Menanti hari persalinan, pasti menjadi sebuah momen yang takkan terlupakan bagi setiap ibu hamil. Tidak hanya untuk sang calon mama, tetapi juga untuk setiap anggota keluarga yang menanti kehadiran si kecil tercinta. Selagi menunggu masa Hari Perkiraan Lahir (HPL) tiba, bahkan bisa jauh-jauh hari dipersiapkannya.

Ayo cek tasmu dan pastikan barang-barang berikut ada ya!

1. Perlengkapan bayi

Barang pertama yang wajib ada adalah perlengkapan untuk bayi yang baru lahir. Bawalah beberapa pasang baju panjang dan pendek, celana panjang, kain bedung, popok kain, gurita (jika memakai gurita), sarung tangan, sarung kaki, topi, dan selimut. Bawa juga perlengkapan mandi seperti handuk, sabun bayi, minyak telon, dan bedak. Karena ada beberapa rumah sakit yang tidak menyediakan sabun untuk mandi bayi. Pastikan si kecil senantiasa nyaman dan hangat begitu terlahir ke dunia.

2. Perlengkapan ibu

Perlengkapan Ibu

Perlengkapan Ibu via https://www.blibli.com

Advertisement

Tidak hanya penting memperhatikan pakaian dan kenyamanan bayi yang baru lahir, perlengkapan ibu juga sama pentingnya. Pastikan Ibu membawa pembalut bersalin, gurita ibu (jika menggunakan gurita), baju dan celana ganti yang nyaman, baju dalam dan bra menyusui, jilbab (bagi yang menggunakan), handuk, sarung, hingga peralatan mandi seperti sabun mandi, sikat dan pasta gigi, pembersih wajah, dan perlengkapan/kosmetik lainnya yang diperlukan. Meski masih dalam masa pemulihan, pastikan Ibu tetap menjaga kesehatan dan kebersihan diri ya.

3. Gendongan

Gendongan Bayi

Gendongan Bayi via https://www.hipwee.com

Barang berikutnya yang harus dibawa sebelum bersalin adalah gendongan. Hal ini penting karena setelah proses perawatan bayi dan ibu, sang bayi akhirnya akan dibawa pulang kerumah. Membawa bayi yang baru lahir harus dengan hati-hati dan pastikan menggunakan gendongan yang sesuai. Biasanya orang-orang akan memilih menggunakan kain jarik yang praktis dan mudah digunakan saat menggendong bayi.

Namun sekarang sudah banyak pilihan gendongan yang dapat digunakan dari usia bayi newborn. Ibu boleh memilih jenis gendongan mana saja, yang penting aman dan nyaman untuk membawa bayi yang masih kecil.

4. Popok Sekali Pakai

Popok Sekali Pakai

Popok Sekali Pakai via https://health.detik.com

Advertisement

Popok bayi sekali pakai jangan sampai terlewat dari list barang-barang yang akan kamu bawa. Beberapa rumah sakit mungkin akan menggunakan popok kain terlebih dahulu untuk memastikan si bayi sudah buang air besar dan buang air kecil sebelum dibawa pulang. Setelah itu, bayi baru lahir sudah dapat dipakaikan popok sekali pakai. Pastikan memilih ukuran yang sesuai yaitu NB (New Born) untuk memastikan bayi merasa nyaman saat menggunakan popok sekali pakai ini karena sesuai dengan ukuran badannya yang masih kecil.

5. Pompa asi

Pompa Asi

Pompa Asi via https://kumparan.com

Yang terakhir adalah perlengkapan pompa asi. Memang tidak semua Ibu hamil akan mempersiapkan barang yang satu ini. Namun untuk Ibu pekerja yang sudah berniat untuk memberikan Asi Eksklusif untuk sang bayi dan sudah memiliki pompa asi, tidak ada salahnya dibawa dan dapat digunakan ketika asi belum keluar pasca persalinan. Memompa/memerah asi akan bermanfaat ketika ada keadaan yang tidak memungkinkan si ibu dan bayi rawat gabung, seperti bayi harus diinkubator, pisah rawat pasca operasi sesar, dan lain-lain.

Memompa asi juga bisa dilakukan untuk memancing keluarnya asi, jika bayi belum bisa menyusu pada Ibu. Namun jika bayi sudah rawat gabung dan bisa menyusu, utamakan menyusui bayi agar asi bisa keluar lebih lancar dan proses menyusui akan lebih lancar.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya