#DestinasiHipwee–Ingin Berfoto sambil Belajar Sejarah? Ini 5 Rekomendasi Tempatnya

Inilah beberapa rekomendasi tempat-tempat di Jakarta yang bisa didatangi untuk belajar sejarah sekaligus berfoto-ria. Ingat semboyan yang pernah diucapkan Bapak Proklamator kita, Ir. Soekarno dalam pidatonya saat HUT RI tanggal 17 Agustus 1966, Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah atau disingkat Jasmerah.

Sebentar lagi sudah masuk bulan Agustus ya kawan. Gegap gempita perayaan ulang tahun Indonesia sepertinya tidak akan seramai dulu. Eits.. tapi jangan bersedih. Buat kamu yang tinggal di DKI Jakarta tapi tidak bisa mengibarkan bendera merah putih di gunung atau pantai dan laut. Aku punya rekomendasi beberapa #DestinasiHipwee di Ibukota Negara kita yang masih tetap kece untuk spot foto sambil belajar sejarah dan menikmati pemandangan sekitar.

Advertisement

1. Monumen Pembebasan Irian Barat

Photo by @lapangan_banteng on Instagram

Photo by @lapangan_banteng on Instagram via https://www.instagram.com

Berada di pusat kota Jakarta, Monumen Pembebasan Irian Barat atau yang terdapat di Lapangan Banteng menjadi salah satu landmark yang eye catching di Pasar Baru, Jakarta Pusat. Lokasinya tidak jauh dari Gereja Katedral Jakarta.

Jika berkunjung kesini, kita dapat menemukan banyak orang yang jogging, jalan santai, menikmati keindahan sekitar taman sambil duduk berpiknik ria, berfoto-ria, dan belajar sejarah ketika masa pembebasan Irian Barat melalui dinding-dinding di dekat Monumen Pembebasan Irian Barat.

Advertisement

Bagi bunda yang sedang membawa anak, disini juga tersedia tempat bermain untuk anak. Oh iya, tersedia juga lho water fountain yang bisa kita saksikan di hari Sabtu dan  Minggu pukul 18.30 – 19.30 – 20.15 WIB.

2. Patung Ir. Soekarno di Gelora Bung Karno

Photo by @fotokitaid on Instagram

Photo by @fotokitaid on Instagram via https://www.instagram.com

Hayoo…siapa yang sering datang ke Gelora Bung Karno tetapi belum pernah mengunjungi langsung Patung Presiden Republik Indonesia yang pertama disini? Ternyata di Gelora Bung Karno, terdapat Patung Ir. Soekarno berdiri tegap dengan memegang jas.

Advertisement

Kita dapat menemukan patung ini dengan mudah melalui Pintu 5 Gelora Bung Karno. Tidak jauh berjalan kaki dari Pintu 5, kita akan disambut dengan Patung IR. Soekarno setinggi kurang lebih 20 meter. Patung ini dipasang di Gelora Bung Karno sebagai bentuk penghargaan kepada Ir. Soekarno sebagai penggagas Gelora Bung Karno itu sendiri. Selain itu juga pada tanggal 18 Agustus 2018 lalu, Gelora Bung Karno menjadi tempat perhelatan olahraga terbesar di Asia yaitu Asian Games 2018.

Selain dapat berolahraga di Gelora Bung Karno, di sekitar patung Ir. Soekarno juga dapat dijadikan spot selfie yang menarik. Jangan lupa juga untuk membaca prasasti yang terdapat di bawah patung ini ya kawan. Dengan demikian kita pun dapat ikut belajar sejarah dan ikut memaknai arti dari pertandingan olahraga.

3. Patung Diponegoro

Photo by @novemlawalata on Instagram

Photo by @novemlawalata on Instagram via https://www.instagram.com

Patung Diponegoro yang terdapat di seberang Taman Suropati dan di depan Gedung Bappenas. Dahulu, sebelum digantikan oleh patung Diponegoro terdapat patung seorang ibu yang akhirnya disebut patung Kartini.

Patung ini dikelilingi oleh tanaman yang cantik dan ditata dengan sangat rapi nan indah. Karena terletak di pertemuan Jalan Diponegoro dan Jalan Imam Bonjol, kita harus berhati-hati saat hendak menyeberang jalan.

Jika membawa kendaraan pribadi, kita bisa gunakan area parkir di Taman Suropati kemudian menyeberang jalan dan ada jalan kecil untuk bisa masuk lebih dekat melihat patung Diponegoro nan gagah dengan air mancur di bawahnya.

4. Museum Sejarah Jakarta

Photo by @yashintarose on Instagram

Photo by @yashintarose on Instagram via https://www.instagram.com

Siapa yang tak kenal landmark satu ini. Yap! Kota Tua. Disini kita bisa banyak belajar sejarah dan yang pasti spot foto vintage ala-ala bisa banyak dengan mudah kita jumpai. Masih satu area dengan Kota Tua, ada satu museum yang menyimpan riwayat sejarah serta menyimpan lebih dari 20.000 benda bersejarah.

Museum ini memiliki nama resmi Museum Sejarah Jakarta. Dahulu, bangunan ini adalah Balai Kota Batavia yang dibangun sekitar tahun 1700an. Di dalam museum ini juga dilengkapi dengan perpustakaan, kantin, toko souvenir, mushola, taman yang cantik, serta tempat pertunjukkan film dan ruang pertemuan.

5. Tugu Proklamasi di Taman Proklamasi

Photo by @rameliavitra on Instagram

Photo by @rameliavitra on Instagram via https://www.instagram.com

Last but not least, Tugu Proklamasi. Disinilah tempat Bapak Soekarno dan Bapak Mohammad Hatta membacakan teks Proklamasi. Tugu Proklamasi berada di Taman Proklamasi di Jalan Proklamasi No. 10, Menteng, Jakarta Pusat.

Taman ini merupakan bekas kediaman Bapak Soekarno Hatta. Taman Proklamasi juga ditata dengan sangat rapi dan indah. Kita dapat berkeliling dan jogging di jogging track yang tersedia.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

a nutritionist who will be HSE !

CLOSE