5 Gangguan yang Sering Membuat Tulisan Tak Kunjung Selesai, Penulis Yuk Merapat!

Tulisan yang tak kunjung selesai, karena apa ya?

Menulis sebuah tulisan baik artikel, esai, puisi, maupun jenis tulisan yang lain memang butuh yang namanya konsentrasi tingkat tinggi dan mood yang baik juga. Apalagi yang namanya ide itu tidak bisa ditebak kapan dia munculnya. Seperti jodoh yang sengaja disembuyikan oleh Tuhan sampai waktu yang tepat. Halah. Bagi penulis-penulis pemula, masih perlu belajar banyak tentang pentingnya konsisten dalam menulis. 

Sering kali mengalami situasi yang mengakibatkan tulisan saya mandeg (berhenti) di tengah jalan. Penyebabnya adalah terganggu oleh gangguan-gangguan yang membuat konsentrasi pecah dan akhirnya memilih untuk melakukan kegiatan lain daripada melanjutkan atau menyelesaikan sebuah tulisan. Berikut ini akan dijabarkan apa saja gangguan-gangguan tersebut yang mengakibatkan tulisan tidak selesai-selesai alias terbengkalai.

Advertisement

1. Notifikasi diskon atau gratis ongkir dari online shop

Photo by photomix company on Pexels

Photo by photomix company on Pexels via https://www.pexels.com

Terhubungnya online shop dengan nomor maupun email membuat banyak sekali notifikasi-notifikasi yang masuk. Setiap hari pasti ada saja tuh yang namanya promo ini dan itu. Yang paling sering sih promo diskon dan gratis ongkir ya. Saat sedang asik-asiknya menulis, eh tiba-tiba ada notifikasi dari si orange, hijau, dan biru.

Niatnya sih cuma iseng doang buka aplikasinya ada info apa gitu. Tapi, kenyataannya ya tetap scroll-scroll juga sampai setengah jam. Apalagi kalau ketemu barang yang diincar dengan harga yang cocok. Wah, jiwa-jiwa candu shopping meronta-ronta deh. Bye-bye tulisan. Besok ketemu lagi ya, kalau sempat.

Advertisement

2. Ada chat di grup Whatsapp

Photo by anton on Pexels

Photo by anton on Pexels via https://www.pexels.com

Apa sih fungsinya grup Whatsapp? Untuk sharing info, undangan online, kajian-kajian, atau hanya iseng biar punya grup alumni? Saat salah satu grup whatsapp sedang ada yang dibahas kemudian nama kita disebut, wah itu pertanda ada sesuatu nih. Ketika kita memilih untuk membuka chat grup whatsapp tersebut dan memang ada sesuatu yang penting, maka otomatis kita memilih membalasnya dong. Balas satu kali oke. Balas lagi. Lanjut. Bersambung sampai satu jam. Apa kabar tulisan?

3. Perut Mulas

Photo by kindel media on Pexels

Photo by kindel media on Pexels via https://www.pexels.com

Gangguan yang satu ini memang bisa menyerang siapa saja dan tidak mudah untuk dielakkan. Saat sedang semangat-semangatnya menulis nih, eh tiba-tiba panggilan alam datang. Langsung lari dong ya ke tempat pembuangannya. Mending kalau cuman sebentar doang. Nah, kalau tidak lancar? Bisa sampai setengah jam tuh. Tulisan yang baru setengah jalan akhirnya stop dengan sendirinya deh.

4. Paketan datang

Photo by cottonbro on Pexels

Photo by cottonbro on Pexels via https://www.pexels.com

Nah, ini nih tamu yang sangat diharap-harapkan. Kedatangan kurir yang mengantar paketan barang setelah kita belanja melalui online shop. Alih-alih kita bertekad untuk menyelesaikan tulisan hari itu juga, ternyata semuanya hanya rencana doang. Setelah barang sudah di tangan, kemudian kemasannya dibuka. Dilihat dari depan, belakang, samping kiri, dan samping kanan untuk memastikan barang yang kita pesan dalam keadaan baik. Lalu dicoba tuh barangnya. Kalau dihitung-hitung sih bisa sampai satu jam deh dimulai dari kurir datang sampai barang itu dicoba. Maaf ya tulisan.

5. Listrik padam

Photo by pixabay on Pexels

Photo by pixabay on Pexels via https://www.pexels.com

Untuk gangguan yang satu ini memang sangat menjengkelkan. Di saat sedang semangat-semangatnya nulis nih, eh tiba-tiba listrik padam. Alhasil konsentrasi pecah dan akhirnya hilang deh tuh ide-ide yang berkeliaran di kepala. Goodbye tulisan, sampai jumpa lagi ya.

Itulah beberapa gangguan yang secara pribadi penulis alami. Kalau kamu bagaimana? Apakah sering menemui gangguan saat menulis? Atau selalu lancar saat menulis? Tulis di kolom komentar ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

"Jangan Bosan Jadi Orang Baik".

CLOSE