Mendesain sebuah home bar tentunya perlu diperhatikan di dalam rumah. Tidak semua rumah memiliki fasilitas bar di dalamnya. Akan tetapi, hunian akan terasa lebih menyenangkan dengan adanya bar terutama jika pemiliknya sangat suka pergi ke bar ataupun berbagai jenis minuman. Bar di dalam rumah sendiri memiliki berbagai macam ukuran yang tidak harus besar. Bahkan home bar sendiri bisa terdiri hanya dalam satu almari. Berikut beberapa tips mendesain home bar di dalam hunian.

1. Tentukan lokasi dan besaran ruang untuk home bar

Lokasi dan ukuran ruang tentu menjadi hal yang diperhatikan di dalam mendesain sebuah bar. Kedua hal tersebut akan saling berkaitan. Jika bar bukan menjadi salah satu hal yang umum atau tidak dikonsumsi pengunjung, maka letak bar bisa berada di ruang yang lebih pribadi. Namun jika bar menjadi hal penting untuk mengakrabkan diri dengan sahabat ataupun keluarga besar, bar bisa dipilihkan ruang yang lebih santai dan memiliki ukuran yang lebih besar.

Bar sendiri bisa berada di ruangan semi-outdoor seperti halaman belakang rumah ataupun ruang rahasia seperti basement. Untuk bar di semi-outdoor perpaduan dengan ruang santai, kolam renang, ataupun bersamaan dengan area barbekyu menjadi hal yang cukup menarik. Sedangkan untuk bar yang ada di basement bisa dipadukan dengan ruangan bersantai atau hiburan. Seperti halnya ruang home theater ataupun area bermain.

2. Bar dengan berbagai macam penyimpanan

bar dengan kabin penyimpanan

bar dengan kabin penyimpanan via https://www.hgtv.com

Advertisement

Bar dengan penuh koleksi minuman ini bisa menjadi sangat besar ataupun biasa saja tergantung oleh pemiliknya. Jika pemilik rumah juga merupakan kolektor minuman, tentunya bar bisa saja tergabung dengan area penyimpanan atau rak penuh minuman di belakang meja barnya. Berbeda dengan mereka yang sekedar memiliki beragam minuman dalam satu areanya.

Desain dari penyimpanan minuman ini sendiri juga perlu didesain sehingga lebih nyaman dipandang mata. Bisa jadi rak penyimpanan tersebut malah menjadi hiasan pada ruangan yang tampak mengesankan.

3. Home Bar yang dilengkapi dengan Wastafel

homebar unik

homebar unik via https://www.hgtv.com

Bar itu tentunya tidak hanya mengenai botol dan gelas minuman yang tersimpan rapi saja, namun juga bagaimana cara membersihkan gelas sehabis minum. Untuk home bar yang luas dan juga cukup besar tentunya sudah dilengkapi dengan wastafel untuk membersihkan gelasnya. Namun untuk mereka yang memiliki home bar sekedar rak penyimpanan ataupun kereta dorong minuman, bisa membersihkan gelasnya di dapur. Tentunya hal ini merupakan pilihan yang diambil oleh sang pemilik sendiri bergantung dengan kebutuhan bar pada rumah.

4. Sesuaikan desain dengan interior ruangan rumah

home bar dan play room

home bar dan play room via https://www.pranaycoffee.com

Advertisement

Home bar ini tentunya perlu didesain dengan baik dan juga sesuai dengan desain lainnya di dalam rumah. Apakah desain bar terasa modern, elegan, ataupun klasik, semua hal tersebut juga tergantung dengan desain interiornya dan kesan yang diinginkan. Tidak ada salahnya jika desain home bar terasa kontras jika memang bar merupakan hal utama yang ingin ditonjolkan.

Namun jika hal tersebut bukanlah keinginanmu, menyesuaikan dan menyelaraskannya dengan keseluruhan ruang lainnya bisa menjadi hal yang harus kamu lakukan. Berikan sentuhan terbaik pada home barmu agar ketika kamu menggunakannya terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

5. Penggunaan material di area home bar

home bar kayu

home bar kayu via https://freshome.com

Material pelingkup menjadi hal yang cukup penting. Selain memberikan kesan, tentunya material memberikan aksen tertentu pada bar di sebuah ruangan dalam hunian. Penggunaan material alami biasanya sering ditemui untuk home bar. Namun kembali lagi ke poin ke-4, pemilihan material juga disesuaikan dengan interior dalam rumah. Padukan material alami agar home bar terasa lebih hidup.

6. Perlengkapan atau perabotan minum

peralatan home bar

peralatan home bar via https://freshome.com

Seperangkat gelas dan berbagai macam peralatannya juga menjadi hal yang penting. Minuman pada bar tentunya akan sangat beragam, berbagai macam gelas pun juga perlu disediakan. Dari gelas koktail, wine, ataupun whisky punya tampilan dan fungsi yang berbeda. Jangan pikir ini hanyalah sekedar gelas, perangkat gelas ini akan lebih mengeluarkan rasa pada sebuah minuman bergitu juga dengan cara penuangannya.

Hal yang tampak sederhana tersebut cukup mempengaruhi dengan cara kamu menikmati minumannya.

7. Pencahayaan dalam ruang

Pencahayaan pada area home bar bisa dibilang akan menjadi hal yang cukup menarik. Bukan hanya digunakan untuk penerangan, pencahayaan sendiri bisa menjadi dekorasi atau hiasan pada bar. Baik bentuk pelingkup lampu pencahayaan ataupun cahayanya yang menonjolkan material dalam ruangan akan sangat mempengaruhi kesan ruangan. Adapun lampu yang diletakkan pada dinding rak atau atap rak sehingga menyoroti botol minuman sehingga menjadi bintang utamanya pada home barnya.

8. Furniture unik penghias ruangan

kursi bar unik

kursi bar unik via https://www.hgtv.com

Tidak hanya rak, meja, ataupun area barnya saja yang perlu diperhatikan. Menambahkan kesan unik bar dengan furniture kursi yang berbentuk tidak biasa akan menambah nilai seru di dalam ruangan. Ditambah lagi jika bar tergabung dengan ruang bermain sehingga terasa pas. Pemilihan furniture unik ini juga bergantung pada kesan apa yang ingin diberikan pada home bar di dalam rumah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya