Dalam usia muda khususnya anak-anak yang masih ada di bangku TK dan SD harus memiliki motivator dalam setiap kehidupannya. Mengapa? Itu sangat berpengaruh sekali terhadap mental dan sikis anak tersebut. Lingkungan yang paling krusial disaat usia seperti ini yakni lingkungan sekolah dan rumah.

Kelangsungan dan keberhasilan dalam proses belajar dan mengajar bukan hanya di pengaruhi oleh intelektual saja namun juga nonintelektual. Seperti kecerdasan emosional, mampu mengelola emosi dengan baik, mengatur suasana hati (mood), berempati, serta kemampuan bekerjasama.

Motivasi memegang peran penting dalam proses pembelajaran. Hal tersebut harus menjadi kebutuhan bagi para siswa. Jika mereka hanya menganggap sebagai pencapaian kepuasan saja maka tidak akan berlangsungg lama. Sebaliknya, jika mereka menganggap bahwa belajar adalah kebutuhan maka akan berlangsung selamanya, selama ia membutuhkan. Cara yang tepat untuk menumbuh kan motivasi anak dalam belajar antara lain bisa kamu baca di bawah ini,

1. Menjelaskan tujuan dalam belajar

belajar mengajar

belajar mengajar via https://google.com

Kerap dianggap sepele namun penting. Tujuan belajar yang jelas maka akan dapat menambah motivasi untuk anak dalam belajar karena mereka dapat memahami untuk apa tujuannya. Bisa dilakukan saat akan memulai proses pembelajaran dan guru dapat menjelaskan cara dan tujuan belajar serta dapat pula menyisipkan tujuan belajar secara agama maupun sosial.

2. Hadiah

apresiasi siswa

apresiasi siswa via https://google.com

Bentuk apresiasi berupa hadiah untuk siswa yang breprestasi sangat penting diberikan agar mereka merasa dihargai. Untuk siswa yang belum berprestasi mereka akan terpacu untuk belajar agar mendapatkan nilai yang bagus dan bahkan mampu untuk mengungguli mereka yang berprestai.

3. Pujian

bentuk apresiasi berupa pujian

bentuk apresiasi berupa pujian via https://www.google.com

Advertisement

Sama halnya dengan hadiah. Apresiasi dalam bentuk pujian ini dapat dilakukan kepada siswa manapun yang mendapatkan nilai tugas tertinggi atau mereka yang mampu menyelesaikan tugas dengan baik dan benar. Tujuannya agar mereka merasa dihargai dan termotivasi untuk lebih meningkatkan pengetahuan mereka.

4. Saingan atau kompetisi

aktivitas belajar

aktivitas belajar via http://google.com

Buatlah saingan atau kompetisi antar siswa dalam rangka pembelajaran. Untuk meningkatkan daya saing belajar kepada para siswa.

5. Membentuk proses belajar yang baik

aktivitas belajar

aktivitas belajar via http://google.com

Ajarkan kebiasaan belajar yang baik untuk para siswa secara individu maupun kelompok. Yang diharapkan mereka mampu termotivasi untuk menambah ilmu dari sumber-sumber buku yang lainnya.

6. Menggunakan media yang baik untuk pembelajaran

aktivitas belajar

aktivitas belajar via https://google.com

Advertisement

Gunakan media pembelajaran yang baik demi kenyamanan siswa saat belajar. Ini dapat menambahkan rasa semangat dan nyaman saat belajar. Yang akan mampu membuat siswa nyaman dan ingin terus belajar.

7. Membantu saat mereka sedang kesulitan

bimbingan konseling

bimbingan konseling via https://www.google.com

Strateginya adalah dengan cara memberikan perhatian kepada siswa. Di sini guru BP yang berperan penting. Sebenarnya tidak hanya guru BP namun setiap guru mata pembelajaran juga harus bisa memberikan perhatian bagi siswa.

Khusunya, bagi siswa yang tidak berprestasi. Siswa tersebut akan merasa minder dan mulai malas untuk belajar. Disaat seperti inilah seorang guru harus bisa masuk dan memberikan semangat bagi siswanya. Yang mana guru telah diberikan amanat sebagai pengganti orang tua saat di sekolah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya