Di zaman yang serba praktis ini, sering kali kita menjumpai makanan yang "gampang dan cepat". Orang-orang pun lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan tersebut untuk menghemat waktu. Tetapi di balik itu, hal ini dapat menimbulkan dampak negatif bagi tubuh kita, salah satunya adalah otak. Pernahkah kalian merasa lebih gampang melupakan sesuatu? atau sulit sekali menghafal perkalian? Ini bisa disebabkan kurangnya latihan otak. Tetapi, apakah makanan yang kalian konsumsi sudah benar? Berikut adalah 5 makanan yang buruk bagi kesehatan.

1. Junk food

Makanan cepat saji

Makanan cepat saji via https://goo.gl

Junk food atau yang lebih kita kenal dengan makanan cepat saji adalah salah satu makanan yang tidak sehat bagi tubuh. Makanan ini terkenal dengan kelezatannya dan gampang dijumpai di manapun. Di balik rasanya yang enak, junk food mengandung kalori yang tinggi. Sedangkan nutrisi yang terkandung dalam junk food tidak cukup untuk memenuhi nutrisi yang kita butuhkan. Ini dapat menyebabkan obesitas, serangan jantung, penurunan kinerja otak ataupun diabetes apabila dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, di dalam junk food juga terkandung bahan pengawet yang banyak.

2. Minuman kemasan

Minuman soda

Minuman soda via https://goo.gl

Minuman kemasan yang di pajang di supermarket memang tampak menggiurkan. Rasa manis dan sensasi enaknya membuat kita ingin meminumnya. Tetapi tahukah kalian bahwa minuman tersebut rata-rata mengandung pemanis buatan? ataupun rasa buah-buahan, susu, coklat yang didapat dari perisa buatan? Think again ya guys! Mengonsumsi minuman berkarbonasi juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi, melemahkan tulang dan daya ingat bahkan hingga meningkatkan kemungkinan terkena diabetes.

3. Mie instan

Mie instan

Mie instan via https://goo.gl

Advertisement

Siapa yang tidak kenal dengan mie instan? Bukan orang Indonesia kalau tidak pernah memakan mie instan. Makanan ini sudah menjadi sahabat karib para anak kos, apalagi di akhir bulan. Rasanya yang gurih, banyak varian dan harganya yang terjangkau membuat makanan ini memiliki banyak peminatnya.

Kamu pasti pernah melihat kemasan mie instan yang memiliki gambar mie disajikan dengan ayam, telur ataupun sayur-sayuran. Itu merupakan saran penyajian mie instan karena mie instan sangat miskin nutrisi.

Mie Instan mengandung kadar MSG yang sangat tinggi sehingga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya setiap hari. Jika mie instan dikonsumsi bersamaan dengan nasi, maka akan memicu penyakit diabetes. Selain itu, mengkonsumsi mie instan secara berlebihan juga dapat menyebabkan gagal ginjal, kanker, kerusakan hati bahkan kematian.

4. Makanan terlalu manis

Es krim

Es krim via https://goo.gl

Advertisement


"Kamu tidak bisa membeli kebahagiaan, tetapi kamu selalu bisa membeli es krim."


Es krim merupakan salah satu cemilan favorit orang-orang. Bagaimana tidak? Rasanya yang manis dan dingin memberikan sensasi tersendiri saat memakannya. Ketika kita memakan es krim, rasanya akan sulit untuk berhenti. Tahukah anda bahwa es krim terbuat dari campuran susu kental manis, krim dan gula yang sangat banyak? Lidah manusia manja ketika memakan makanan dingin. Rasa manis akan sukar terasa saat makanan itu dingin.

Selain es krim, permen kenyal atau keras dan cemilan terlalu manis lainnya juga kurang baik jika dikonsumsi berlebihan. Makanan tersebut meningkatkan resiko terkena diabetes, perut yang buncit dan juga kecanduan. Meski begitu, kita masih dalam zona aman apabila mengkonsumsinya dengan bijak dan tidak berlebihan.

5. Daging olahan

Nugget

Nugget via https://goo.gl

Mulai dari sosis, nugget hingga olahan daging lainnya sangat gampang dijumpai di pinggir jalan. Yup, lumayan banyak pedagang kaki lima menjajakan daging olahan ini. Anak-anak sangat menggemari makanan yang satu ini, apalagi diolesi dengan saus tomat. Pernahkah kamu membuat nugget sendiri di rumah? Rasanya pasti tidak akan seperti yang kita beli di mini market.

Ini dikarenakan, sosis dan nugget pabrik sudah diolah sedemikian rupa dengan mencampurkan perisa dan bahan-bahan kimia lainnya. Kandungan dekstrosa (gula buatan) dapat menimbun lemak dalam tubuh. 1 potong nugget mengandung 100 mg natrium, sedangkan manusia memerlukan 2.000-3.000 mg natrium perharinya. Nutrisi yang terkandung dalam daging olahan cepat saji juga kalah dengan daging masakan ibu setiap hari.

Wah ternyata makanan-makanan yang kita anggap enak ini malah berbahaya ya. Mulai dari sekarang, yuk hidup sehat dengan makanan sehat ala rumahan!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya