Apa yang akan terjadi ketika kalian sudah berhasil memilih satu langkah untuk tidak kembali kepadanya, namun dia malah ingin kembali padamu? Sebuah hubungan yang pernah terjadi antara dua orang sejoli pasti tidak akan pernah biasa-biasa saja walaupun itu sudah berakhir. Entah, putus baik-baik atau ada alasan yang tidak bisa ditoleransi lagi memang menjadi privasi hubungan anda. Bagimana dengan ‘kembali’?

Ketika kalian merasa sudah cukup sampai di sana saja, karena memang tidak ada lagi yang harus dilanjutkan lagi. Lalu tiba-tiba ada yang datang dengan alasan ingin memulai kembali dan pendapat tersebut diungkapkan oleh orang di masa lalu alias mantan yang masih berusaha menghantuimu. Ibarat jalan, kadang mantan memang harus memilih jalan yang berbeda tetapi masih berusaha ngantriin jalan orang. Ada banyak jalan, tetapi dia masih ingin melalui semuanya bersamamu. Gantung! Perasaan yang dulu sudah terkubur rata, kini perlahan harus diingat-ingat lagi sampai terbagi dengan hal lain.

1. Ingin memulai dengan yang baru, tetapi kamu adalah orang yang paling mengerti.

sad couple via https://uprint.id

Mantan tidak akan kembali jika kita tidak mempunyai daya tarik dan tingkat kenyamanan yang tinggi saat kita menjalin hubungan dengan dia. Suatu hari ketika sebuah hubungan sudah tidak bisa dilanjutkan dan kalian memilih untuk berjalan sendiri-sendiri. Sudah menemui sebuah kesepakatan, tetapi waktu berkata bahwa kembali adalah jalan yang terbaik bagi mantan kalian. Mungkin saat itu dia mulai tersadar bahwa hanya kamu yang bisa memaklumi segala aktivitasnya selama ini. Segala baik dan buruknya selalu kamu terima sehingga kamu adalah tempat pulang terbaik.

2. Menyiapkan mental untuk mendeklarasikan perasaannya ‘lagi’ kepadamu tentu membutuhkan waktu berpikir yang lama, mungin dia memang ingin kembali dan memperbaiki diri?

Advertisement

Perasaan yang tadinya sudah tidak ada, muncul lagi, waktu menjawab dan mental sudah memenuhi standar untuk mengatakannya. Banyak hal yang mungkin dipikirkan oleh mantanmu ketika ingin memulai semuanya kembali. Dia menyadari hal-hal yang sudah terjadi di masa lalu sehingga dia ingin memperbaikinya bersamamu. Tidak ada salahnya mencoba lagi, namun jangan lupakan komitmen dari A sampai Z jika memang itu adalah pilihan terbaikmu. Perasaan memang tidak ada yang tahu, apalagi jodoh yang pergi lalu kembali bak tidak ada yang terjadi.

3. Berusaha memaksimalkan potensi diri, lalu dia kembali untuk mengajakmu ke jenjang selanjutnya.

Advertisement

Dalam hubungan yang sudah tidak main-main, banyak pasangan yang selalu membicarakan pernikahan. Walaupun belum tentu juga menikah dengannya, namun setiap pasangan selalu berusaha untuk lanjut ke tahap berikutnya. Siapa yang tahu selama ini mantanmu sedang mencoba mendalami potensi dirinya dan memantapkan diri untuk segera melamarmu sebagai pelabuhan hati yang selanjutnya? Dia tidak ingin kamu melalui perih dan pedih saat dia berjuang, sehingga setelah dia sudah mapan dan mampu mengatakan bahwa tahap setelah ini adalah jalan terbaik bagi hubungan kalian berdua.

4. Memulai kembali, walau kadang ragu atau tidak sama sekali?

Dua orang yang pernah memulai sesuatu dari nol. Dua orang yang tadinya tidak mengerti lalu dibuat mengerti karena saling mencintai. Walaupun berakhir dengan perpisahan, setiap jalan pasti akan menemukan muaranya. Tidak ada yang akan tahu, sebuah hubungan akan berakhir dan bermula lagi dengan alasan apa. Tetapi satu yang pasti, setiap akhir pasti akan tetap menciptakan ‘rasa’nya sendiri, kembali atau tidak adalah sebuah pilihan yang bijak untuk diri sendiri.

5. Akhirnya, kamu harus memutuskan juga!

Memilih untuk mengulang kembali sesuatu yang sebenarnya pernah terjadi. Mencoba meniadakan segala yang pernah membuat luka, namun bahagia bisa jadi suatu pilihan untuk mencobanya lagi. Tidak ada yang akan terluka atau pergi, jika saat ini kita dapat menentukan komitmen satu sama lain. Hubungan akan semakin baik-baik saja, walau berakhir dengan pilihan yang sama.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya