Eits, Jangan Jadi Perempuan yang Mood Swing! Ini lho 5 Cara Mengatasi Mood agar Lebih Stabil

jangan jadi perempuan mood swing

Mood swing biasanya sering dialami oleh perempuan ketimbang laki-laki. Perubahan suasana yang drastis ini dari yang tiba-tiba merasa senang, kemudian berubah menjadi sedih atau marah-marah. Mood swing terjadi secara mendadak dan tidak bisa ditebak. Kemunculan mood swing bisa dikenali dengan gejala kecemasan, mudah marah, mudah lupa, sulit untuk fokus, mudah berprasangka buruk, gangguan tidur, mudah menyerah.

Pemicu timbulnya mood swing karena perubahan hormon, pola makan yang tidak teratur, dan yang lainnya. Nah, kemudian bagaimana sih cara untuk mengatasinya? Berikut 5 cara atasi mood swing di dalam diri.

Advertisement

1. Rutin berolahraga

Olahraga rutin bisa menghindari adanya mood swing

Olahraga rutin bisa menghindari adanya mood swing via http://www.pexels.com

Aktivitas fisik sangat bagus untuk kesehatan fisik dan mental. Selain itu, olahraga juga dapat membantu dalam mengobati atau menghindari perubahan suasana hati. Saat berolahraga, tubuh Anda menghasilkan hormon dan endorfin yang baik untuk mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. 

2. Perbanyak minum air putih

Photo de Daria Shevtsova provenant de Pexels

Photo de Daria Shevtsova provenant de Pexels via https://www.pexels.com

Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh mulai dari mencegah kulit kering, hingga mengurangi mood swing. Minum air putih 7 hingga 8 gelas sehari sangat dianjurkan tubuh ketimbang minuman yang mengandung rasa. Memperbanyak minum air putih akan meningkatkan metabolisme tubuh dan membuang hormon-hormon negatif yang menyebabkan mood swing. So kamu bisa lebih fokus dalam beraktivitas sehari-hari.

Advertisement

3. Mengubah pola makan

Mengubah pola makan dapat menjaga perubahan suasana hati

Mengubah pola makan dapat menjaga perubahan suasana hati via http://www.pexels.com

Makan makanan besar tiga kali sehari adalah pola makan yang sering disarankan, tetapi makan makanan kecil mungkin lebih baik untuk stabilitas suasana hati. Itu karena gula darah yang naik setelah makan besar dan turun drastis beberapa saat kemudian dapat berkontribusi pada perubahan emosi. Makanan kecil, dibagi sepanjang hari, dapat membantu menstabilkan gula darah Anda untuk menjaga perubahan ekstrem dalam suasana hati. 

4. Melakukan hobi

Melakukan hobi dapat menjaga suasana hati tetap stabil

Melakukan hobi dapat menjaga suasana hati tetap stabil via http://www.pexels.com

Untuk menjaga suasana hati tetap stabil, cobalah lakukan hobi yang kamu sukai. Seperti mendengarkan lagu atau nonton film kesukaan. Atau mungkin, makan? Melakukan hobi dapat menghilangkan stres dan beban pikiran, serta membantu menghadapi hidup lebih bijak lagi. 

5. Tidur yang nyenyak

Tidur nyenyak dapat menguramgi perubahan suasana hati yang ekstrem

Tidur nyenyak dapat menguramgi perubahan suasana hati yang ekstrem via http://www.pexels.com

Tidur nyenyak dapat menyembuhkan banyak penyakit, termasuk lekas marah dan perubahan suasana hati yang ekstrem. Ada baiknya untuk tidur selama 7 hingga 8 jam per malam. Jika masih terasa kurang, coba tambahkan hanya 30 menit tambahan dengan memutar setengah jam lebih awal dari biasanya. Ketika Anda berhasil melakukannya, coba tambahkan 30 menit lagi. Mata tertutup tambahan akan bertambah dengan cara yang sehat dan bermanfaat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

‚ÄĚ

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE