang tinggi dari apel akan membuatmu merasa kenyang lebih lama, Variasi nutrisi yang ada pada apel juga dapat menjaga tubuhmu tetap sehat selama melakukan program diet.

6. Tidak banyak mengandung gula, kamu yang sedang diet harus sering-sering makan pepaya

Buah pepaya juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah manis dan lembut ini mengandung serat yang banyak yang membantu melancarkan proses pencernaan tubuh. Buah pepaya sangat bagus untuk membantu diet dengan cepat karena buah pepaya mengandung enzim alami yang sangat unik yang mendorong proses pencernaan makanan dengan cepat. Buah pepaya juga sangat kaya akan nutrisi antioksidan seperti vitamin C, carotene dan flavonoids.

Buah ini juga mengandung gula yang sedikit sehingga tidak memberikan banyak kalori pada tubuh, membuat ini sebagai buah yang baik untuk diet.

7. Nggak bikin lapar dan mampu menurunkan kolesterol. Ya cuma buah pear

Pear for life via http://www.azernews.az

Buah untuk diet berikutnya adalah pear. Buah ini memiliki banyak kesamaan dengan apel dalam manfaatnya untuk diet, pear mengandung banyak serat yang kadarnya lebih tinggi dibandingkan kebanyakan buah lainnya. Peran serat dalam buah pear ialah dapat membuat perut terisi lebih lama sehingga membantu kamu merasa kenyang lebih lama dan tidak cepat lapar. Pear juga mengandung potassium yang dapat membantu menurunkan kolestrol.

8. Menunda lapar pakai buah ternyata sesederhana makan buah alpukat ini

alpukat cegah penuaan via https://sehatly.com

Alpukat mengandung lemak baik berupa asam oleat yang merupakan lemak tidak jenuh tunggal. Banyaknya kandungan lemak baik dalam alpukat bermanfaat untuk menunda lapar. Lemak jenis ini juga diprediksi baik bagi kesehatan jantung serta mampu menormalkan pembekuan darah. selain itu alpukat juga dapat membantu mengontrol gula darah.

Selain kandungan lemak baik yang tinggi, avokad juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Dalam satu setengah buah avokad, mengandung sekitar 4,6 gram serat, folat, dan vitamin B6. Di dalamnya juga terkandung kalium dalam jumlah yang cukup banyak, yaitu sekitar 345 mg.

Selain 8 jenis sayuran dan buah yang diatas, jenis sayuran yang lain yang bisa dikonsumsi adalah sayuran hijau. Dalam mengonsumsi buah untuk diet pilihlah yang segar, bukan yang sudah dikeringkan, karena buah yang sudah dikeringkan sangat kaya kalori, hingga 9 kali lipat. Kombinasikan sayuran dan buah yang kamu konsumsi secara bervariasi supaya tidak bosan dan dapat menyelesaikan progam diet hingga akhir.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya