Tuhan sudah menciptakan bentuk gigi sesuai kontur wajahmu. Kalau diubah-ubah, ya jangan heran kalau bentuknya jadi aneh!

Tren veneer gigi atau memutihkan gigi secara instan memang makin digemari. Alasannya simpel, gigi yang putih terbukti mampu meningkatkan penampilan berpuluh-puluh kali lipat. Belum lagi, susahnya mencari pasta gigi yang benar-benar terbukti membuat gigi tampak lebih putih juga menjadi alasan kenapa orang lebih memilih veneer gigi; TANPA MEMPERHITUNGKAN RISIKONYA!

Veneer gigi ini tujuannya bukan cuma memutihkan, namun mengubah bentuknya menjadi gigi kelinci. Lalu, apa yang didapatkan? Ya, kesan imut dan kekinian! Padahal sekali lagi, veneer gigi bukan semata-mata untuk tren saja, tapi demi kesehatan gigi dan mulut pemiliknya!

Perlu kamu ketahui, veneer gigi bukan menjadikan gigimu menjadi putih dan besar-besar seperti orang kebanyakan. Veneer gigi murni bertujuan membersihkan karang dan plak gigi, bukan menambalnya secara asal-asalan agar terlihat putih!

Biar makin puas, nih Hipwee Community bongkar fakta-fakta menarik tentang veneer gigi yang juga sudah dikupas habis oleh akun IG @korbantukanggigi. Jangan jijik, ini namanya pengetahuan!

1. Bentuknya aja udah nggak karuan, gimana nanti imbasnya ke kesehatan? Duh, ngeri!

Veneer jangan sembarangan!

Veneer jangan sembarangan! via https://www.instagram.com

Admin @korbantukanggigi berkali-kali menjelaskan bahwa tindakan veneer yang nggak dilakukan oleh ahli berisiko merusak susunan alami gigi. Bukan cuma itu, bentuk rahang dan gusi juga bisa berubah sehingga mempengaruhi syaraf di sekitar mulut dan imbasnya fatal. Ingat, syaraf-syaraf kecil dalam mulut itu berhubungan dengan otak, sehingga kamu nggak bisa sembarangan!

Dilihat dari gambar di atas, kamu bisa menilai sendiri bahwa veneer yang dilakukan oknum tertentu memang jauh dari ideal. Ya, foto gigi yang bawah memang putih dan terkesan bersih tapi itu bukanlah jaminan. Melihat kondisi gigi pasien yang sebelumnya pun seharusnya kamu bisa paham, bahwa veneer abal-abal bukanlah jalan keluar yang aman!

2. Ini gimana ya, kok bisa gigi seri disatuin gini? Hmmm, fans berat Cepot nih kayaknya!

Advertisement

Dijelaskan secara gamblang oleh sang admin, penyatuan gigi seri ini JELAS NGASAL! Dikatakan juga kalau ini sampai dibiarkan, gigi-gigi yang lain pun akan ikut goyang dan susah untuk mengunyah. Ngeri nggak sih kalau kamu lagi enak-enak makan bakso terus gigimu tahu-tahu lepas atau goyang? Hiiiiii~

3. Veneer murah tentu saja bukan jaminan. Intinya sih ada harga, ada pula kualitas

Tren berujung duka :")

Tren berujung duka :") via https://www.instagram.com


Cantik itu tidak butuh uang, tapi cantik hanya butuh syukur. Buktinya sering sekali kita lihat orang-orang kaya dan bahkan artis memilih perawatan yang salah dengan harga yang mahal.


Terlalu asal mengikuti tren termasuk tren veneer gigi sangat berpotensi besar menyusahkanmu di kemudian hari. Faktanya, veneer yang seharusnya dilakukan ahli menjadi sasaran empuk para "tukang gigi ilegal" demi meraup pundi-pundi rupiah. Eits, nggak mau kan gigimu yang semula baik-baik saja jadi rusak seketika?

Advertisement


Veneer adalah komitmen seumur hidup karena email gigi adalah satu-satunya bagian tubuh manusia yang tidak bisa regenerasi jika dirusak.


4. Kalau kamu penasaran, inilah perbedaan veneer yang abal-abal dan yang sesuai standar

Veneer oh veneer

Veneer oh veneer via https://www.instagram.com

Seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama, tujuan utama veneer adalah menghilangkan plak dan karang gigi, bukan menambalnya secara asal-asalan! Admin @korbantukanggigi juga menjelaskan, veneer bukanlah menghilangkan bentuk gigi asli dari pasien sehingga tampak besar dan "sisa-sisa". Veneer murni membuat tampilan gigi lebih bersih, namun sehat!

5. Nih, lihat bagaimana prosesnya!

Before-after

Before-after via https://www.instagram.com

Jangan terkecoh hanya karena tampilan luarnya saja, pertimbangkan baik-baik juga risikonya! Di dalam akun IG @korbantukanggigi lengkap dijelaskan bagaimana proses veneer gigi yang dilakukan oknum nggak bertanggungjawab. Kurang lebih, beginilah rangkuman tindakan ilegal mereka:


  • Harga murah, sasarannya anak-anak muda yang masih minta uang orangtua tapi pengen gaya

  • Pelaksanaan veneer JAUH dari SOP; tanpa sarung tangan, masker dan obat kumur sesuai standar dentis

  • Pasien dibiarkan tidur di alas yang seadanya; kotor dan tanpa proses steril sebelumnya

  • Oknum nggak bertanggungjawab kebanyakan ogah menanggung risiko setelah proses veneer; gusi berdarah, bengkak hingga gigi lepas!


Nah, nikmat mana yg kamu dustakan? Syukuri yang sudah ada. Disain alam jangan dilawan. Memodifikasi disain alam perlu keilmuan yg sangat kompleks dan alasan yg bisa dipertanggung jawabkan dengan dasar teori yang sudah dirumuskan melalui penelitian yg sangat panjang. Tidak semudah menempeli gigimu dgn permen happydent atau mengecatnya dengan Tipe-eX.

Admin @korbantukanggigi


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya