Tak Perlu Lama-lama. Begini Cara Paling Realistis untuk Sembuhkan Rasa Kecewa

Menyembuhkan Kecewa

Kecewa selalu hadir saat kenyataan tidak sejalan dengan keinginan. Namun menyalahkan diri sendiri dan sedih berkepanjangan bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan. Kamu perlu bangkit agar kekecewaan yang kamu alami tidak menghambat atau bahkan menghentikan langkahmu. Berikut 5 hal yang harus kamu lakukan agar rasa kecewamu tidak berkepanjangan.

Advertisement

1. Take your time, tak perlu buru-buru

pexels.com/pixabay

pexels.com/pixabay via https://www.pexels.com

Tidak dapat dipungkiri, bahwa tiap kekecewaan akan membuat dirimu merasa berantakan. Tidak perlu pura-pura kuat di hadapan diri sendiri. Tenangkan dirimu! Jika perlu, menangislah.

Air mata yang jatuh bukan pertanda bahwa dirimu lemah. Kamu perlu waktu untuk menenangkan diri. Namun, setelah itu berjanjilah untuk segera menyudahi rasa kecewa ini.

Advertisement

2. Mengikhlaskan apa yang telah terjadi

unsplash.com/seankkkkkkkkkkkkkk

unsplash.com/seankkkkkkkkkkkkkk via https://unsplash.com

Melapangkan hati untuk menerima kenyataan pahit bukanlah hal mudah. Namun, yakinkan dirimu bahwa apapun yang terjadi merupakan jalan terbaik untukmu. Membiasakan diri untuk mengikhlaskan apa yang terjadi juga merupakan salah satu cara untuk memupuk kedewasaanmu. Percayalah, dari setiap kecewa pasti terselip pelajaran berharga.

3. Curahkan isi hatimu kepada orang yang bisa dipercaya

pexels.com/mentalhealthamerica

pexels.com/mentalhealthamerica via https://www.pexels.com

Mencurahkan isi hati kepada orang yang kamu percaya juga bisa meringankan beban pikiranmu. Kamu bisa meminta saran dan pendapatnya mengenai apa yang sedang kamu rasakan saat ini.

Tapi, tanpa saran dan pendapatnya pun setidaknya kamu sudah merasa lebih lega dengan bercerita. Sebab, terkadang kita tidak butuh solusi, namun hanya butuh tempat untuk mencurahkan isi hati.

Advertisement

4. Menyibukan diri dengan hal-hal positif

pexels.com/ivan-samkov

pexels.com/ivan-samkov via https://www.pexels.com

Temukan hal-hal baru yang membuatmu merasa lebih baik. Bisa dengan explore skill, bergabung dalam komunitas yang sesuai dengan passion, atau aktif dalam kegiatan-kegiatan positif lainya. Hal ini akan membantumu melupakan kekecewaan yang sedang kamu rasakan. 

5. Temukan pelajaran dari apa yang telah terjadi

pexels.com/dana-tentis-118658

pexels.com/dana-tentis-118658 via https://www.pexels.com

Kecewa merupakan hasil dari harapan yang terlalu tinggi terhadap hal-hal yang belum pasti. Maka dari itu, kekecewaan ini akan mengajarkanmu untuk lebih berhati-hati dalam menaruh harap agar tidak merasakan hal yang sama lagi nantinya. Ambil hikmahnya! Kamu akan menjadi sosok yang lebih dewasa dan lebih bijak dalam mengendalikan diri setelahnya.

Nah, itulah 5 hal yang bisa kamu lakukan agar rasa kecewamu tidak berkepanjangan. Kekecewaan akan memberimu pelajaran berharga mengenai pengendalian diri. Semakin mahir kamu mengendalikan diri, akan semakin mudah pula kamu menghindari hal-hal yang berpotensi mengecewakanmu nantinya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE