Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca Hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Kabar tentang kenaikan gaji kalian sebagai pekerja muda banyak disambut gaya hidup yang lebay. Tak ayal, kenaikan gaji pun tak banyak diimbangi dengan peningkatan tabungan atau investasi. Penasaran dengan penyebabnya? Benar. Inflasi gaya hidup. Begitu mendapatkan kenaikan, banyak dari kalian khilaf dan lebay gaya hidupnya serta merasa bisa melakukan apa saja yang selama ini tidak bisa dilakukan. Banyak dari kalian biasanya cendrung ingin cepat menghabiskan uang. Hal ini ditandai dengan perasaan menggebu-gebu dan terburu-buru untuk memuaskan keinginan, bukannya kebutuhan.

Nah, agar kenaikan gaji kalian tidak hanya mampir sesaat dan dihambur-bamburkan begitu saja, jangan sepelekan tips berikut ini:

1. Jangan sepelekan tabungan atau investasi.

Jangan disepelekan lho..

Jangan disepelekan lho.. via http://www.stevestanley.id

Kenaikan gaji memberi peluang untuk peningkatan tabungan atau investasi, tetapi banyak dari kalian tak peduli itu. Yang ada, kalian justru bersemangat untuk menghabiskanya. Agar terhindar dari inflasi gaya hidup, kalian harus memastikan menyisihkan uang di awal untuk ditabung atau investasi begitu gaji telah dibayarkan. Memulai investasi reksadana pasar uang yang minim risiko, tetapi hasil lebih tinggi dari tabungan dan deposito, perlu dimulai sejak dini.

2. Alokasikan uang dengan tepat.

Harus cermat dan tepat nih

Harus cermat dan tepat nih via https://naher.el-emarat.com

Mengelola ulang dan mengalokasikan uang dengan tepat setelah gaji naik sangat dianjurkan. Kunci terhindar dari inflasi gaya hidup, yaitu kalian yang harus konsisten dengan perencanaan atau alokasi yang telah dibuat. Budgeting yang terbaik adalah bila kalian bisa menghitung setiap receh yang dikeluarkan.

3. Hiduplah sesuai dengan kemampuan.

Nggak usah deh hidup untuk foya-foya.

Nggak usah deh hidup untuk foya-foya. via https://zakybudiman08.wordpress.com

Advertisement

Kenaikan gaji tidak boleh mengubah prinsip hidup yang harus sesuai dengan kemampuan. Setinggi apa pun gaji kalian, tetapi kalau nyatanya besar pasak daripada tiang, itu artinya sama saja gaya hidup kita berada di bawah kemampuan. Bisa-bisa, kalian malah bakal gali lobang tutup lobang.

4. Harus bisa menahan diri.

Tahan diri, Guys!

Tahan diri, Guys! via https://elshinta.com

Menahan diri agar tidak konsumeris dan hedonis butuh perjuangan yang tidak gampang. Bukan rahasia lagi, seseorang yang tiba-tiba memiliki tambahan uang, biasanya cenderung gampang tergoda dan digoda. Apalagi, setelah dipuji-puji.

5. Jangan lupa untuk tetap sederhana.

Tetap sederhana jangan lupa!

Tetap sederhana jangan lupa! via http://naurmirojab.blogspot.co.id

Peningkatan hidup memang didambakan banyak dari kalian. Way not? Tetap sederhana dan tak mengubah secara drastis gaya hidup kita, tetapi memiliki tabungan dan investasi yang di luar dugaan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya