Memiliki tubuh yang proporsional dan idel adalah dambaan setiap orang, namun ada beberapa faktor yang bisa bikin kita gagal buat dapetin impian itu, salah satunya berat badan. Yup! Berat badan bisa jadi masalah yang serius ketika kita mulai tidak perduli terhadap kesehatan diri sendiri. Tak banyak orang-orang melakukan diet ekstrim tanpa melihat efek dan dampak yang terjadi. Tanpa kamu sadari dengan melakukan diet yang ekstrim itu sama saja membunuh diri sendiri secara perlahan. Sebenarnya masih banyak cara kok buat diet sehat tanpa ada unsur penyiksaan diri.

1. Awali Dietmu dengan Niat dan Kesungguhan Hati

everyone can fly via https://www.google.com

Niat dan kesungguhan hati adalah modal utama kamu untuk bisa konsisten menjalani program hingga akhir. Carilah motivasi yang kuat untuk diri kamu agar program dan planning yang kamu buat bisa berhasil.

"Cieeeee… yang abis diputusin sama pacarnya jadi gendutan sekarangg,, stress banget ??

"Broo, lo ga begah punya perut kaya gitu ?? gua aja yg ngeliatnya udah engab sendiri..

Advertisement

Nah nyinyiran diatas adalah salah satu motivasi yang bisa kamu bentuk dan jadikan batu lompatan. Beli semua omongan mereka yang sudah dilontarkan ke kamu. Buat mereka menelan ludah ketika kamu sudah tampil beda dari sebelumnya.

2. Karena Menyambut Sang Mentari adalah Sebuah Anugerah, Maka Nikmatilah Sarapanmu

breakfast in bed via https://www.google.com

Manjakanlah tubuhmu saat mentari menyapa di pagi hari. Tenang saja, sarapan seperti cracker / oatmeal, susu, roti gandum, buah-buahan dan teh hangat tidak akan menambah bobot berat badan kamu, asal tetap dalam porsi yang sewajarnya. Lebih baik lagi ketika kamu sarapan sebelum jam 9 pagi. Karena jam 9 keatas itu adalah fase dimana sarapan kamu akan dicerna oleh tubuh. Ingat, sarapan itu penting banget buat menunjang aktifitas kamu, jadi jangan sepelein yang namanya sarapan.

3. Gak Suka Buah atau Sayuran ? Ayo Dicoba Lagi, Mereka Ga Jahat Kok!

fruits and vegetable via https://www.google.com

Banyak orang yang memiliki rasa alergi terhadap buah atau sayuran ketika dikonsumsi. Sebenernya itu cuma sugesti alam bawah sadar aja kok. Kamu bisa explore buah-buah atau sayur-sayuran kedalam makanan yang kamu suka. Seperti pasta spaghetti sayur, rolade buah etc. Tapi minta dibuatkan sama orang lain ya, biar kamu ga sadar pas makannya nanti. Kalo kamu suka jus bisa tuh di mix dengan berbagai varian rasa seperti coklat, vanilla tapi ingat, harus yang rendah lemak dan gula yaa.

4. Stop Cemilan dan Makanan yang Membawa Efek Jahat Buat Tubuh Kamu

Advertisement

Nyemil adalah godaan terbesar di jagat raya khususnya untuk orang-orang yang telah meneguhkan hati untuk berdiet dan menjalankan pola hidup sehat. Perlu kamu tahu, nyemil juga salah satu aktifitas yang suka bikin kamu khilaf kepayang. Jadi disaat kamu pengen khilaf nyemil-nyemil makanan yang gajelas darimana asal-usul dan proses pembuatannya, mending kamu ingat kiat yang pertama. Kamu sudah tanamkan niat dan kesungguhan hati masa ingin hancur begitu saja dengan cemilan ? Hey, wake up!

5. Ayo Mulai Berolahraga, Jangan Males!

sport jogging via https://www.google.com

Diet tanpa olahraga itu sama saja seperti makan sayur tanpa garam, kurang gimanaa gituu. Disamping untuk membakar lemak-lemak yang telah lama mengendap di tubuh, dengan kita berolahraga kita juga bisa menjaga kesehatan tubuh agar tetap stabil saat beraktifitas. Kamu bisa mulai dengan lari pagi, push up, sit up dan olahraga ringan lainnya. Tapi yang harus kamu ingat jangan paksakan dan forsir tubuh kamu sendiri ya, kalo emang udah capek ya istirahat dulu nanti takutnya malah cedera. Olahraga bisa kamu lakukan saat sedang senggang atau libur kok. Pokoknya olahraga itu penting banget. Titik!

6. Mulai Atur Pola Tidur, Karena Semua Yang Hidup Butuh Istirahat

kitty sleep via https://www.google.com

Tidur itu sangat dibutuhkan oleh tubuh, ketika tubuh kamu kelelahan itu tandanya seluruh organ-organ yang ada ditubuh kamu butuh istirahat. Perlu kamu tahu begadang juga menjadi salah satu pemicu meningkatnya berat badan tubuh. Jangan terlalu forsir tubuh kamu dengan berbagai aktifitas yang tak kenal waktu. Disamping bisa bikin kamu ga produktif, kurang waktu tidur juga bisa nyerang kesehatan kamu. Tidurlah dengan porsi yang baik yaitu 7-9 jam perhari.

7. Jangan Gampang Bilang Sekali-sekali, Ujungnya Malah Jadi Berkali-kali

"Gapapa deh nyemil dikit, kan cuma sekali-sekali…"

"Bagi dong gorengannya dikit!"

Begini nih yang bahaya. Awalnya sedikit-sedikit lama-lama berkali-kali. Awalnya sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit. Kebiasaan ini yang harus segera kamu hilangkan, karena jika berkepanjangan bisa makin gawat! Coba rubah persepsi kamu dari sekali-sekali menjadi hati-hati.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya